Pengertian Struktur Sosial dan Unsur-Unsur Struktur Sosial

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 22 Desember 2016

Loading...

Apa yang kamu ketahui tentang pengertian struktur sosial dan unsur-unsur struktur sosial ? setiap individu memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelemahan inilah yang menyebabkan manusia sering tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan ini menyebabkan manusia harus hidup bersama dan bermasyarakat. Ketika berkumpul dan bermasyarakat, individu-individu tersebut memiliki status dan peran tertentu.  Status dan peran inilah yang kemudian akan membentuk struktur/tatanan di masyarakat. Struktur tersebut dinamakan struktur sosial.

Secara harfiah, struktur bisa diartikan sebagai susunan atau bentuk. Struktur tidak melulu harus berarti fisik, ada pula struktur yang berkaitan dengan sosial. Menurut ilmu sosiologi, struktur sosial adalah  tatanan atau susunan sosial yang membentuk kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat. Susunanya bisa vertikal atau horizontal.

Contoh susunan sosial yang vertikal adalah adanya kelompok orang kaya, menegah, dan miskin. Kelompok orang kaya menempati tempat teratas, kelompok menegah menempati tempat ke dua dan kelompok miskin berada di tempat terbawah. 

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian struktur sosial, maka berikut ini adalah beberapa definisi struktur sosial yang dikemukakan oleh para ahli sosiologi terkemuka dunia.

George Simmel menyatakan bahwa struktur sosial adalah kumpulan individu serta pola perilakunya.

George C. Homans menyatakan bahwa struktur sosial merupakan hal yang memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari.

William Kornblum mengemukakan pengertian struktur sosial sebagai susunan yang dapat terjadi karena adanya pengurangan pola perilaku individu.

Soerjono Soekanto mendefiniskan struktur sosial sebagai hubungan timbal balik antara posisi-posisi dan peranan-peranan sosial.

Berdasarkan pengertian struktur sosial dari para ahli di atas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa di setiap struktur sosial yang muncul di kehidupan masyarakat bisa terjadi karena adanya unsur-unsur struktur sosial sebagai berikut :
  • Individu sebagai pembentuk masyarakat dalam hal ini juga bertindak selaku pembentuk struktur sosial. Tidak ada sebuah struktur sosial yang bisa berdiri tanpa peranan individu-individu dalam masyarakat.
  • Interaksi, walaupun sederhana, pola interaksi antarindividu dalam masyarakat juga membentuk struktur sosial. Di sinilah ditentukan apakah struktur sosial yang dibentuk mengarah pada integrasi maupun disintegrasi.

pegertian struktur sosial


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian struktur sosial dan unsur-unsur struktur sosial. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 18.59

0 komentar:

Posting Komentar