Pengertian Kebudayaan dan Unsur-Unsur Kebudayaan

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 20 Desember 2016

loading...

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian kebudayaan dan unsur-unsur kebudayaan. Kata kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal. Dengan demikian, kebudayaan diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan budi dan akal.

Kata kebudayaan dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan istilah culture dan dalam bahasa Belanda disebut cultuur. Kedua kata ini berasal dari bahasa Latin colere yang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan tanah. Dengan demikian, culture atau cultuur diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

Untuk menjelaskan mengenai pengertian kebudayaan dan unsur-unsur kebudayaan, maka berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

pengertian dan unsur kebudayaan


Pengertian kebudayaan


Melville J. Herkovits memandang kebudayaan sebagai suatu yang superorganic karena kebudayaan yang turun-temurun dari generasi ke generasi tetap hidup terus walaupun orang-orang yang menjadi anggota masyarakat senantiasa silih berganti disebabkan kelahiran dan kematian.

Pengertian kebudayaan menurut Koentjaningrat adalah keseluruhan sistem gagasan, tidakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

Definisi kebudayaan menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi yaitu semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya. Rasa yang meliputi jiwa manusia, mewujudkan segala kaidah-kaidah dan nilai-nilai sosial yang perlu untuk mengatur masalah-masalah kemasyarakatan dalam ideologi yang luas.


Unsur-unsur kebudayaan


Kebudayaan atau budaya setiap masyarakat tentu terdiri dari  unsur-unsur tertentu yang merupakan bagian dari suatu kebulatan. Ada beberapa pendapat ahli tentang unsur-unsur kebudayaan, sebagai berikut :

Melville J. Herskovits menyebutkan ada empat unsur pokok kebudayaan, yaitu :
  • Alat-alat teknologi
  • Sistem ekonomi
  • Keluarga
  • Kekuasaan politik


Bronislaw Malinowsky menyebutkan empat unsur kebudayaan sebagai berikut :
  • Sistem norma yang memungkinkan kerja sama antara anggota masyarakat.
  • Organisasi ekonomi.
  • Alat-alat dan lembaga atau petugas pendidikan seperti keluarga.
  • Organisasi kekuatan atau politik.

Clyde Kluckhohn menyebutkan tujuh unsur kebudayaan, sebagai berikut :
  • Peralatan dan perlengkapan hidup manusia (pakaian, perumahan, alat-alat rumah tangga, senjata, alat-alat produksi, transportasi, dan sebagainya).
  • Mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi, dan sebagainya).
  • Sistem kemasyarakatan (sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum, sistem perkawinan, dan seterusnya).
  • Bahasa (lisan maupun tertulis).
  • Kesenian (seni rupa, seni suara, seni gerak, dan sebagainya).
  • Sistem pengetahuan.
  • Sistem kepercayaan (religi).

Unsur-unsur pokok kebudayaan di atas disebut sebagai kebudayaan universal (cultural universals). Unsur-unsur kebudayaan ini masih dapat dipecah lagi menjadi unsur-unsur kebudayaan yang lebih kecil lagi. Ralph Linton menyebutnya sebagai kegiatan-kegiatan kebudayaan (cultural activity). Contohnya adalah cultural universals sistem mata pencaharian masih dipecah lagi atas cultural activity pertanian, peternakan, nelayan, perdagangan, dan sebagainya. 

Demikianlah penjelasan singkat pengenai pengertian kebudayaan dan unsur-unsur kebudayaan yang ada di dalam masyarakat. semoga bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 18.49

0 komentar:

Posting Komentar