Macam-Macam Potensi Diri atau Jenis-Jenis Potensi Diri

Posted by Ensikloblogia on Senin, 28 November 2016

Loading...

Kita harus bersyukur karena dianugerahkan berbagai macam potensi diri dari Tuhan Yang Maha Esa. Potensi diri yang ada dalam diri kita sangat bermacam-macam. Secara umum, ada lima jenis potensi diri yang ada pada setiap diri manusia. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis potensi diri atau macam-macam potensi diri tersebut.


Potensi fisik (Psychomotoric)


Kita tahu bahwa manusia adalah ciptaan yang paling sempuran. Salah satu wujud dari kesempurnaan manusia yang diciptakan Tuhan adalah bentuk fisik. Potensi fisik adalah salah satu jenis potensi diri yang berupa potensi jasmaniah yang dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan fungsi dan manfaatnya. Misalnya saja mata untuk melihat, tangan untuk menyantuh, telinga untuk mendengar, dan lain-lain. Potensi fisik dapat dikembangkan jika dilatih dengan baik. Kemampuan yang terlatih akan menjadi suatu kecakapan, keahlian, dan keterampilan dalam bidang tertentu.


Potensi mental intelektual (Intellectual Quotient)


Potensi mental intelektual biasa juga disebut potensi kecerdasan atau IQ. Potensi mental intelektual merupakan potensi manusia untuk berpikir, mengolah, dan berusaha untuk menguasai lingkungannya secara maksimal dan terarah. Potensi mental intelektual merupakan potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia, terutama otak sebelah kiri. Fungsi potensi mental intelektual adalah untuk menganalisis, menghitung dan merencanakan sesuatu.


Potensi sosial emosional (Emotional Quotient)


Potensi sosial emosional merupakan kecerdasan yang ada pada otak manusia, terutama otak sebelah kanan. Potensi sosial emosional ini berfungsi untuk mengendalikan rasa marah, bertanggung jawab, kesadaran diri, dan memiliki motivasi. Melalui potensi sosial emosional, maka manusia dapat bekerja sama dan saling menghargai.


Potensi mental spiritual (Spiritual Quotient)


Potensi mental spiritual merupakan potensi kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri sendiri yang berhubungan dengan kearifan di luar ego atau jiwa sadar. Potensi mental spiritual ini tidak hanya mengantarkan manusia untuk mengetahui nilai, tetapi dapat menemukan nilai. Melalui potensi mental spiritual ini, manusia memiliki intelektual, emosional, dan sisi spiritual.

Diantara ciri-ciri orang yang memiliki potensi mental spiritual tinggi antara lain adalah memiliki prinsip dan visi yang kuat, mampu melihat kesatuan dalam keanekaragaman, mampu memaknai setiap sisi kehidupan, dan mampu mengelola daya tahan dan bertahan dalam kesulitan dan penderitaan.


Potensi daya juang (Adversity Quotient)


Potensi daya juang disebut juga potensi ketahanmalangan. Potensi ketahanmalangan merupakan potensi kecerdasan manusia yang bersumber pada bagian diri manusia yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan, dan daya juang. Melalui potensi daya juang manusia dapat mengubah tantangan menjadi peluang. Potensi daya juang ini sangat diperlukan manusia dalam menghadapi setiap tantangan dan ritangan yang datang. Tanpa jenis potensi diri ini, seorang individu akan menjadi individu yang mudah menyerah dan putus asa.

Paul G. Stoltz, seorang ahli komunikasi dan organisasi, dalam bukunya berjudul Adversity Quotient membedakan tiga macam potensi daya juang dalam masyarakat, sebagai berikut :
  1. Tingkat Quiters (orang yang berhenti). Quiters merupakan orang yang memiliki potensi daya juang rendah. Ketika menghadapi kesulitan hidup, ia berhenti dan langsung menyerah.
  2. Tingkat Campers (orang yang berkemah). Campers merupakan orang yang memiliki potensi daya juang sedang. Ia merasa puas dan cukup atas sesuatu yang telah dicapai dan enggan untuk maju.
  3. Tingkat Climbers (orang yang mendaki). Climbers merupakan orang yang memiliki potensi daya juang tinggi. Dengan kemampuan dan kecerdasan yang tinggi, mereka dapat bertahan menghadapi kesulitan-kesulitan dan mampu menghadapi tantangan hidup.


Macam-Macam Potensi Diri atau Jenis-Jenis Potensi Diri


Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam potensi diri atau jenis-jenis potensi diri. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 23.30

0 komentar:

Posting Komentar