Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 22 Desember 2016

loading...

Pengertian mengenai perencanaan atau definisi perencanaan sanga banyak karena terletak pada kenyataan bahwa kegiatan merencanakan ditemukan dalam semua ungkapan kehidupan sehari-hari. Perencanaan dapat diuraikan sebagai penentuan tindakan untuk waktu yang akan datang, dan jika perencanaan itu kita perlukan lebih metodis, maka kita dapat menguraikannya dengan pengkoordiasikan kegiatan-kegiatan lainnya pada masa yang akan datang pada waktunya. Jadi, perencanaan bukan hanya memandang ke depan tetapi juga terjun pada momentumnya, dan bila perlu ikut menangani proses perencanaan tersebut sampai selesai. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian perencanaan menurut para ahli ;

Definisi perencanaan menurut E.E. Kast dan Jim Rosenzweig, menyatakan bahwa perencanaan adalah suatu kegiatan yang terintegrasi, yang bertujuan untuk memaksimalkan efektivitas keseluruhan usaha, sebagai suatu sistem sesuai dengan tujuan organisasi yang bersangkutan. Fungsi perencanaan antara lain untuk menetapkan aran dan strategi serta titik awal kegiatan supaya dapat membimbing dan memperoleh ukuran yang dipergunakan dalam pengawasan agar tercegah pemborosan waktu dan faktor produksi lainnya.

Pengertian perencanaan menurut William H. Newman dalam bukunya berjudul Administrative Action dengan gamblang menyatakan bahwa perencanaan adalah penentuan terlebih dahulu apa yang dikerjakan (planning is deciding in advance what is to be done).

Menurut George R. Terry, perencanaan adalah memilih dan menghubungkan fakta dan membuat serta menggunakan asumsi mengenai masa yang akan datang dengan jalan menggambarkan dan merumuskan kegiatan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Billy E. Goetz menyatakan bahwa perencanaan adalah pemilihan yang fundamental dan sebuah perencanaan timbul hanya jika alternative pemecahan telah ditemukan.

Menurut Drs. Malayu Hasibuan, rencana adalah sejumlah keputusan yang menjadi pedoman untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Pengertian perencanaan menurut F.X. Soedjadi, perencanaan merupakan proses kegiatan pemikiran, dugaan, dan penentuan prioritas yang harus dilakukan secara rasional sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Sarwoto menganggap bahwa perencanaan adalah suatu gejala yang umum dan mutlak diperlukan, terutama bagi usaha-usaha yang mempunyai lapangan yang luas. Selain dari itu perencanaan urgensinya esensial, serta merupakan fungsi pertama yang harus dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan. Jadi, perencanaan merupakan persiapan yang teratur dari setiap usaha untuk mewujudkan tujuan. Sehingga unsur-unsurnya terdiri dari tujuan, kebijakan, prosedur, program, dan progress.

Buchari Zaitun menyatakan bahwa  perencanaan adalah persiapan bagi setiap perbuatan, dan juga merupakan proses peletakan dasar bagi setiap perbuatan yang akan dilaksanakan.  Jadi perencanaan pada dasarnya terdapat pada setiap perbuatan manusia yang sadar, secara ilmiah, bergerak terus menerus.

Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian perencanaan dan macam-macam perencanaan. Semoga bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 19.01

0 komentar:

Posting Komentar