Contoh Potensi Ancaman dari Dalam dan Luar Negeri di Indonesia

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 06 November 2016

Loading...

Potensi ancaman dari dalam negeri perlu mendapatkan perhatian serius. Hal itu mengingat instabilitas internal sering mengundang campur tangan pihak asing, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk kepentingan mereka. Selain itu, diperlukan pula sistem pertahanan negara dalam menghadapi ancaman militer.

Potensi ancaman dari luar negeri di Indonesia  tampaknya akan lebih berbentuk upaya menghancurkan moral dan budaya bangsa melalui disinformasi, propaganda, pengedaran obat terlarang, video tidak senonoh, atau berbagai kegiatan kebudayaan asing yang mempengaruhi Bangsa Indonesia terutama generasi muda.

Potensi ancaman dari luar negeri adalah “penjarahan” sumber daya alam Indonesia yang tidak terkontrol sehingga dapat merusak lingkungan. Selain itu, masalah pembagian hasil eksploitasi sumber daya alam yang tidak seimbang, baik yang dilakukan secara legal maupun illegal, misalnya melalui kolusi pengusaha dengan pejabat pemerintah terkait sehingga menyebabkan kerugian bagi negara.

Secara garis besar, ancaman dan gangguan terhadap keutuhan NKRI dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu ancaman serta gangguan dari dalam negeri dan ancaman serta gangguan dari luar negeri.


Contoh Potensi Ancaman dari Dalam dan Luar Negeri di Indonesia


Potensi ancaman dari dalam negeri


Potensi ancaman dari dalam negeri yang dihadapi oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara lain adalah :
  1. Disintegrasi bangsa, melalui gerakan-gerakan separatis berdasarkan sentiment kesukuan atau pemberontakan akibat ketidakpuasan daerah terhadap kebijakan pemerintah pusat.
  2. Keresahan sosial akibat ketimpangan kebijakan ekonomi dan pelanggaran hak asasi manusia yang pada gilirannya dapat mengakibatkan kerusuhan masa atau huru-hara.
  3. Upaya pergantian ideologi Pancasila dengan ideologi lain yang ekstrim atau yang tidak sesuai dengan jiwa dan semangat perjuangan Bangsa Indonesia.
  4. Potensi konflik antarkelompok/golongan, baik akibat perbedaan pendapat dalam masalah politik, maupun akibat masalah sara.
  5. Makar atau penggulingan pemerintah yang sah dan konstitusional.



Potensi ancaman dari luar negeri


Potensi ancaman Indonesia yang datang dari luar negeri antara lain adalah :
  1. Agresi, berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa.
  2. Pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara lain.
  3. Pemberontakan bersenjata, yaitu suatu gerakan bersenjata yang melawan pemerintah yang sah.
  4. Sabotase diri dari pihak tertentu untuk merusak instalasi penting dari objek vital nasional.
  5. Spionase yang dilakukan oleh negara lain untuk mencari dan mendapatkan rahasia militer.
  6. Aksi terror bersenjata yang dilakukan oleh jaringan teroris internasional atau bekerja sama dengan teroris dalam negeri.
  7. Ancaman keamanan di laut atau udara yuridiksi nasional Indonesia yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.
  8. Konflik komunal yang terjadi antarkelompok masyarakat yang dapat membahayakan keselamatan bangsa.

Demikianlah penjelasan mengenai potensi ancaman dari dalam dan luar negeri yang bisa terjadi pada Indonesia. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 22.03

0 komentar:

Posting Komentar