PENGERTIAN DRAMA DAN JENIS-JENIS DRAMA

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 03 November 2016

Loading...

Pernah dengan kata drama ? apakah pengertian drama itu dan apa saja macam-macam drama ?sering nonton drama Korea atau drama lainnya di daerah kamu ? Drama adalah cerita atau kisahan, terutama yang melibatkan konflik atau emosi yang khusus disusun untuk dipentaskan  atau untuk pertunjukan teater. Karya sastra drama ini dapat dikategorikan berdasarkan beberapa sudut pandang. Ada beberapa pengkategorian drama, yaitu sebagai berikut :

Macam-macam drama berdasarkan isi cerita adalah :
  • Drama tragedi atau drama duka adalah yang melukiskan kisah sedih yang besar dan agung. Tokoh-tokohnya terlibat dalam bencana atau masalah besar.
  • Melodrama adalah drama yang sangat menyentuh perasaan, mendebarkan hati dan mengharukan. Ceritanya dilebih-lebihkan sehingga kurang meyakinkan penonton.
  • Drama komedi yaitu drama ringan yang sifatnya menghibur  dan di dalamnya terdapat dialoh kocak yang bersifat menyindir dan  biasanya berakhir dengan kebahagiaan. Drama komedi menghadirkan tokoh yang tolol, konyol, atau tokoh bijaksana tetapi lucu.

Jenis-jenis drama berdasarkan cara penyajiannya adalah :
  • Closed drama adalah drama untuk dibaca dan hanya indah untuk dibaca. Drama jenis ini mempunyai dialog-dialog yang panjang dan menggunakan bahasa yang indah dan tidak mencerminkan percakapan sehari-hari sehingga sulit dipentaskan.
  • Drama teatrikal adalah drama yang dapat dipentaskan. Drama teatrikal dipentaskan di atas pentas atau panggung.
  • Drama radio adalah drama yang ditayangkan atau diperdengarkan melalui radio. Drama jenis ini mementingkan dialog.
  • Drama televisi adalah drama yang ditayangkan atau dipentaskan melalui televisi.

Jenis-jenis drama berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi :
  • Sandiwara adalah suatu pengajaran yang diberikan secara rahasia dalam bentuk tontonan.
  • Teater rakyat adalah segala jenis pertunjukan yang sedang dipertontonkan di depan banyak orang. Contohnya ketoprak, ludruk, lenong, opera, sendatari, dan pantomim.


Dalam kehidupan sehari-hari agak sulit untuk menemukan pementasan drama di teater pada zaman sekarang. Pada masa-masam jadul drama adalah hiburan rakyat yang sangat digemari. Seiring dengan perkembangan zaman, drama-drama rakyat seperti ketoprak, lenong atau ludruk sudah mulai kehilangan popularitasnya. Saat ini kita cenderung untuk menyaksikan K-Drama atau drama Korea atau bahkan drama-drama dari negara lain yang entah, bisa dikatakan sebagai suatu bentuk drama atau tidak.

Pengertian Drama dan Jenis-Jenis Drama


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian drama dan jenis-jenis drama. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 01.51

0 komentar:

Posting Komentar