Pengertian dan Tujuan Kebijakan Publik serta Bentuk Kebijakan Publik di Daerah

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 05 November 2016

Loading...

Pada era otonomi daerah, kewenangan membuat kebijakan publik tidak hanya ada di tangan pemerintah pusat. Akan tetapi, pemerintah daerah juga mempunyai kewenangan untuk membuat kebijakan publik di wilayah setempat. Oleh karena itu, ada dua kebijakan publik, yaitu kebijakan publik di daerah dan kebijakan publik di pusat. Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai pengertian kebijakan publik dan bentuk-bentuk kebijakan publik di daerah.


Pengertian kebijakan publik dan tujuan kebijakan publik


Kebijakan publik dalam kepustakaan internasional disebut dengan publik policy, yaitu suatu aturan yang mengatur kehidupan bersama yang harus ditaati  dan berlaku mengikat bagi seluruh warganya. Setiap pelanggaran akan diberikan sanksi sesuai dengan bobot pelanggaran yang dilakukan dan sanksi yang dijatuhkan di depan masyarakat oleh lembaga  yang mempunyai tugas menjatuhkan sanksi. Aturan atau peraturan tersebut secara sederhana kita pahami sebagai kebijakan publik. Jadi, kebijakan publik ini dapat kita artikan sebagai  sebuah hukum. Berikut ini adalah beberapa pengertian kebijakan publik menurut para ahli :

Easton berpendapat bahwa kebijakan publik sebagai pengalokasian nilai-nilai secara paksa dan sah kepada seluruh anggota masyarakat. Pendapat Easton tersebut menegaskan bahwa hanya pemerintah yang memiliki legalitas untuk berbuat sesuatu  atau tidak melakukan sesuatu yang diwujudkan dalam suatu pengalokasian nilai-nilai dalam masyarakat. Meski pelibatan masyarakat dalam suatu kebijakan publik sudah tampak, posisi masyarakat hanya sebagai objek. Masyarakat hanya bersifat pasif karena ia hanya menerima  apa yang dilakukan suatu pemerintahan kepadanya.

Edward dan Sharkansky memberikan pengertian kebijakan publik sebagai apa yang dinyatakan dan dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemerintah. Kebijakan itu berupa sasaran atau tujuan program-program pemerintah.

Dimmock berpendapat bahwa kebijakan publik adalah perpaduan dan kristalisasi pendapat-pendapat dan keinginan-keinginan banyak orang dan golongan dalam masyarakat.

Berdasarkan pendapat-pendapat yang ada, dapat diambil pengertian kebijakan publik secara umum. Pengertian kebijakan publik secara umum adalah serangkaina tindakan yang ditetapkan dan dilaksanakan atau tidak dilaksanakan oleh pemerintah yang mempunyai tujuan atau berorientasi pada tujuan tertentu demi kepentingan seluruh masyarakat.  Salah satu tujuan pembuatan kebijakan publik adalah untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang tertib dan damai.

Berdasarkan pendapat-pendapat tentang pengertian kebijakan publik di atas, juga dapat disimpulkan unsur-unsur kebijakan publik, yaitu :
  1. Kebijakan publik berupa penetapan tindakan-tindakan pemerintah.
  2. Kebijakan publik dinyatakan dan dilaksanakan dalam bentuk yang nyata.
  3. Kebijakan publik baik untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu mempunyai landasan, maksud dan tujuan tertentu.
  4. Kebijakan publik harus senantiasa ditunjukkan bagi kepentingan seluruh warga masyarakat.


Pengertian dan Tujuan Kebijakan Publik serta Bentuk Kebijakan Publik di Daerah


Bentuk kebijakan publik di daerah


Kebijakan publik di daerah merupakan kebijakan publik yang dibentuk pemerintah daerah. Kebijakan publik daerah ini diimplementasikan dalam bentuk peraturan daerah, misalnya mengenai ketertiban umum, pengenaan retribusi daerah dan pajak daerah. Peraturan daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 mengenai Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dibedakan menjadi 2, yaitu :
  1. Peraturan daerah provinsi, yaitu peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi  dengan persetujuan bersama gubernur.
  2. Peraturan daearah kabupaten/kota, yaitu peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota  dengan persetujuan bersama bupati/walikota.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kebijakan publik dan bentuk kebijakan publik di daerah. Semoga tulisan mengenai pengertian kebijakan publik, tujuan kebijakan publik dan bentuk kebijakan publik ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 21.47

0 komentar:

Posting Komentar