URBANISASI : Pengertian Urbanisasi, Faktor Pendorong Urbanisasi serta Dampak Positif dan Negatif Urbanisasi

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 30 Oktober 2016

loading...

Pengertian urbanisasi dan faktor pendorong urbanisasi


Pengertian urbanisasi secara umum adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan menetap. Yang dimaksud dengan menetap adalah penduduk yang pindah dan berada di daerah yang baru sekurang-kurangnya tinggal selama 6 bulan di tempat yang baru.

Urbanisasi adalah hal yang telah terjadi sejak dahulu dan telah memberikan banyak dampak pada kehidupan. Ada banyak faktor penyebab terjadinya urbanisasi. faktor penyebab terjadinya urbanisais antara lain adayah adanya faktor penari urbanisasi yang berasal dari daya tarik kota dan adanya faktor pendorong urbanisasi karena adanya daya dorong dari desa.

Adapun daya tarik kota yang menjadi faktor penarik urbanisasi antara lain adalah :
  1. Luasanya lapangan kerja di daerah kota, baik lapangan kerja formal maupun lapangan kerja non formal.
  2. Upah tenaga kerja di kota lebih tinggi dibandingkan upah kerja di desa.
  3. Adanya keinginan untuk mencari pengalaman baru di kota.
  4. Adanya keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang labih tinggi.
  5. Kota memiliki banyak tempat hiburan dan fasilitas kehidupan yang tidak ada di desa.

Adapun faktor pendorong urbanisasi yang berasal dari daya dorong kehidupan pedesaan antara lain adalah :
  1. Sempitnya lahan pertanian di desa.
  2. Sempitnya lapangan pekerjaan di luar sektor pertanian.
  3. Rendahnya upah tenaga kerja di desa.
  4. Kurangnya fasilitas hiburan dan kehidupan.
  5. Adanya kegiatan pertanian di desa yang bersifat musiman.
  6. Adanya keinginan penduduk untuk memperbaiki taraf hidup.


Urbanisasi tidak hanya dialami oleh kota-kota besar, melainkan juga dialami oleh kota-kota kecil. Beberapa tempat yang pada awalnya hanyalah pedesaan berubah menjadi kota karena adanya urbanisasi. contohnya adalah ibu kota kecamatan, zona industri, proyek perumahan, dan proyek pertambangan yang menjadi tempat tujuan orang untuk bekerja.


Pengertian Urbanisasi, Faktor Pendorong Urbanisasi serta Dampak Positif dan Negatif Urbanisasi

Dampak positif urbanisasi


Beberapa dampak positif yang terjadi akibat adanya urbanisasi adalah sebagai berikut :
  1. Terpenuhinya kebutuhan tenaga kerja di kota yang terjadi dengan sendirinya karena banyaknya masyarakat desa yang memang membutuhkan pekerjaan. Kota memerlukan banyak tenaga kerja untuk bidang industri, transportasi, perdagangan, jasa, dan lain-lain.
  2. Meningkatnya aktivitas perekonomian kota seiring dengan semakin ramainya kota sehingga kegiatan perdagangan menjadi lebih terdorong dengan adanya pendatang-pendatang baru dari desa.
  3. Meluasnya kesempatan untuk membuka usaha-usaha baru karena semakin meningkatnya masyarakat yang ingin kebutuhannya terpenuhi. Seperti usaha bengkel, warung, transportasi, dan lain-lain.
  4. Meningkatnya tingkat kesejahteraan warga desa yang berurbanisasi ke kota. Dengan demikian, warga desa tersebut akan mengirimkan sebagian kerja kerasnya untuk keluarganya di desa yang berdampak pada pembangunan desa.
  5. Meningkatnya tarf hidup keluarga yang ditinggalkan di desa karena telah mendapat sokongan ekonomi dari keluarga mereka yang berurbanisasi ke kota.
  6. Lapangan kerja di pedesaan semakin sesuai dengan jumlah angkatan kerja yang ada sehingga tidak akan ditemukan pengangguran terselubung.



Dampak negatif urbanisasi


Pada awalnya urbanisasi memang membawa dampak positif. Namun, lambat laun urbanisasi juga bisa membawa dampak negatif dengan berkurangnya penduduk di daerah pedesaan dan bertambahnya jumlah penduduk di daerah kota. Di negara-negara maju urbanisasi sudah berlangsung sejak lama sehingga tidak heran jumlah penduduk kota lebih banyak dari pada penduduk desa.

Sebagai gambaran sederhana, jumlah penduduk Inggris yang tinggal di kota mencapai 90%, dan hanya 10% yang tinggal di desa. Bandingkan dengan negara Kamboja yang presetase penduduk yang tinggal di kota hanya 16% dan sisany sebanyak 84% tinggal di desa.

Urbanisasi yang terus berlanjut menyebabkan jumlah penduduk kota semakin padat dan sesak. Pertumbuhan jumlah penduduk kota yang sebagian besar berasal dari urbanisasi telah menimbulkan banyak masalah.

Urbanisasi bukan hanya berdampak negatif bagi kota, tetapi juga bagi desa. Dampak negative urbanisasi terhadap daerah desa antara lain adalah :
  1. Tenaga terampil di desa berkurang karena banyaknya penduduk usia kerja yang pindah ke kota.
  2. Orang-orang desa yang berurbanisasi ke kota untuk melanjutkan pendidikan enggan kembali  ke desa sehingga desa kekurangan tenaga kerja terdidik.
  3. Penduduk yang tinggal di desa kebanyakan orang-orang tua karena pemuda-pemudanya banyak yang berurbanisasi ke kota. Akibatnya, tingkat produktivitas menjadi rendah.


Urbanisasi juga berpengaruh terhadap mutu penduduk kota. Beberapa pengaruh urbanisasi terhadap penduduk kota antara lain sebagai berikut :
  1. Meningkatnya pengangguran karena sulit mencari pekerjaan akibat jumlah penduduk kota yang sudah terlalu besar.
  2. Timbulnya masalah kejahatan karena banyaknya pengangguran.
  3. Timbulnya pemukiman-pemukiman kumuh akibat berkurangnya lahan pemukiman.
  4. Padatnya lalu lintas kota sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas.
  5. Mahalnya harga lahan di kota sehingga sulit dijangkau masyarakat kecil


Untuk mengatasi dampak negatif urbanisasi tersebut, maka perlu dilakukan langkah untuk mengatasi laju urbanisasi. usaha-usaha yang bisa digunakan untuk memperkecil laju urbanisasi antara lain adalah :
  1. Pembangunan industri-industri yang diusahakan sampai ke daerah-daerah (desentralisasi industri).
  2. Peningkatan pendapatan masyarakat desa melalui insentifikasi pertanian dan pengembangan industri kecil.
  3. Pembanguan jaringan jalan sampai ke desa-desa sehingga hubungan antar desa dan kota menjadi lancer.
  4. Membangun jaringan listrik di wilayah pedesaan, dan sebagainya.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian urbanisasi, faktor penyebab urbanisasi atau faktor pendorong urbanisasi atau faktor penarik urbanisasi serta dampak positif dan negatif urbanisasi dan usaha penanggulangannya. Semoga bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 04.54

0 komentar:

Posting Komentar