Pengertian Kelangkaan dan Faktor Penyebab Kelangkaan Barang dan Jasa dalam Ilmu Ekonomi

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 23 Desember 2016

Loading...

Pengertian kelangkaan


Banyaknya kebutuhan manusia yang tidak sebanding dengan pasokan sumber daya alam dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan barang dan jasa. Pengertian kelangkaan secara umum adalah suatu kondisi dimana barang yang kita butuhkan tidak tersedia atau sulit untuk ditemukan atau sudah jarang ada. Kelangkaan barang dan jasa terjadi karena barang dan jasa hasil produksi berkurang di pasaran karena banyak faktor.

Di satu sisi, kebutuhan manusia tidak terbatas jumlahnya, sedangkan di sisi lain sumber daya alam yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya tersebut sangat terbatas.  Dengan kata lain, sumber daya alam yang ada tidak mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan yang ada atau relative kurang dibandingkan yang dibutuhkan. Di sinilah timbul kelangkaan, karena kebutuhan manusia yang tanpa batas sementara sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan bersifat langka atau terbatas.

Pengertian Kelangkaan dan Faktor Penyebab Kelangkaan Barang dan Jasa dalam Ilmu Ekonomi

Faktor penyebab terjadinya kelangkaan


Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan barang dan jasa, antara lain sebagai berikut :


Keterbatasan sumber daya alam


Seperti sudah disinggung di atas, sumber daya alam yang terbatas jumlahnya lambat laun akan semakin sulit dicari. Alam memang menyediakan sumber daya alam yang cukup melimpah, akan tetapi, kita perlu tahu bahwa sumber daya yang ada di alam jumlahnya terbatas dan jika selalu digunakan maka akan mengalami kelangkaan bahkan habis. Sebagai contoh bisa kita lihat pada harga minyak yang semakin lama semakin naik karena jumlah cadangan minyak di bumi. Bahkan diprediksi dalam beberapa decade lagi jumlah minyak akan habis di bumi.


Perbedaan letak geografis


Sumber daya alam yang ada tidak tersebar merata di seluruh dunia. Di Timur Tengah misalnya mengandalkan minyak sebagai hasil bumi utamanya, sedangkan di Indonesia mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan. Hal itu menyebabkan harga minyak di Timur Tengah cenderung murah karena memiliki jumlah yang melimpah sedangkan di Indonesia harga minyak cenderung mahal. Contoh lain bisa kita lihat di Eropa, di mana harga sayuran lebih mahal dari pada harga daging, karena sayuran cukup langka hidup di daerah beriklim dingin.


Pertambahan jumlah penduduk


Pertumbuhan penduduk selalu lebih cepat dibandingkan pertumbuhan produksi barang dan jasa, sehingga menyebabkan terjadinya kelangkaan. Thomas Malthus, seorang ahli ekonomi mengamati hal ini dan menurutnya  manusia tumbuh mengikuti deret ukur (1,2,4,8,16, dan seterusnya). Sedangkan produksi hanya tumbuh mengikuti deret hitung (1,2,3,4,5, dan seterusnya).


Keterbatasan kemampuan produksi


Ketika faktor-faktor produksi mengalami keterbatasan, maka dipastikan akan terjadi kelangkaan. Misalnya saja, faktor produksi manusia mengalami sakit, lelah atau bosan, maka kapasitas produksi akan berkurang. Begitu pula jika faktor produksi modal dan barang tidak tersedia, maka kelangkaan merupakan imbas dari menurunnya kemampuan produksi tersebut.


Bencana alam


Mengapa bencana alam bisa menyebabkan terjadinya kelangkaan barang dan jasa ? Gempa bumi, banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya akan menyebabkan berkurangnya faktor produksi modal dan tenaga kerja. Kurangnya tenaga kerja dan modal berdampak langsung pada kegiatan produksi dan merupakan faktor penyebab terjadinya kelangkaan.


Kerusakan sumber daya alam karena ulah manusia


Sumber daya alam yang sudah terbatas, ditambah lagi dengan keserakahan manusia pasti menyebabkan terjadinya kelangkaan. Sebagai contoh adalah hutan gundul karena penebangan liar yang bukan hanya menyebabkan kelangkaan kayu, tetapi juga kelangkaan barang lain karena hutan yang gundul sudah tidak produktif.


Perang


Perang, baik antar negara atau pun antar warga masyarakat akan berdampak pada terjadinya kelangkaan barang dan jasa. Kegiatan produksi akan terhenti, masyarakat akan mengungsi, dan berkurangnya jumlah tenaga kerja karena kematian berdampak langsung pada terjadinya kelangkaan. Kita bisa melihat kenyataan tersebut di negara-negara Timur Tengah yang sering dilanda konflik. Terkadang suatu kota mengalami kelaparan berhari-hari akibat tidak adanya distribusi barang dan jasa. Hal ini kemudian mendorong terjadinya imigrasi.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kelangkaan dan faktor penyebab kelangkaan barang dan jasa. Semoga bermanfaat untuk kita semua.



Loading...
Blog, Updated at: 19.18

0 komentar:

Posting Komentar