Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 26 November 2016

loading...

Pengertian negara secara umum adalah suatu organisasi masyarakat yang dibentuk oleh suatu bangsa yang berkomitmen untuk bersatu yang memiliki kekuasaan dan daerah tertentu dan memiliki kedaulatan yang sah dan ditaati oleh rakyatnya. Negara terbentuk karena adanya keinginan kodrati dari manusia. Negara ada untuk membantu manusia mewujudkan tujuan dan cita-citanya. Penyelenggaraan negara harus membawa manfaat bagi manusia. Negara bertugas untuk melindungi segenap warga masyarakatnya. Negara wajib untuk melindungi hak-hak dan kewajiban warga negaranya. Untuk mengetahui definisi negara selengkapnya, maka kita perlu mengetahui dasar kata negara itu.

Dalam bahasa Inggris, negara disebut state, dalam bahasa Belanda disebut Staat, dan dalam bahasa Perancis disebut etat. Ketiga kata itu berasal dari bahasa Latin yaitu status atau stacum yang artinya keadaan yang tetap dan tegak, atau sesuatu yang memiliki sifat-sifat yang tegak dan tetap.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian negara, maka berikut ini adalah beberapa definisi negara yang dikemukakan oleh para ahli.

Aristoteles menyatakan bahwa negara adalah persekutuan dari keluarga dan desa guna memperoleh hidup sebaik-baiknya.

Harold J. Laski mengemukakan bahwa negara adalah suatu masyarakat yang dipadukan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan secafra fisik lebih agung dari pada individu atau kelompok dalam masyarakat.

Max Weber menyatakan bahwa negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam menggunakan kekerasan fisik  secara sah dalam suatu wilayah.

Robert M. Mac Iver menyatakan bahwa negara adalah perkumpulan yang menyelenggarakan penertiban dalam suatu masyarakat tertentu dengan  berdasarkan sistem hukum, dan untuk maksud tersebut negara diberikan kekuasaan memaksa.

Karl Marx memberikan pendapatnya mengenai pengertian negara sebagai suatu kekuasaan bagi manusia atau penguasa untuk menindas manusia yang lain.

Kranenburg menyatakan bahwa negara adalah suatu sistem dari tugas-tugas umum dan organisasi-organisasi yang diatur, dalam usaha negara untuk mencapai tujuannya, yang juga menjadi tujuan rakyat/masyarakat yang diliputinya, maka harus ada pemerintah yang berdadaulat.

Leon Duguit mendefinisikan negara sebagai kekuasaan orang-orang yang kuat, yang memerintah orang-orang yang lemah, dan kekuasaan orang-orang yang kuat tersebut diperoleh karena faktor politik.

Herman Finer menjelaskan pengertian negara sebagai organisasi kewilayahan yang bergerak di bidang kemasyarakatan dan kepentingan perseorangan dari segenap kehidupan yang multi dimensional untuk pengawasan pemerintahan dengan legalisat kekuasaan tertinggi. 

Prof. Mr. Soenarko menyatakan bahwa negara adalah suatu organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan.

Prof. Dr. Miriam Budiarjo menyatakan bahwa negara adalah organisasi yang dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu.

pengertian negara menurut ahli



Dari pengertian negara di atas, kita bisa melihat bahwa tidak ada definisi baku negara yang mutlak. Setiap ahli melihat dari berbagai sudut pandangnya untuk mendefinisikan negara. Secara kseluruhan, kita bisa menarik kesimpulan mengenai pengertian negara, yaitu suatu kelompok, persekutuan, alat, organisasi kewilayahan/kedaerahan, sistem politik, kelembagaan dari suatu rakyat, keluarga, desa baik yang terdiri dari orang-orang yang kuat maupun orang yang lemah yang merupakan susunan kekuasaan yang memiliki monopoli, kewibawaan, daulat, hukum, kepemimpinan bahkan sistem pemaksaan, sehingga pada akhirnya diharapkan akan memperoleh keabsahan, pengakuan dari dalam dan luar negara, tempat tinggal yang aman, masyarakat yang tentram, bangsa yang teratur, hidup bersama yang lebih baik dan terkendali dalam rangka mewujudkan tujuan serta cita-cita rakyat banyak.

loading...
Blog, Updated at: 22.48

0 komentar:

Posting Komentar