Pengertian Traktat dan Macam-Macam Traktat atau Perjanjian Internasional sebagai Sumber Hukum

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 05 November 2016

loading...

Pengertian traktat


Traktat atau treaty adalah perjanjian internasional yang dibuat antarnegara yang dituangkan dalam bentuk tertentu. Perjanjian tersebut merupakan perjanjian internasional. Suatu negara juga dapat membuat perjanjian dengan negara lain tanpa harus membentuk traktat. 

Di dalam perjanjian internasional ada berbagai macam istilah. Perjanjian tersebut pada dasarnya dibagi dalam perjanjian internasional yang penting , dan yang kurang penting atau sederhana sifatnya. Bagi perjanjian internasional, yang penting dinamakan traktat sedangkan bagi yang kurang penting digunakan istilah persetujuan.

Perjanjian internasional yang sangat penting meliputi masalah-masalah yang penting bagi kelangsungan hidup suatu bangsa/negara, seperti perjanjian batas wilayah. Sedangkan perjanjian yang kurang  penting seperti agreement, protocol, piagam, charter, dan lain-lain sebagainya.

Akibat dari perjanjian-perjanjian tersebut adalah apa yang disebut dengan “pakta sunt servanda”, artinya bahwa perjanjian mengikat para pihak yang mengadakan perjanjian. Di samping itu, para pihak harus menaati seperti menaati perjanjian yang mereka buat isinya.

Adapun yang dimuat dalam sebuah traktat pada umumnya adalah ketentuan-ketentuan hukum yang bersifat umum yang mengikat negara yang menandatanganinya. Ini berarti timbulnya traktat yang menciptakan hukum sehingga dapat digolongkan sebagai sumber hukum formil.


Pengertian Traktat dan Macam-Macam Traktat atau Perjanjian Internasional sebagai Sumber Hukum

Macam-macam traktat


Mengenai traktat, dikenal 3 macam traktat, yaitu traktat bilateral, traktat multilateral, dan traktat kolektif. 

Traktat bilateral adalah perjanjian internasional yang dibuat oleh dua buah negara. Contoh traktat bilateral antara lain adalah :
  1. Traktat antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Malaysia tentang perjanjian ekstradisi menyangkut kejahatan criminal biasa dan kejahatan politik.
  2. Traktat antara pemerintah Indonesia dan pemeritah Papua Nugini  tentang perjanjian perbatasan kedua negara.
  3. Traktat antara pemeritah Uni Soviet dengan Amerika Serikat tentang SALT II (Strategic Arms Limmination Treaty II) yang ditandatangai oleh Presiden Jimmy Carter  dan Ketua Presidium Soviet Tertingi Leonar Breznev.


Traktat multilateral adalah perjanjian internasional yang dibuat oleh lebih dari dua negara. Contoh perjanjian internasional multilateral antara lain :
  1. Perjanjian antara Indonesia, Singapura dan Malaysia tentang status Selat Malaka sebagai laut milik bersama ketiga negara tersebut dan bukan laut internasional.
  2. Perjanjian antara Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand tentang pembentukan ASEAN.
  3. Perjanjian kerja sama beberapa negara di bidang pertahanan dan ideologi seperti NATO.

Traktat kolektif atau traktat terbuka adalah perjanjian internasional yang boleh dimasuki negara lain. Contoh traktat terbuka adalah Piagam PBB atau Charter of the United Nations yang merupakan perjanjian banyak negara yang ingin mengadakan perdamaian dunia. Indonesia menjadi anggota yang ke 60.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian traktat dan macam-macam traktat atau perjanjian internasional yang dijadikan sebagai sumber hukum. Semoga bermanfaat.


loading...
Blog, Updated at: 21.38

0 komentar:

Posting Komentar