Macam-Macam Pola Aliran Sungai Menurut Howard

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 10 November 2016

loading...

Aliran sungai dengan percabangannya sering kali membentuk pola tertentu, ada yang seperti pohon bercabang-cabang, teralis jendela, jeruji, dan anyaman. Klasifikasi pola aliran sungai menurut Howard, seorang ahli geomorfologi dan hidrologi adalah sebagai berikut :
  • Dendritik, adalah pola aliran sungai yang bentuknya seperti sistem percabangan pohon. Ada sungai utama dan anak-anak sungai yang bermuara ke sungai utama. Pola aliran dendritik pada umumnya terdapat di daerah dengan batuan homogeny, yaitu terdiri atas bahan yang relatif sama dan ukuran butiran seragam dengan topografi  yang relative landai ke satu arah.
  • Trellis adalah pola aliran sungai yang berbentuk seperti terali besi pada kusen jendela. Biasanya terdapat beberapa sungai utama yang alirannya sejajar, selanjutnya sungai-sungai utama tersebut memiliki anak-anak sungai yang memotongnya secara tegak lurus. Pola aliran trellis biasanya terdapat di daerah berlipat-lipat. Struktur geologi yang ada di daerah tersebut dapat berupa  siklin dan antiklin.
  • Radial adalah pola aliran yang dibentuk oleh beberapa sungai yang seolah-olah berasal dari satu pusat, kemudian mengalir ke segala arah secara sentrifugal. Pola aliran terjadi pada morfologi kerucut, misalnya pada suatu gunung api. Hulu-hulu sungai pada pola ini berasal dari bagian puncak, selanjutnya mengalir ke bagian kaki gunung tersebut.
  • Multibasinal adalah pola aliran sungai yang terdiri atas aliran-aliran yang terputus tidak menerus dan di antaranya terdapat cekungan-cekungan tertutup. Pola aliran multibasinal umumnya terdapat pada daerah yang disusun oleh batu gamping dengan topografi kars.
  • Parallel adalah pola aliran sungai yang terdiri atas beberapa sungai dengan arah aliran relatif sejajar satu sama lain. Pola aliran paralel acap kali terjadi pada daerah sayap lipatan.
  • Rectangular adalah pola aliran sungai berkelok-kelok dengan kelokan siku-siku. Sungai utama acap kali mempunyai percabangan dan pertemuan antara sungai utama dengan percabangan tersebut membentuk sudut 90 derajat. Pola aliran rectangular dapat dijumpai di daerah yang batuannya banyak mempunyai rekahan-rekahan (fractured) dan sesar.
  • Anular, adalah pola aliran sungai yang dibentuk oleh beberapa sungai dengan cabang-cabang yang terdapat pada satu kubah. Sumber aliran berasal dari bagian puncak kubah dan mengalir ke segala arah. Pola aliran anular terjadi pada daerah yang berbentuk kubah.
  • Contorted adalah pola aliran yang sungainya tiba-tiba berbelok-belok secara tajak, seolah-olah tertekuk-tekuk. Pola aliran converted terdapat di daerah yang terdiri atas batuan metamorfik yang terlipat-lipat sangat kuat.


pola aliran sungai


Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam pola aliran sungai. Semoga bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 02.07

0 komentar:

Posting Komentar