Pengertian Pengangguran, Macam-Macam Pengangguran, Penyebab Pengangguran, Dampak Pengangguran serta Cara Mengatasi Penganguran

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 20 Oktober 2016

loading...

Pengertian pengangguran


Secara umum, semua orang juga tahu apa itu pengertian pengangguran. Pengangguran adalah orang-orang yang berada daam usia produktif yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan. Pengangguran bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita dengan mudah.

Pengangguran bukan hanya masalah bagi pribadi yang bersangkutan. Keberadaan penganguran juga menjadi masalah bagi masyarakat dan negara. Masalah pengangguran berawal dari bertambahnya jumlah penduduk yang tidak diimbangi dengan meningkatnya jumlah lapangan pekerjaan.


Macam-macam pengangguran


Menurut sebab terjadinya, jenis-jenis pengangguran antara lain adalah pengangguran struktural, pengangguran  friksional, pengangguran musiman, pengangguran teknologi, pengangguran konjungtur dan pengangguran normal.

Pengangguran struktural adalah pengangguran yang terjadi karena perubahan dalam struktur perekonomian. Pada umumnya negara berupaya untuk mengembangkan pola perekonomian dari pola agraris ke pola industri.

Pengangguran friksional adalah salah satu macam pengangguran yang terjadi karena kesulitan temporer dalam mempertemukan pencari kerja dan lowongan kerja. Kesulitan temporer dalam mempertemukan pencari kerja dan lowongan kerja disebabkan oleh kondisi geografis, informasi yang tidak sempurna, dan proses perekrutan yang lama.

Pengangguran musiman adalah jenis pengangguran yang terjadi karena pergantian musim. Misalnya para petani yang pada saat musih tanam memiliki pekerjaan, namun ketika tiba musim kering akan menjadi pengangguran jika tidak menemukan pekerjaan lain.

Pengangguran teknologi adalah pengangguran yang disebabkan karena penggunaan teknologi  seperti mesin-mesin modern yang menyingkirkan penggunaan tenaga kerja manusia. 

Pengangguran konjungtur adalah pengangguran yang disebabkan oleh adanya siklus konjungtur (perubahan kegiatan perekonomian). Perekonomian suatu negara sering menghadapi perubahan. Bila permintaan terhadap barang dan jasa turun, terjadilah perubahan permintaan masal terhadap tenaga kerja.

Pengangguran norma adalah salah satu macam pengangguran yang diseabkan karena memang belum mendapatkan pekerjaa karena tidak memiliki pendidikan dan keterampilan yang memadai.

Macam-macam pengangguran menurut aktivitas subjeknya terbagi menjadi pengangguran terselubung (disguised unemployment), pengangguran terbuka (open unemployment), dan setengah menganggur (under unemployment).

Pengangguran terselubung terjadi jika tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu. Misalnya, untuk mengerjakan suatu pekerjaan cukup dilakukan oleh lima orang tetapi dilakukan oleh delapan orang. Maka 3 orang dari mereka adalah jenis pengangguran terselubung ini. Mereka sebenarnya adalah pengangguran, tetapi tertutupi dengan pekerjaan yang tidak perlu saja.

Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Penyebabnya antara lain adalah tidak tersedianya lapangan kerja, ketidaksesuaian antara lapangan kerja dengan latar belakang pencari kerja dan tidak berusaha mencari pekerjaan secara keras karena memang malas.

Setangah menganggur adalah tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam dalam satu minggu.


Penyebab terjadinya pengangguran


Penyebab terjadinya penganguran dapat dibedakan menjadi 3 aspek, yaitu aspek kependudukan, aspek ekonomi, dan aspek pendidikan.

  1. Pertumbuhan penduduk yang cepat menciptakan banyak pengangguran, dan meningkatnya jumlah angkatan kerja yang ada ini tidak diimbangi dengan meningkatnya jumlah lapangan kerja.
  2. Ketidakstabilan perekonomian, politik, dan keamanan negara serta krisis yang terjadi pada pertengahan tahun 1997 juga memicu meningkatnya angka pengangguran di Indonesia mencapai 1,4 juta orang.
  3. Rendahnya kualitas pendidikan juga menjadi salah satu biang kerok tingginya angka pengangguran. Saat ini bahkan banyak pengangguran yang berasal dari golongan sarjana lulusan S1 yang seharusnya memiliki kualitas yang baik dalam hal sumber daya manusia.

Pengertian Pengangguran, Macam-Macam Pengangguran, Penyebab Pengangguran, Dampak Pengangguran serta Cara Mengatasi Penganguran

Dampak pengangguran


Dampak pengangguran sangat luas, bukan hanya bagi individu, tetapi juga bagi masyarakat dan negara. Beberapa dampak tingginya angka pengangguran antara lain :
1. Pertumbuhan ekonomi yang terhambat
2. Penghasilan pajak negara yang menurun
3. Kerawanan sosial
4. Standar kehidupan yang menurun
5. Kemunduran mental
6. Meningkatnya angka kriminalitas


Cara mengatasi pengangguran


Dalam rangka mengatasi pengangguran, ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh pemerintah, yaitu :

  1. Mengarahkan permintaan-permintaan masyarakat ke barang atau jasa yang tersedia melimpah, misalnya dengan menyelenggarakan pameran bursa tenaga kerja.
  2. Mendorong majunya pendidikan. Dengan pendidikan yang memadai, memungkinkan seseorang untuk memperoleh kesempatan lapangan kerja yang lebih baik.
  3. Pemberian informasi mengenai tempat-tempat yang membutuhkan tenaga kerja.
  4. Mendirikan pusat-pusat latihan kerja, melaksanakan pelatihan tenaga kerja untuk mengisi formasi yang ada.
  5. Meningkatkan transmigrasi yang merupakan langkah pemerintah meratkan jumlah penduduk dari pulau yang berpenduduk padat ke pulau yang masih jarang penduduknya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian pengangguran, macam-macam pengangguran, sebab terjadinya pengangguran, dampak pengangguran, serta upaya mengatasi tingginya angka pengangguran. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 

loading...
Blog, Updated at: 23.43

0 komentar:

Posting Komentar