Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 07 Januari 2017

Loading...

Manusia hidup di dalam suatu tempat bersama organisme lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Tempat tinggal organisme itulah yang disebut dengan lingkungan hidup. Saat ini isu-isu lingkungan banyak bermunculan karena banyaknya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Pada kesempatan ini, maka ensikloblogia akan membahas mengenai unsur-unsur lingkungan yang meliputi unsur abiotik dan unsur biotik. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai unsur-unsur lingkungan itu.


Unsur abiotik


Berdasarkan asal katanya kita sudah bisa menebah bahwa unsur abiotik adalah unsur-unsur yang terdapat dalam lingkungan yang tidak hidup. Unsur abiotik meliputi benda-benda mati. Unsur abiotik lingkungan antara lain adalah air, udara, dan tanah.

Air yang berada di permukaan bumi dan tergenang sebagai rawa, sungai, laut, waduk, maupun danau. Air menjadi unsur lingkungan yang sangat penting karena tanpa air makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup. Air merupakan komponen utama penyusun tubuh makhluk hidup. Saat ini banyak isu mengenai pencemaran air di tengah-tengah merebaknya industri.

Udara merupakan unsur abiotik lingkungan yang berperan besar pada proses pernapasan manusia. Udara mengandung banyak gas-gas penting seperti oksigen, hydrogen, nitrogen, argon, karbondioksida, ozon, dan lain-lain. Saat ini isu yang paling erat dengan pencemaran udara adalah isu global warming yang dikatakan akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Salah-satu cara mengatasi masalah global warming ini adalah dengan cara menanam banyak pohon dan menciptakan ruang terbuka hijau.

Manusia membutuhkan tanah untuk hidup karena semua organisme yang dibutuhkan manusia hidup di permukaan bumi. Tanah merupakan batuan yang sudah lapuk bercampur dengan organisme yang telah mati, udara, dan air. Tanah merupakan unsur lingkungan yang sangat penting, karena tanah berperan sebagai tempat tumbuhnya tanaman, tempat menyimpan cadangan air, dan tempat tinggal bagi makhluk hidup.


Unsur biotik


Unsur biotik lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di permukaan bumi yang berupa makhuk hidup atau organisme, misalnya manusia, hewan dan tumbuhan. Kelompok ekologi biotik meliputi berbagai macam jenis dan spesies makhluk hidup. Ekosistem biotik dibedakan menjadi dua, yaitu produsen dan konsumen.

Yang tergolong produsen adalah makhluk hidup yang bisa membuat makanannya sendiri. Contohnya adalah tumbuhan hijau yang bisa menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Tumbuhan hijau menjadi produsen untuk makhuk hidup lain seperti hewan dan manusia.

Yang diklasifikasikan sebagai konsumen adalah makhuk hidup yang tidak mampu membuat makanannya sendiri sehingga membutuhkan makhluk hidup lain. Konsumen adalah makhluk hidup heterotroph yang butuh makan organisme lain agar bisa bertahan hidup. Beberapa contoh organisme yang tergolong konsumen antara lain adalah herbivora, karnivora, omnivora, dan lain-lain.


unsur-unsur lingkungan hidup

Unsur sosial dan budaya


Manusia adalah bagian dari unsur-unsur lingkungan yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, sama halnya dengan organisme lain, manusia juga membutuhkan kelestarian lingkungannya. Pengaruh manusia pada lingkungan sangat besar, karena manusia bisa merusak, mamelihara, dan memperbaiki lingkungannya dengan kehidupannya.

Demikianlah penjelasan mengenai unsur-unsur lingkungan yang meliputi unsur biotik, unsur abiotik, dan unsur sosial budaya.  

Loading...
Blog, Updated at: 03.17

0 komentar:

Posting Komentar