Pengertian Asas Hukum dan Macam-Macam Asas Hukum

Posted by Ensikloblogia on Senin, 28 November 2016

Loading...

Pengertian asas hukum


Pengertian asas hukum secara umum adalah prinsip-prinsip yang dianggap dasar atau fundamental dalam hukum. Asas-asas itu juga disebut titik tolak  dalam pembentukan undang-undang dan interpretasi undang-undang tersebut. Oleh karena itu, Satjipto Raharjo menyebutnya bahwa asas hukum merupakan jantungnya peraturan hukum. Beliau  menyebutnya demikian karena asas hukum merupakan landasan yang paling luas bagi lahirnya suatu peraturan hukum.

Berdasarkan keterangan di atas, jelaslah bahwa semua peraturan hukum harus dapat dikembalikan pada asas hukumnya. Asas hukum ini disebut juga sebagai alasan lahirnya peraturan hukum.

Contoh, asas hukum apabila seseorang melakukan kesalahan yang merugikan orang lain, harus mengganti kerugian tersebut, norma hukumnya berbunyi : “tiap perbuatan melanggar hukum yang membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang karena salahnya menerbitkan kerugian tersebut, mengganti kerugian tersebut (Pasal 1365 KUH Perdata).

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian asas hukum, maka berikut ini adalah beberapa pengertian asas hukum menurut para ahli :

Menurut Bellefroid, asas hukum adalah norma dasar yang dijabarkan dari hukum positif dan yang oleh ilmu hukum tidak dianggap berasal dari aturan yang lebih umum. Asas hukum itu merupakan pengendapan hukum positif dalam masyarakat.

Pengertian asas hukum menurut van der Velden yaitu tipe putusan yang dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk menilai situasi ata digunakan sebagai pedoman berperilaku. Asas hukum didasarkan atas nilai atau lebih yang menentukan situasi yang bernilai yang harus direalisasi.

Definisi asas hukum menurut Scholten adalah kecenderungan yang disyaratkan oleh pandangan kesusilaan kita pada hukum, merupakan sifat-sifat umum dengan segala keterbatasannya sebagai pembawaan yang umum itu, tetapi yang tidak boleh harus ada.


asas-asas hukum umum

Macam-macam asas hukum


Berikut ini adalah macam-macam asas hukum menurut para ahli :

Menurut Theo Hujibers, ada tiga macam asas hukum, yaitu :
  1. Asas-asas hukum objektif yang bersifat moral. Prinsip-prinsip itu telah ada pada para pemikir zaman klasik dan abad pertengahan.
  2. Asas-asas hukum objektif yang bersifat rasional, yaitu prinsip-prinsip yang termasuk pengertian hukum dan aturan hidup bersama yang rasional.
  3. Asas-asas hukum subjektif yang bersifat moral maupun rasional, yakni hak-hak yang ada pada manusia dan yang menjadi titik tolak pembentukan hukum.

Ada dua jenis asas hukum menurut Sudikno Mertokusumo, yaitu :
  1. Asas hukum umum ialah asas hukum yang berhubungan dengan seluruh bidang hukum, seperti asas lex specialist derogate lege generale.
  2. Asas hukum khusus yang berfungsi dalam bidang yang lebih sempit seperti dalam bidang hukum perdata, hukum internasional, dan sebagainya. Contoh asas hukum khusus antara lain adalah asas pacta sunt servanda, asas konsensualisme, dan lain-lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, jelaslah terlihat bahwa asas hukum itu bukanlah norma yang konkret, tetapi merupakan latar belakang dari peraturan yang konkret, karena ia adalah dasar pemikiran yang umum dan abstrak dan mendasari lahirnya setiap peraturan hukum.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian asas hukum dan macam-macam asas hukum yang dikemukakan oleh para ahli. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 19.32

0 komentar:

Posting Komentar