Pengertian Kebutuhan dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 25 Desember 2016

Loading...

Pengertian kebutuhan


Apa sebenarnya kebutuhan itu, bisakah kita hidup jika kebutuhan kita tidak terpenuhi ? pengertian kebutuhan secara umum adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk menjaga kelangsungan hidupnya agar bisa tetap eksis. Semua manusia memiliki kebutuhan dalam kehidupannya yang apabila tidak terpenuhi, maka seorang individu akan merasa kekurangan dan merasa tidak puas. Contoh kebutuhan yang paling sederhana adalah makan dan minum. Tanpa makan dan minum maka manusia akan mati hanya dalam beberapa hari. Contoh kebutuhan lainnya adalam pakaian, tempat tinggal, barang mewah, televisi, olahraga, kosmetik, rekreasi, membaca buku, beribadah, dan lain-lain. Kebutuhan manusia bisa berupa barang dan jasa.

Sekarang tanyakan pada diri kamu sendiri, apa kebutuhan kamu sebagai anak sekolah ? pasti banyak bukan ? pakaian, makan, buku, pulpen, dan macam-macam kebutuhan lainnya. Untuk anak-anak sekolah yang kekinian, bahkan kamu mungkin lebih butuh android atau pulsa dari pada makanan.

Setiap kebutuhan manusia pasti berbeda-beda. Apa saja yang membedakan kebutuhan manusia itu? Tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh banyak faktor. Ada banyak faktor penyebab kebutuhan manusia tidak terbatas dan berbeda-beda. Berikut ini penjelasan mengenai hal tersebut.


Pengertian Kebutuhan dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Faktor penyebab kebutuhan manusia tidak terbatas


Kebutuhan manusia sangat banyak dan sangat beragam jumlahnya. Jika kebutuhan yang satu telah terpenuhi, maka kebutuhan manusia yang lainnya akan kita inginkan. Jika sekarang kita sudah punya tempat tinggal yang layak, maka kita menginginkan mobil mewah besok, jika sudah terpenuhi, maka kita menginginkan kapal pesiar atau jet pribadi. Manusia memang memiliki sifat yang tidak cepat puas dan menginginkan semua yang diinginkannya jika ia merasa kurang dalam hidupnya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai alasan penyebab kebutuhan manusia tidak terbatas dan selalu bertambah.


Usia


Di awal kelahiran, seorang bayi hanya butuh asi, pakaian, tempat tinggal dan kasih sayang orang tuanya untuk bertahan hidup. Seiring dengan berjalannya waktu, maka kebutuhan bayi bertambah seperti susu kaleng, makanan bayi, diapers, mainan. Menganjak satu tahun, maka kebutuhan bayi itu bertambah lagi. Ketika mulai masuk sekolah dan menjadi balita ia membutuhkan buku, pensil warna, dan  lain-lain untuk menjalani masa sekolah di taman kanak-kanak. Begitu seterusnya kebutuhan seorang manusia akan bertambah seiring dengan pertambahan usia.


Pendidikan


Di masa awal pendidikan kebutuhan seorang anak sekolah mungkin hanya buku tulis dan pulpen. Ketika masuk masa SMP, maka ia akan membutuhkan gadget baru atau bahkan kendaraan seperti motor. Di masa kuliah, kebutuhan semakin meningkat, misalnya saja laptop, alat-alat praktik, dan lain-lain. Hal ini menunjukkan bahwa tinggi rendahnya pendidikan akan menentukan kebutuhan seseorang. Sedangkan seorang anak yang putus sekolah kemungkinan besar hanya akan membutuhkan pekerjaan di usia yang sama jika ia tidak memiliki pendidikan yang cukup tinggi.


Teknologi


Perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan manusia berlomba-lomba untuk tidak merasa ketinggalan zaman. Akhinya, kebutuhan akan barang baru semakin tinggi. Kamera, Android, mobil, dan barang-barang hasil perkembangan teknologi terus berkembang baik model, fitur, fungsi maupun macamnya. Keinginan manusia untuk selalu mengikuti perkembangan zaman semakin mendorong tingginya keinginan manusia untuk memiliki produk terbaru yang pada akhirnya berdampak pada tingginya standar kebutuhan hidup manusia.


Pendapatan

Besarnya pendapatan manusia berpengaruh pada kebutuhan manusia. Ketika masih berpendapatan pas-pasan, seorang karyawan kantoran bisa puas hanya dengan memiliki sepeda motor. Ketika pendapatannya semakin bertambah, maka ia mulai menginginkan mobil sebagai kendaraannya. Begitulah kehidupan akan berputar. Ketika ia menjadi bos, ia akan membeli mobil mewah bahkan jet pribadi atau kapal pesiar.


Jumlah penduduk


Seiring dengar bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuha manusia akan semakin bertambah. Kita bisa melihat contohnya pada negara kita sendiri. Pada era orde baru, produksi pertanian kita masih mampu untuk mencukupi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia pada saat itu. Sekarang jumlah penduduk semakin bertambah sedangkan hasil pertanian tidak mengalami kemajuan yang berarti. Pada akhirnya, kita harus mengimpor beras dari Thailand atau negara lainnya.


Promosi produk atau iklan


Iklan yang semakin bertambah seiring dengan perkembangan tekologi sangat mempengaruhi calon konsumen. Pada awal tahun 2000-an, kita mengenal Nokia sebagai raja ponsel dunia asal Finlandia. Ketika Nokia tumbang, muncul produk lain yang gencar melakukan promosi dan belanja iklan seperti Samsung dan Apple. Pada akhirnya manusia yang semakin meningkat kebutuhannya mulai meninggalkan Nokia dan beralih ke Samsung atau Apple. Promosi iklan yang dilakukan Samsung dan Apple sangat mempengaruhi psikologi manusia untuk meningkatkan kebutuhan hidupnya.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kebutuhan dan faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kita bisa melihat bagaimana usia, pendidikan, teknologi, pendapatan dan iklan dapat mempengaruhi manusia sehingga kebutuhan manusia semakin bertambah. Sebagai manusia, kita tidak bisa mengatasi perkembangan zaman yang menuntut kita untuk meningkatkan standar kebutuhan hidup kita, tetapi setidaknya kita bisa lebih bijak agar kebutuhan kita tidak lebih besar pasak dari pada tiang.

Loading...
Blog, Updated at: 19.25

0 komentar:

Posting Komentar