Pengertian Potensi Diri Secara Umum

Posted by Ensikloblogia on Senin, 28 November 2016

Loading...

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, manusia dikaruniai potensi diri yang berbeda-beda. Antara pribadi yang satu dengan pribadi yang lain memiliki perbedaan potensi diri sehingga berpengaruh secara langsung pada prestasi yang diraih oleh individu tersebut. Perbedaan potensi diri inilah yang menyebabkan setiap individu menjadi pribadi yang unik. Berikut ini adalah beberapa pengertian potensi diri.

Jika merujuk pada segi istilah, maka potensi diri berasal dari kata to potent dalam bahasa Inggris yang artinya keras dan kuat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indoneia, potensi adalah kemampuan dan kualitas yang dimiliki oleh seseorang, teapi belum dipergunakan secara maksimal.

Menurut Parlindungan Siahaan, definisi potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki setiap pribadi atau individu yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan dalam berprestasi. Potensi diri juga diartikan sebagai kemampuan yang terpendam pada diri seseorang.

Berdasarkan pemahaman lain, potensi diri mengandung pengertian sebagai berikut :
  • Kata potensi mengandung arti kekuatan, kemampuan, atau daya, baik yang belum ataupun sudah terwujud, tetapi belum optimal.
  • Potensi diri adalah kesanggupan atau kekuatan yang dikembangkan dari dalam diri seseorang.
  • Potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki setiap orang untuk dapat menyelesaikan sesuatu dengan baik.

Berdasarkan pengertian potensi di atas, maka dapat kita ketahui bahwa potensi diri merupakan suatu anugerah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Selain itu, potensi diri dapat diartikan sebagai kemampuan atau kekuatan baik yang sudah terwujud maupun yang belum terwujud yang dimiliki oleh seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.

Potensi diri masih terpendam dan harus dikenali dan digali. Dengan cara mengenali potensi diri, seseorang dapat mengembangkna potensi yang dimilikinya untuk berprestasi. Potensi diri dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori, sebagai berikut :
  • Kemampuan dasar, misalnya tingkat kecerdasan, kemampuan abstraksi, logika, dan daya tangkap.
  • Etos kerja, misalnya ketekunan, ketelitian, dan daya tahan terhadap tekanan.
  • Kepribadian, yaitu menyeluruh semua kemampuan, perbuatan, serta kebiasaan seseorang, baik jasmaniah, mental, rohaniah, emosional, maupun sosial yang terwujud dalam bentuk tingkah laku.

Potensi diri yang dimiliki oleh seseorang dapat dikembangkan ke arah yang lebih baik atau tidak baik. Jika lingkungan mendukung pengembangan potensi diri ke arah yang lebih baik, jika tidak, maka potensi diri tidak akan berkembang. Agar potensi diri yang dimiliki oleh seseorang harus bergerak ke arah yang lebih baik, maka ia harus melakukannya melalui proses pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Selain itu, pergaulan yang baik dapat menjadi salah satu usaha untuk mengarahkan potensi diri ke arah yang lebih baik.  


pengertian potensi diri secara umum


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian potensi diri. Semoga dengan tulisan ini kita bisa paham bagaimana pentingnya potensi diri sehingga kita bisa lebih peduli dan mengasah potensi yang ada dalam diri kita agar bermanfaat untuk banyak orang.

Loading...
Blog, Updated at: 23.00

0 komentar:

Posting Komentar