Pengertian Hutan dan Jenis-Jenis Hutan

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 06 November 2016

Loading...

Secara umum, kita tahu bahwa hutan adalah kumpulan pepohonan dan tumbuhan baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis pada satu daerah yang sangat luas dan menjadi tempat tinggal atau habitat makhluk hidup di dalamnya. Ada banyak macam-macam hutan. Berikut ini adalah penggolongan jenis-jenis hutan dan penjelasannya.


Hutan rimba


Hutan rimba banyak terdapat di daerah tropis, yaitu di daerah khatulistiwa. Karena curah hujan yang sangat tinggi, hutan tropis banyak ditumbuhi pepohonan yang sangat lebat. Jarak antara pohon yang 
satu dengan pohon lainnya sangat rakat sehingga sulit ditembus manusia.

Hutan rimba dihuni oleh binatang buas dan bertubuh kuat. Binatang yang bertahan hidup di hutan rimba adalah jenis binatang yang memiliki ketahanan hidup di hutan yang hanya ditumbuhi pohon besar dan kuat. Binatang yang mendiami hutan rimba sebagai habitatnya adalah hewan-hewan yang kuat seperti babi hutan, kera, gajah, macan kumbang, macan tutul, dan binatang kuat lainnya.


Hutan belantara


Hutan  belantara adalah jenis hutan yang berselang-seling dengan padang rumput. Hutan belantara terdapat di daerah tropis bagian luar serta daerah yang beriklim sedang. Hutan belantara tidak selebat hutan rimba. Dan pohon-pohonnya pun tidak sepadat pohon di hutan rimba.

Binatang yang mendiami hutan belantara pun lebih banyak jenisnya karena ada bagian yang masih ditumbuhi padang rumput. Oleh karena itu, binatang penghuni hutan belantara biasanya adalah pemakan rumput, seperti kijang, rusa, kambing liar, banteng, kerbau liar, badak jerapah, zebra dan sebangsanya.


Hutan lindung


Hutan lindung adalah jenis hutan yang sengaja dijaga kelestariannya dengan tujuan agar daerah di sekitar hutan dapat terlindungi. Kita telah mengetahui bahwa hutan berfungsi mengatur kehidupan masyarakat yang bermukim di sekitar hutan.


Hutan tanaman industri


Hutan tanaman industri adalah jenis hutan yang yang dikelola dan diusahakan  berdasarkan asas kelestasian, asas manfaat, dan asas perusahaan. Hal ini dikelola dan diusahakan dalam rangka meningkatkan potensi dan kualitas hutan produksi dengan menerapkan silvikultur intensif untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri.

Hutan tanaman industri bertujuan agar hutan dapat memberikan hasilnya secara berksinambungan dan lestasi. Hasil hutan tanaman industri menitikberatkan pada upaya memenuhi kebutuhan industri kayu dan pulp (bubur kertas).

Hutan tanaman industri transmigrasi atau HTI transmigrasi adalah program transmigrasi yang dirancang khusus agar transmigrasinya siap untuk berusaha memperoleh pendapatan dari budi daya hutan tanaman secara berkesinambungan.


Hutan cagar alam


jenis-jenis hutan


Hutan cagar alam adalah areal hutan yang sengaja dilindungi kelestariannya oleh negara. Di dalam jenis hutan cagar alam ini banyak terdapat tanaman langka serta jenis-jenis binatang yang hampir punah. Para pengunjung yang ingin masuk ke areal hutan cagar alam pun harus mendapat izin dari petugas. Pengunjung juga tidak diperkenankan untuk mengganggu binatang atau hutan yang ada di kawasan cagar alam.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan di hutan cagar alam, maka pengunjung akan dilarang membawa barang-barang berbahaya seperti tas, senjata tajam, senapan angin, dan sebagainya. Hutan cagar alam sangat berarti bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Areal ini biasa digunakan sebagai tempat penelitian.  


Hutan wisata


Hutan wisata adalah suatu kawasan hutan yang sengaja dikelola untuk keperluan wisata. Di dalam hutan wisata suasana dan kondisinya ditata agar dapat memberikan kesan khusus atau kenyamanan bagi pengunjung. Di dalam hutan wisata kita bisa menemukan jalan setapak yang alami.

Jenis tumbuhan yang ada di dalam hutan wisata tidak jauh berbeda dengan hutan yang pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada peruntukannya. Kelebihan hutan wisata terlihat dari penataan tanaman yang lebih rapih dan menarik. Hutan wisata kini telah ada di seluruh wilayah Indonesia karena merupakan objek wisata.


Hutan buah-buahan


Hutan buah-buahan adalah jenis hutan yang di dalamnya ditumbuhi oleh berbagai jenis buah-buahan. Pohon buah-buahan yang dimaksdukan di sini adalah buah-buahan yang pohonnya tinggi dan  besar, 
misalnya pohon durian, nangka, duku, langsat, manga, leci, dan lain-lain.

Hutan buah-buahan akan lebih baik jika dipadukan dengan hutan wisata. Para pengunjung akan lebih merasa senang dapat menikmati keindahan alam sekaligus dapat mencicipi berbagai macam buah-buahan yang sangat lezat.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian hutan dan macam-macam hutan atau jenis-jenis hutan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 02.18

0 komentar:

Posting Komentar