Ciri-Ciri Pasar Oligopoli serta Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 31 Maret 2017

Loading...

Pasar oligopoli terjadi apabila terdapat sejumlah atau beberapa perusahaan yang menguasai pasar. Perusahaan-perusahaan tersebut akan bersaing untuk memperoleh konsumen. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ciri-ciri pasar oligopoli serta kelebihan dan kekurangannya, maka terlebih dahulu kita perlu  tahu pengertian pasar oligopoli.


Pengertian pasar oligopoli


Pasar oligopoli merupakan pasar yang terdiri dari beberapa atau sejumlah kecil penjual saja dan konsumen atau pembelinya sangat banyak. Pada dasarnya, oligopoli dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu oligopoli dengan diferensiasi produk yaitu produk suatu perusahaan dibedakan dari perusahaan lain. Misalnya peralatan listrik, perakitan sepeda motor dan mobil, serta industri rokok.

Bentuk lainnya adalah oligopoli tanpa diferensiasi produk. Produk yang dihasilkan bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan dengan perusahaan lain. Misalnya industri semen, baja, pupuk, dan aluminium. Pada pasar oligopoli, perusahaan dapat bersaing secara langsung, tetapi dapat pula melakukan penggabungan atau merger. Apabila dalam pasar tersebut terdiri atas dua orang produsen disebut pasar duopoli. Contoh pasar duopoli adalah pasar sistem computer (software), yaitu Linux dan Windows.

Ciri-Ciri Pasar Oligopoli serta Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli


Ciri-ciri pasar oligopoli


Ciri-ciri pasar oligopoli antara lain sebagai berikut :


Hanya terdapat beberapa perusahaan

Jumlah perusahaan yang ada dalam pasar oligopoli sangat sedikit, sekitar 2-20 perusahaan. Namun, setiap perusahaan mampu mempengaruhi harga pasar.


Barang yang dihasilkan bersifat homogen dan berbeda corak

Jika barang yang dijual bersifat homogen, persaingan di pasar akan berorientasi pada harga. Jika barang tersebut berbeda corak (terdiferensiasi), persaingan dalam pasar berupa persaingan bukan pada harga.


Ada hambatan masuk ke pasa bagi perusahaan lain

Dengan  adanya hambatan tersebut, hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang bersaing di pasar.


Untuk memasarkan produk diperlukan iklan

Dalam pasar oligopoli, kegiatan promosi perlu dilakukan untuk menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Iklan sangat diperlukan bagi perusahaan yang memproduksi barang-barang berbeda corak.


Kelebihan dan kelemahan pasar oligopoli


Kebaikan pasar oligopoli


Dalam pasar oligopoli, perusahaan akan mengembangkan penelitian dan melakukan inovasi atas produknya. Inovasi diperlukan karena persaingan yang terjadi bukan dalam persaingan harga, tetapi dalam kualitas produknya.


Kekurangan pasar oligopoli


Dalam pasar oligopoli, harga cenderung lebih tinggi sehingga produsen akan memperoleh keuntungan yang besar. Kondisi ini akan berakibat pada tidak meratanya distribusi pendapatan. Selain itu, biaya promosi yang dibutuhkan sangat besar yang berakibat pada membengkaknya biaya produksi.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri pasar oligopoli serta kelebihan dan kekurangan pasar oligopoli yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Loading...
Blog, Updated at: 19.05

0 komentar:

Posting Komentar