Pengertian Identifikasi dan Contohnya dalam Sosiologi

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 07 Januari 2017

Loading...

Pengertian identifikasi dalam sosiologi adalah kecenderungan seseorang untuk mengidentikkan dirinya dengan orang lain yang ia idolakan. Orang yang melakukan identifikasi selalu merasa menjadi orang yang ia kagumi. Proses identifikasi ini berlangsung secara sadar maupun tidak sadar.

Identifikasi merupakan proses lanjutan dari imitasi. Orang yang melakukan imitasi hanya meniru apa yang subjek lain lakukan. Tetapi dalam identifikasi, ia menganggap bahwa dirinya adalah idolanya. Ia menganggap dirinya sama dengan yang ditirunya. Proses ini terjadi melalui proses kejiwaan yang sangat mendalam dan sulit dipahami oleh orang yang normal.

Dibandingkan dengan proses imitasi, maka proses identifikasi ini lebih memiliki banyak nilai negatif. Mengapa ? karena pihak yang melakukan identifikasi akan kehilangan jati diri dan tidak memiliki karakter. Apalagi jika hal yang ditirunya adalah hal yang negatif.

Dalam proses identifikasi, individu yang ditiru oleh seseorang adalah individu yang sangat terkenal. Entah ia pernah bertemu dengan individu tersebut atau tidak. 

Contoh identifikasi antara lain adalah :
  • Ada seorang anak yang sering dibully ketika kecil. Ketika ia besar, ia menemukan sosok Lady Gaga yang memiliki nasib sama ketika masih kecil. Akhirnya, anak tersebut akan meniru segala hal yang ada pada diri Lady Gaga, mulai dari penampilan, cara bernyanyi, aksi panggung, hingga mencoba untuk menyamakan gaya hidupnya dengan Gaga. Apa yang dilakukan anak tersebut dengan mengidentifikasikan diri dengan Lady Gaga sebenarnya tidak perlu dilakukan.
  • Pernah dengar nama Valeria Lukyanova dan Justin Jedlica ? mereka adalah orang yang mengubah penampilannya agar mirip boneka Barbie dan Ken. Figur yang mereka tiru tidak benar-benar ada di dunia nyata.
  • Seorang pria asal Filipina bernama Hubert Chavez melakukan operasi sebanyak 23 kali untuk mengubah wajahnya menjadi Superman. Ia telah jatuh cinta dan terobsesi pada karakter superhero itu sejak berusia lima tahun. Ia bahkan ingin menyuntikkan barang illegal ke otot dadanya agar terlihat sesuai dengan postur Superman. Jika saja dkter tidak memberinya penjelasan bahwa Superman membentuk otot dadanya dengan cara olahraga dan diet teratur, mungkin hal itu sudah terjadi. Bayangkan, betapa percayanya ia dengan Superman. 

Terkadang kita kesulitan membedakan proses imitasi dan identifikasi. Bahkan ada yang mengartikannya terbalik. Identifikasi itu mengidnetikkan diri dengan orang lain. Ingat, “IDENTIK”. Jadi para pelaku identifikasi menyamakan dirinya sama persis dengan orang yang ia tiru, sehingga identifikasi lebih parah dari pada imitasi. Bayangkan saja, mereka menjalani hidup sesperti orang lain.

pengertian dan contoh identifikasi


Identifikasi akan membuat seorang individu kehilangan jati dirinya, sehingga tidak perlu dilakukan. Demikianlah penjelasan mengenai pengertian identifikasi dan contoh identifikasi. Semoga bermanfaat.

Loading...
Blog, Updated at: 03.12

0 komentar:

Posting Komentar