Pengertian Ideologi, Dimensi Ideologi dan Peran Ideologi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Posted by Ensikloblogia on Senin, 27 Februari 2017

loading...

Pengertian ideologi

Secara etimologi  ideologi  berasal dari bahasa Yunani  yaitu  “ideos”  dan “logos”. Ideos  berarti  
idea,  gagasan,  cita-cita,  ataupun konsep. Sedangkan  logos  berarti ilmu  ajaran ataupun paham. Jadi ideologi adalah  ilmu atau ajaran tentang ide-ide,  gagasan,  atau cita-cita tertentu. Selanjutnya ideologi  menurut makna yang dikandungnya  berarti suatu ilmu atau jalan yang  mendukung ide atau cita-cita yang bersifat  tetap dan sekaligus merupakan dasar pandangan ataupun paham.


Jorge Larrain  dalam bukunya “ The Concept of Ideology”  menjelaskan bahwa  ideologi is a set of belief  yaitu setiap individu atau kelompok masyarakat  memiliki suatu sistem kepercayaan  yang mengenal  sesuatu yang dipandang bernilai  dan menjadi kekuatan motivasi bagi para pelaku individu atau kelompok masyarakat. 

Nilai-nilai itu dipandang sebagai cita-cita  yang menjadi landasan bagi cara pandang  cara pikir  dan cara bertindak seseorang atau bangsa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang  dihadapinya. 

Dengan demikian dapat dipahami bahwa  ideologi adalah  seperangkat sistim nilai  yang diyakini kebenarannya  oleh suatu bangsa  yang digunakan sebagai dasar untuk  menata masyarakat dalam negara. Ideologi mengandung nilai-nilai dasar  yang hidup dalam masyarakatnya  dan terkristalisasi dalam falsafah negara.
Pengertian Ideologi, Dimensi Ideologi dan Peran Ideologi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara


Dimensi-dimensi ideologi 


Dimensi  realitas 

Pada dimensi ini  ideologi merupakan pencerminan realitas hidup  dalam masyarakat  nilai-nilai yang terkandung dalamnya  bersumber dari nilai yang hidup dalam masyarakat penganutnya  sehingga mereka tidak aktif dan merasa dipaksakan untuk melaksanakannya  karena nilai-nilai dasar itu telah menjadi milik mereka bersama.

Dimensi idealitas

Ideologi mengandung nilai-nilai dalam  berbagai bidang kehidupan  yang ingin dicapai oleh masyarakat penganutnya. Cita-cita yang dimaksud bentuknya  berisi harapan harapan yang ingin mungkin direalisasikan. 

Dimensi normalitas

Artinya ideologi mengandung nilai yang bersifat mengikat masyarakatnya  berupa norma-norma  atau aturan aturan yang harus dipatuhi yang sifatnya positif.  


Dimensi fleksibilitas 

Disini  ideologi seyogyanya dapat  mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Dimensi ini terutama terdapat pada ideologi yang bersifat terbuka dan demokratis.


Peranan ideologi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara


Ideologi  mengandung nilai-nilai dasar,  norma-norma dan cita-cita yang ingin diwujudkan oleh masyarakat penganutnya. Oleh karena itu ideologi memiliki tiga peran dasar  yaitu sebagai dasar, arah, dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan bermasyarakat  berbangsa dan bernegara.

Peran ideologisebagai dasar, artinya ideologi merupakan pangkal tolak,  asas atau pondasi atas  nama semua kegiatan kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara dibangun, dan dasar tersebut umumnya berasal dari nilai-nilai yang berkembang  dan hidup dalam kehidupan masyarakat itu sendiri (dimensi realitas).  Pancasila sejak awal pembahasannya  memang direncanakan untuk dijadikan dasar negara tanggal  18 Agustus 1945. Sidang PPKI menempatkan secara resmi Pancasila sebagai dasar negara kesatuan Republik Indonesia.

Peran ideologi sebagai pengarah  artinya ideologi berperan sebagai pengatur dan pengendalian kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara  berupa norma-norma atau aturan aturan yang harus dipatuhi agar arah untuk mencapai cita-cita atau tujuan tidak menyimpang (dimensi normalitas). Di sini Pancasila menjelmakan diri  sebagai pengarah pengendalian di dalam setiap gerak tata kehidupan berbangsa dan bernegara. Peran sebagai pengarah yang ditunjukkannya  pada kedudukan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber  segala peraturan hukum dan perundang-undangan yang ada di negara kesatuan Republik Indonesia.

Peran ideologi sebagai tujuan  artinya semua aktivitas dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara  akhirnya mengarah pada satu tujuan atau cita-cita yang terkandung dalam ideologi yang dipakai. Pancasila sebagai ideologi nasional  akan memberikan motivasi semangat untuk melaksanakan pembangunan bangsa secara adil seimbang untuk mencapai tujuan yang tercantum dalam pembukaan undang-undang Dasar 1945.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian ideologi, dimensi-dimensi ideologi dan peran ideologi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semoga bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 19.18

0 komentar:

Posting Komentar