Pengertian Sertifikasi Guru, Tujuan dan Manfaat Sertifikasi Guru

Posted by Ensikloblogia on Senin, 27 Februari 2017

Loading...

Pengertian sertifikasi guru

Secara umum pengertian sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesi guru. Sertifikat adalah dokumen resmi yang menyatakan bahwa informasi yang ada di dalamnya benar adanya. 

Sertifikasi adalah proses pembuatan dan pemberian dokume tersebut. Guru yang telah memiliki sertifikat berarti telah mempunyai kualifikasi mengajar seperti yang dijelaskan di dalam sertifikat itu.

Sertifikasi dilakukan dengan mendata semua yang dimiliki setiap guru. Data tersebut dapat berupa ijazah, diploma, tanda lulus kursus, maupun tanda mengikuti pelatihan. Data juga bisa berupa hasil karya ilmiah atau kepesertaan dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Guru yang memiliki banyak kegiatan dan rajin menyimpan dokumen kegiatan akan mudah mengikuti proses sertifikasi.

Melalui proses sertifikasi guru, Depdiknas mengajak para guru untuk melakukan tertib administrasi dan tertib dokumentasi. Depdiknas membantu para guru untuk memahami lebih dulu  cara memilah-milah jenis dokumen yang akan didokumentasikan.

Sertifikat pendidik adalah sertifikat yang ditandatangani oleh perguruan tinggi penyelenggara sertifikasi sebagai bukti formal pengakuan profesionalitas guru yang diberikan kepada guru sebagai tenaga kerja professional. Dalam pengertian ini, pendidik mencakup guru dan dosen. Sertifikasi yang dilakukan terhadap guru disebut sertifikasi guru sedangkan sertifikasi yang dilakukan terhadap dosen disebut sertifikasi dosen.

Pengertian Sertifikasi Guru, Tujuan dan Manfaat Sertifikasi Guru

Tujuan dan manfaat sertifikasi guru


Ada banyak tujuan sertifikasi guru. Berikut ini adalah beberapa tujuan utama sertifikasi guru yang perlu kita ketahui :
  1. Menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Agen pembelajaran berarti pelaku proses pembelajaran, bukan broker pembelajaran. Bila belum layak, guru perlu mengikuti pendidikan formal tambahan atau pelatihan professional tertentu.
  2. Meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan. Selain ditentukan oleh kecerdasan dan upaya siswa yang bersangkutan, mutu siswa juga ditentukan oleh mutu guru dan mutu proses pembelajaran sehingga perlu adanya sertifikasi guru.
  3. Meningkatkan martabat guru. Martabat guru akan semakin meningkat dengan adanya sertifikasi guru, Karena dengan segala pendidikan formal yang dilakukan maka diharapkan guru akan memberi kemajuan lebih banyak kepada siswanya.
  4. Meningkatkan profesionalitas guru. Mutu profesionalitas guru banyak ditentukan oleh pendidikan, pelatihan, dan pengembangan diri lain guru yang bersangkutan. Sertifikasi guru dapat dijadikan sebagai langkah awal menuju guru yang professional.


Manfaat sertifikasi guru yang paling utama antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Melindungi profesi guru dari praktik-praktik tidak kompeten yang dapat merusak citra dan profesi guru. Hal ini sangat penting mengingat saat ini guru dituntut untuk mengandalkan ilmu praktik kependidikan dalam pengajaran, bukan dengan memukul dan mengancam siswa.
  2. Melindungi masyarakat dari praktik-praktik yang tidak berkualitas dan tidak professional. Dengan adanya sertifikasi guru, maka masyarakat akan menilai sekolah berdasarkan  mutu guru dan mutu proses pembelajaran dalam kelas.
  3. Meningkatkan kesejahteraan guru. Ini adalah poin paling penting. Dengan adanya sertifikasi guru, maka guru akan memiliki penghasilan yang lebih layak dan bukan mendapat imbalan ecek-ecek.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sertifikasi guru, tujuan sertifikasi guru, dan manfaat sertifikasi guru. Semoga bermanfaat untuk kita semua.  

Loading...
Blog, Updated at: 19.27

0 komentar:

Posting Komentar