Ciri-Ciri Pasar Monopoli dan Kelebihan Serta Kekurangan Pasar Monopoli

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 31 Maret 2017

loading...

Pasar monopoli akan terjadi pada kondisi ketika pasar hanya terdapat satu penjual dan barang yang dijual tersebut tidak ada penggantinya serta jumlah pembelinya sangat banyak. Untuk mengetahui ciri-ciri pasar monopoli dan kelebihan dan kekurangan pasar monopoli, maka terlebih dahulu kita perlu tahu pengertian pasar monopoli.


Pengertian pasar monopoli


Pasar monopoli merupakan suatu bentuk pasar yang terdiri dari satu penjual. Seluruh penawaran dikuasai oleh satu penjual. Monopoli terjadi karena terdapat faktor-faktor penghambat bagi penjual lain untuk masuk ke pasar tersebut. Faktor penghambat tersebut terdiri atas penghambat teknis dan legal.

Faktor penghambat teknis terjadi karena penjual mampu menghasilkan produk secara inovatif, misalnya menemukan cara berproduksi yang baru, teknologi atau faktor produksi yang baru. Faktor penghambat legal terjadi jika penjual dalam menghasilkan atau menjual produknya diberi hak monopoli oleh pemerintah.

Hal ini akan mengakibatkan tertutupnya peluang penjual lain untuk menghasilkan dan menjual produk tersebut. Misalnya, PLN atau Perusahaan Listrik Negara adalah satu-satunya perusahaan yang mengelola listrik di Indonesia. Listrik adalah barang yang sangat vital bagi masyarakat dan tidak ada barang yang sangat bisa menggantikan listrik.

ciri pasar monopoli
contoh perusahaan monopoli

Ciri-ciri pasar monopoli


Berikut ini adalah ciri-ciri pasar monopoli yang perlu anda tahu :


Terdapat satu perusahaan atau penjual

Dengan hanya ada satu perusahaan, konsumen tidak dapat membeli barang dan jasa di tempat lain. Konsumen akan menerima semua kebijakan yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Di sisi lain, barang yang dijual tidak mempunyai kualitas bagus karena tidak memiliki pesaing.


Tidak mempunyai barang pengganti yang dekat

Barang yang dihasilkan oleh perusahaan yang memonopoli perdagangan tidak dapat digantikan oleh barang lain sehingga konsumen tidak mempunyai pilihan lain, selain menggunakan barang dan jasa yang disediakan oleh perusahaan monopoli.


Perusahaan sebagai penentu harga (piece maker)

Sebagai satu-satunya perusahaan dalam pasar, perusahaan dapat menentukan tingkat harga. Jika perusahaan ingin memproduksi banyak barang, perusahan harus menurunkan harga di pasar.


Adanya hambatan bagi perusahaan lain atau penjual lain untuk memasuki pasar

Dalam pasar monopoli, adalah hal yang lumrah bagi perusahaan lain untuk memasuki pasar. Adanya hambatan ini menguntungkan pelaku monopoli karena penjual lain tidak bisa masuk sehingga keuntungan perusahaan tetap besar.


Tidak memerlukan iklan

Ciri pasar monopoli lainnya adalah tidak adanya iklan. Dengan hanya adanya satu penjual, maka perusahaan tidak perlu menarik pembeli dengan cara mengiklankan produk yang dijualnya. Iklan dibutuhkan untuk mempertahankan hubungan baik antara penjual dan pembeli.


Kelebihan dan kelemahan pasar monopoli


Kelebihan pasar monopoli antara lain sebagai berikut :
  1. Dengan keuntungan yang diperolehnya, perusahaan dapat melakukan penelitian atau pengembangan produknya.
  2. Adanya efisiensi usaha karena produksinya dilakukan dalam skala besar.

Kekurangan pasar monopoli antara lain sebagai berikut :
  1. Tidak adanya pemerataan distribusi pendapatan.
  2. Kemungkinan harga yang ditetapkan tidak dalam tingkat rendah.
  3. Masyarakat tidak banyak memilih pilihan dalam mengonsumsi barang dan jasa.


Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri pasar monopoli, pengertian pasar monopoli, serta kelebihan dan kekurangan pasar monopoli. Semoga bermanfaat.

loading...
Blog, Updated at: 08.45

0 komentar:

Posting Komentar