Pengertian Kurikulum Menurut Ahli dan Ruang Lingkup Kurikulum (PENJELASAN LENGKAP)

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 05 November 2016

loading...

Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai pengertian kurikulum dan ruang lingkup kurikulum. Secara etimologis, kurikulum berasal dari bahasa Yunani, yaitu “curir” dan “curere” yang merupakan istilah bagi tempat berpacu , berlari dalam sebuah perlombaan yang dibentuk semacam rute perlombaan. Rute tersebut harus dilalui oleh para kompetitor, dengan konsekuensi harus mematuhi rute tersebut. 

Dalam dunia pendidikan, istilah kurikulum ditafsirkan berbeda-beda oleh para ahli. Kurikulum banyak diidentikkan dengan bahan ajar yang selalu berubah dari periode ke periode lainnya. Bahkan ada pula yang mengartikan kurikulum sebagai perubahan sistematika pada buku bahan ajar saja. Untuk lebih jelas, maka berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian kurikulum menurut para ahli dan ruang lingkup kurikulum.


PENGERTIAN KURIKULUM


Ada beberapa definisi kurikulum yang sudah semakin berkembang seiring dengan dinamika dan urgensinya  dalam praktik pendidikan di sekolah. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa pengertian pendidikan menurut para ahli :

John Dewey menyatakan bahwa kurikulum adalah harus membangun rasa tertib dari dunia tempat tinggal anak-anak. 

Ronald C. Doll menyatakan bahwa Kurikulim sekolah adalah muatan dan proses, baik formal 
maupun informal yang diperuntukkan bagi pembelajar untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman, mengembangkan keahlian dan mengubah apresiasi sikap dan nilai dengan bantuan sekolah.

Maurice Dulton menyatakan bahwa kurikulum dipahami sebagai pengalaman-pengalaman yang didapatkan oleh pembelajar di bawah naungan sekolah.

Collin J. Marsh dan George Willis dalam bukunya berjudul “Curricullum Alteenative Approaches, Ongoing Issues” telah menginventarisasi beberapa definisi kurikulum baik yang bermakna luas maupun yang bermakna sempit, yaitu :
  1. Kurikulum adalah semacam subjek permanen seperti tata bahasa, membaca, logika, retorika, matematika, dan mahakarya dunia Barat yang sangat baik membubuhkan pengetahuan esensial di dalamnya.
  2. Kurikulum adalah subjek-subjek yang sangat berguna untuk hidup di masyarakat kontemporer.
  3. Kurikulum adalah semua pembelajaran yang direncanakan untuk sekolah yang mapan.
  4. Kurikulum adalah seluruh pengalaman pembelajar yang didapatkan di bawah bimbingan sekolah.
  5. Kurikulum adalah semua pengalaman yang didapatkan oleh pembelajar dalam tempaan hidup.

Pengertian kurikulum menurut Good (1959), sebagai sebuah rencana umum tentang isi atau materi tertentu dari instruksi sekolah harus memenuhi kualifikasi atau sertifikasi serta dapat melanjutkan bidang professional atau kejujuran.

Harold Rugg mengartikan kurikulum sebagai suatu rangkaian pengalaman yang memiliki kemanfaatan maksimum bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuannya agar dapat menyesuaikan dan menghadapi berbagai situasi kehidupan.

Hollins Caswell menyatakan bahwa kurikulum adalah susunan pengalaman yang digunakan guru sebagai proses dan prosedur untuk membimbing anak didik menuju kedewasaan.

Ralph Tyler, menegaskan bahwa kurikulum adalah  seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya.

Pengertian Kurikulum menurut Hilda Taba, kurikulum adalah pernyataan tentang tujuan-tujuan pendidikan yang bersifat umum dan khusus, materinya dipilih dan diorganisasikan berdasarkan suatu pola tertentu untuk kepentingan belajar dan mengajar.

Robert Gagne menyatakan bawa kurikulum adalah suatu rangkaian unit materi  belajar yang disusun sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mempelajarinya berdasarkan kemampuan awal yang dimiliki atau dikuasai sebelumnya.

Jammes Popham dan Eva Baker menyatakan bahwa kurikulum adalah seluruh hasil belajar yang direncanakan dan merupakan tanggung jawab sekolah. Materi kurikulum mengacu pada tujuan pengajaran diinginkan.

Michael Sachiro menyatakan bahwa kurikulum adalah  proses pengembagan anak didik yang diharapkan terjadi dan digunakan dalam perencanaan pengajaran.

Saylor, Alexander, dan Lewis (1981) menyatakan bahwa kurikulum sebagai suatu rencana yang berisi sekumpulan pengalaman belajar untuk anak didik yang akan dididik.

Tanner dan Tanner menyatakan bahwa kurikulum adalah pengalaman belajar yang direncanakan dan dibimbing dan dimaksudkan sebagai hasil belajar, dirumuskan melalui rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman yang sistematis, yang dibimbing sekolah, bagi kesinambungan perkembangan kompetensi sosial pembelajar.

Pengertian kurikulum menurut Foshay adalah keseluruhan pengalaman belajar, dalam hal ini adalah murid di bawah bimbingan sekolah.


pengertian dan ruang lingkup kurikulum


RUANG LINGKUP KURIKULUM


Dari beberapa definisi kurikulum di atas, kurikulum bisa dimaknai dalam tiga konteks, yaitu sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik, sebagai pengalaman belajar, dan sebagai rencana program belajar.

Kurikulum sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik merupakan konsep kurikulum yang sampai saat ini banyak mewarnai teori-teori dan praktik pendidikan. Dalam makna ini kurikulum sering dikaitkan dengan usaha untuk memperoleh ijazah, sedangkan ijazah itu sendiri adalah keterangan yang menggambarkan kemampuan seseorang yang mendapatkan ijazah tersebut.

Pengertian kurikulum sebagai pengalaman belajar mengandung  makna bahwa kurikulum adalah seluruh kegiatan yang dilakukan oleh anak didik baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah asal kegiatan tersebut berada di bawah tanggung jawab atau monitoring guru.

Kurikulum sebagai sebuah program/rencana pembelajaran, tidaklah hanya berisi tentang program kegiatan, tetapi juga berisi tentang tujuan yang harus ditempuh beserta alat evaluasi untuk mengetahui keberhasilan pencapaian tujuan, di samping itu, juga berisi tentang alat atau media yang diharapkan mampu menunjang pencapaina tujuan tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kurikulum dan ruang lingkup kurikulum. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

loading...
Blog, Updated at: 02.06

0 komentar:

Posting Komentar