Pengertian Kebutuhan Sekunder dan Contoh Kebutuhan Sekunder

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 21 Desember 2016

loading...

Apa pengertian kebutuhan sekunder itu ? sekarang coba kamu bayangkan ! kamu sudah memiliki tempat tinggal, sudah bisa makan setiap hari dan sudah menggunakan pakaian yang layak pakai. Apalagi yang kamu butuhkan ? meja, kursi, sepatu, tas, lemari, panci, piring, atau gelas. Itulah contoh barang sekunder. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai definisi kebutuhan sekunder dan contoh kebutuhan sekunder. Berikut ini adalah penjelasannya.


Pengertian kebutuhan sekunder


Pengertian kebutuhan sekunder secara umum adalah suatu kebutuhan yang akan  dipenuhi oleh seorang individu atau kelompok setelah memenuhi kebutuhan primernya. Kebutuhan sekunder juga dikatakan sebagai suatu kebutuhan yang berkaitan dengan status sosial seseorang dalam kehidupan bermasyarakat.

Kebutuhan sekunder erat kaitannya dengan faktor-faktor lingkungan, tradisi masyarakat, dan faktor-faktor psikologis. Sama halnya dengan kebutuhan primer, saat ini pengertian kebutuhan sekunder sudah tidak mutlak lagi.  Apakah suatu kebutuhan termasuk kebutuhan sekunder atau bukan bersifat subjektif. Artinya, bagi individu yang satu memiliki penafsiran yang berbeda mengenai kebutuhan sekunder.

Sebagai contoh, bagi orang miskin, televisi dan sepeda adalah kebutuhan sekunder. Sedangkan bagi masyarakat kelas menengah, televisi dan sepeda adalah kebutuhan primer untuk hiburan anak-anak mereka.


Contoh kebutuhan sekunder


Di atas, telah disebutkan bahwa kebutuhan sekunder bersifat subjektif bagi setiap individu yang ada di dalam masyarakat. Ada begitu banyak jenis kebutuhan yang bisa dikatakan sebagai kebutuhan sekunder. Berikut ini adalah contoh kebutuhan sekunder yang paling umum.
  • Alat-alat rumah tangga, seperti piring, gelas, panci, wajan, dan lain-lain merupakan contoh kebutuhan sekunder untuk seluruh masyarakat, baik miskin, menengah maupun yang kaya.
  •  Alat-alat mebel seperti meja, kursi, lemari, dan lain-lain yang menunjang kebutuhan primer.
  •  Alat-alat elektronik seperti rice cooker, televisi, kipas angin, mixer, dan lain-lain.
  •  sepeda, buku, alat tulis, merupakan contoh kebutuhan sekunder untuk masyarakat miskin.
  • Motor dan Smartphone, merupakan contoh kebutuhan sekunder bagi masyarakat kelas menengah dan yang tergolong kaya.
  • Mobil, bagi orang berpendapatan ratusan juta per bulan hanyalah kebutuhan sekunder.
Kita dapat melihat bahwa kebutuhan sekunder setiap individu berbeda-beda tergantung pada besar kecilnya pendapatan. Tingkat pendapatan masyarakat berpengaruh besar pada klasifikasi kebutuhan sekunder seseorang.

Pengertian Kebutuhan Sekunder dan Contoh Kebutuhan Sekunder


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kebutuhan sekunder dan contoh kebutuhan sekunder. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

loading...
Blog, Updated at: 19.30

0 komentar:

Posting Komentar