Pengertian Simbiosis, Macam-Macam Simbiosis dan Contoh Simbiosis Mutualisme, Komensalisme dan Parasitisme

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 23 Oktober 2016

loading...

Hubungan interspesifik antara organisme yang tidak sejenis dibedakan menjadi beberapa macam, salah satunya adalah simbiosis. Pengertian simbiosis secara umum adalah interaksi antara dua organisme dalam ekosistem yang sangat erat dan khusus.

Makhluk hidup yang bersimbiosis disebut simbion. Istilah simbiosis berasal dari bahasa Yunani, yiatu syn yang berarti bersama dan bios yang berarti hidup atau kehidupan.

Berdasarkan keuntungan diuntungkan atau dirugikan, maka ada 3 macam simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, sismbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.


Simbiosis mutualisme


Simbiosis mutualisme adalah hubungan yang saling menguntungkan antara dua jenis makhluk hidup berbeda yang saling menguntungkan. Contoh simbiosis mutualisme adalah :


1. Lebah dan bunga

Lebah hinggap dari satu bunga ke bunga yang lain untuk mendapatkan makanan atau nectar. Saat lebah hinggap di bunga, serbuk sari bunga tersebut menempel pada tubuhnya, dan ketika lebah tersebut hinggap di bunga lain, maka lebah tersebut secara tidak langsung telah membantu proses penyerbukan.


2. Kerbau dan burung jalak

Burung jalak mendapatkan makanan denga memakan kutu yang ada di tubuh kerbau, sedangkan kerbau memperoleh kesehatan yang lebih baik karena kutu-kutu yang mengisap darahnya telah dimakan.


3. Jamur dan alga

Lumut kerak terbentuk dari dua organisme, yaitu jamur dan alga. Pada lumut kerak, terdapat miselia dari jamur yang dapat menahan air, sehingga lingkungan menjadi lembab. Kondisi ini disukai alga, karena dapat memanfaatkan air dan mineral-mineral untuk proses fotosintesis. Hasil fotosintesis itu dimanfaatkan oleh jamur sehingga keduanya saling menguntungkan.

Selain itu, contoh simbiosis mutualisme adalah antara Escherichia coli dan manusia, mikroba jenis Trychonympha dan rayap, serta hubungan antara tanaman Leguminosae dan Rhyzobium.


Simbiosis komensalisme


Simbiosis komensalisme adalah simbiosis yang terjadi apabila salah satu simbion mendapatkan keuntungan, sedangkan yang lainya tidak mendapatkan keuntungan, tidak pula dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme adalah :

1. Ikan remora dan ikan hiu

Ikan remora mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan mempunyai alat pengisap yang dapat ditempatkan pada ikan lain yang lebih besar, seperti ikan hiu. Ikan remora hidup mengikuti ikan hiu dan mendapatkan sisa-sisa makanan ikan hiu. Dalam hubungan ini terjadi simbiosis komensalisme dimana ikan remora mendapatkan keuntungan berupa makanan, sedangkan ikan hiu tidak mengalami kerugian ataupun keuntungan.


2. Tanaman anggrek dan pohon manga sebagai inang

Anggrek memperoleh makanan dari hasil fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari. Oleh karena itu, kehadiran anggrek tidak mengganggu pohon tersebut karena tidak ada air atau mineral yang diambil dari pohon inangnya. Anggrek memperoleh air dari air hujan yang disimpan di kelopak bunga atau daun.

Selain anggrek, tanaman yang melakukan simbiosis komensalisme lainnya adalah paku sarang burung. 


Simbiosis parasitisme


contoh simbiosis parasitisme


Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis di mana salah satu pihak mendapatkan keuntungan sedangkan pihak lainnya mengalami kerugian. Simbion yang mendapatkan keuntungan disebut parasit, sedangkan simbion yang dirugikan disebut inang. Parasite lebih kecil dari inangnya.

Berdasarkan tempat hidupnya, parasit dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Endoparasit, yaitu parasit yang hidup dalam tubuh inang. Contohnya adalah cacing pita dalam tubuh manusia.
  2. Ektoparasit, yaitu parasit yang hidup di luar tubuh inang. Contohnya adalah kutu kepala yang hidup di tubuh manusia.

Berdasarkan cara memperoleh makanannya, parasite dibedakan menjadi dua, yaitu :
  1. Parasit fakultatif, yaitu parasit yang tidak sepenuhnya bergantung pada inangnya. Contoh : benalu yang menempel pada pohon manga.
  2. Parasit obligat, yaitu parasit yang sepenuhnya bergantung pada tubuh inangnya. Contoh : plasmodium dalam tubuh manusia sehingga mengakibatkan penyakit malaria dan tali putri yang menghisap makanan dari inangnya dengan haustoria.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian simbiosis, macam-macam simbiosis, serta contoh simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme. Semoga bermanfaat. 

loading...
Blog, Updated at: 21.46

0 komentar:

Posting Komentar