Pengertian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta Tujuan dan Fungsi Dana BOS Bagi SD dan SMP Negeri dan Swasta

Posted by Ensikloblogia on Senin, 27 Februari 2017

loading...

Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai Bantuan Operasional Sekolah, selanjutnya disingkat BOS.  Dalam buku pelaksanaan penyaluran dan pengelolaan dana BOS wajib berpedoman pada buku panduan pelaksanaan BOS yang diterbitkan setiap tahun oleh Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama sebagai departemen yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan dan pengelolaan program ini.

Dalam panduan itu dijelaskan bahwa BOS adalah program pemerintah yang berasal dari realokasi dana subsidi BBM di bidang pendidikan. Program ini bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu dan meringankan siswa lain. Dengan BOS, siswa diharapkan dapat memperoleh pendidikan yang bermutu sampai Sembilan tahun. Sasaran program BOS adalah seluruh siswa SD dan SMP, naik negeri maupun swasta di seluruh provinsi Indonesia.

Pengertian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta Tujuan dan Fungsi Dana BOS Bagi SD dan SMP Negeri dan Swasta


Pengertian BOS dan penggunaan dana BOS


BOS adalah program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Jenis kegiatan yang dapat dibiayai dengan menggunakan dana BOS antara lain adalah :
  1. Pembiayaan seluruh kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru, meliputi biaya pendaftaran, penggandaan formulir, administrasi pendaftaran dan pendaftaran ulang serta kegiatan lain yang berkaitan dengan penerimaan siswa baru.
  2. Pembelian buku refernsi sebagai koleksi di perpustakaan.
  3. Pembelian buku pelajaran sebagai untuk koleksi perpustakaan.
  4. Pembiayaan kegiatan remedial, pembelajaran pengayaan, olahraga, kesenian, karya ilmiah remaja, palang merah, pramuka, dan sejenisnya.
  5. Pembiayaa ulangan harian, ulangan umum, dan ujian sekolah.
  6. Pembelian barang habis pakai seperti buku tulis, kapur, spidol, kertas, bahan praktikum, dan lain-lain.
  7. Pembiayaan langganan daya dan jasa, yaitu listrik, air, telepon, termasuk untuk pemasangan baru jika sudah ada jaringan di sekitar sekolah.
  8. Pembiayaan perawatan sekolah, yaitu pengecatan, perbaikan atap bocor, perbaikan pintu dan jendela,  perbaikan sanitasi dan lain-lain.
  9. Biaya untuk membayar tenaga guru honorer.
  10. Pengembangan profesi guru seperti pelatihan, KKG/MGMP dan KKKS/MKKS.
  11. Pemberian biaya transprtasi bagi siswa miskin yang menghadapi masalah transportasi ke sekolah.
  12. Pembiayaan pengelolaan BOS seperti alat kantor, penggandaan, surat menyurat, insentif bagi bendahara, dan lain-lain.
  13. Pembelian computer desktop untuk kegiatan pembelajaran di sekolah.
  14. Jika dana BOS telah digunakan untuk semua kegiatan di atas, dan masih tersisa, maka sisa dana BOS tersebut digunakan untuk membeli alat peraga,media pembelajaran, mesin ketik dan mebeler sekolah.


Tujuan BOS dan fungsi dana BOS bagi SD dan SMP negeri dan swasta


Secara umum program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka program wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Secara khusus, program BOS bertujuan untuk :
  1. Menggratiskan seluruh siswa miskin di tingkat pendidikan dasar dari beban biaya operasional sekolah, baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta.
  2. Menggratsikan seluruh siswa SD negeri dan SMP negeri  terhadap biaya operasional sekolah, kecuali pada rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) dan sekolah bertaraf internasional (SBI).
  3. Meringankan beban biaya bagi siswa di sekolah swasta.


Fungsi dana BOS bagi SD dan SMP negeri adalah :

  1. Menggratiskan seluruh siswa miskin.
  2. Menggratiskan seluruh siswa SD dan SMP negeri terhadap biaya operasi sekolah.
  3. Sekolah berkategori RSBI dan SBI diperbolehkan memungut dana dari orang tua siswa yang mampu dengan persetujuan komite sekolah.
  4. Pemda wajib memenuhi kekurangan biaya operasional dari APBD bila BOS dari Depdiknas belum mencukupi.
  5. Semua sekolah negeri wajib menerima dana BOS. Bila sekolah menolak BOS, maka sekolah itu dilarang memungut biaya dari peserta didik, orang tua, atau wali peserta didik.
  6. Biaya investasi menjadi tanggung jawab pemerintah dan/atau pemerintah daerah.


Fungsi dana BOS bagi SD dan SMP swasta adalah :

  1. Menggratiskan seluruh siswa miskin.
  2. Meringankan beban biaya operasi sekolah bagi siswa di sekolah swasta.
  3. Pemda wajib mengendalikan pungutan biaya operasional di SD dan SMP swasta sehingga  siswa miskin bebas dari pungutan tersebut.
  4. Tidak ada pungutan berlebihan pada siswa mampu.
  5. Sekolah penerima BOS adalah semua sekolah swasta yang telah memiliki izin operasional.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian BOS, fungsi dana pos, tujuan dana BOS, dan penggunaan dana BOS. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

loading...
Blog, Updated at: 19.11

0 komentar:

Posting Komentar