Pengertian Filsafat Hukum dan Manfaat Filsafat Hukum

Posted by Ensikloblogia on Senin, 28 November 2016

loading...

Pengertian filsafat hukum


Istilah filsafat hukum lazim digunakan dalam lingkungan fakultas hukum di Indonesia. Pada zaman Belanda, istilah yang dipergunakan oleh Rechtshogeschool adalah wijsbegeerte van het recht berdasarkan  kurikulum almanah  rechthogeschool 1933. Kemudian oleh para penulis filsafat hukum belanda dipergunakan istilah rechtphilosophie.

Saat ini, ada berbagai macam pengertian filasafat hukum menurut para ahli. Berikut ini adalah beberapa definisi filsafat hukum dari para ahli tersebut :

Soedjono Dirdjosisworo merumuskan bahwa filsafat hukum adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pertanyaan mendasar dari hukum. Atau ilmu pengetahuan tentang hakikat hukum.

Satjipto Raharjo mengemukakan bahwa filsafat hukum mempersoalkan pertanyaan yang bersifat dasar dari hukum. Pertanyaan-pertanyaan tentang hakikat hukum, tentang dasar bagi kekuatan mengikat dari hukum, merupakan contoh pertanyaan yang bersifat mendasar itu.

J.B. Daliyo menjelaskan bahwa filsafat hukum adalah refleksi tentang hukum yang memasalahkan hukum dari berbagai pertanyaan mendasa, misalnya apakah hakikat hukum itu dan apa dasar-dasar mengikatnya hukum.

Lili Rasjidi berpendapat bahwa filsafat hukum adalah suatu ilmu yang  merupakan bagian dari filsafat. Filsafat itu sendiri terdiri dari berbagai bagian. Salah satu bagian utamanya adalah filsafat moral yang disebut etika.

Berdasarkan berbagai definisi filsafat hukum di atas,  jelaslah bahwa yang menjadi sasaran perhatian filsafat hukum adalah hukum sebagai gejala umum, kemudian dianalisis dengan menggunakan pertanyaan mendasar, antara lain seperti : apakah hakikat hukum ? (quit ius) apakah dasar mengikatnya hukum ? mengapa hukum berlaku umum ?



pengertian filsafat hukum

Manfaat filsafat hukum


Filsafat hukum akan menjawab pertanyaan umum mengenai hukum, mengenai hakikat dan sifatnya. Filsafat hukum memperdalam dan memperluas pengetahuan tentang hukum yang menjadi objek hukum positif. Dengan demikian, filsafat hukum bermanfaat dan diperlukan oleh ahli hukum pada setiap waktu dalam menghadapi masalah keadilan sosial, globalisasi masyarakat dunia dalam berbangsa dan bernegara.

Filsafat hukum mempunyai nilai-nilai yang sangat tinggi bagi mereka yang mempelajari penegtahuan hukum. Menurut Lili Rasjidi, pelajaran filsafat hukum bisa dimanfaatkan secara praktis untuk menjelaskan peranan hukum dalam pembangunan dengan memberikan perhatian khusus pada ajaran-ajaran sosiological jurisprudence dan legal realism.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian filsafat hukum dan manfaat filasafat hukum. Semoga bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 19.24

0 komentar:

Posting Komentar