Pengertian dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik serta Kelebihan dan Kekurangannya

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 31 Maret 2017

loading...

Pasar persaingan monopolistik merupakan suatu pasar yang mendekati kenyataan. Pasar persaingan monopolistik akan bergantung pada kemampuan sebuah perusahaan untuk mempengaruhi pasar. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-ciri serta kelebihan dan kekurangan pasar persaingan monopolistik.


Pengertian pasar persaingan monopolistik


Pasar persaingan monopolistik merupakan pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual atau produsen. Barang yang ada di pasar akan terdiferensiasi di antara berbagai macam produk yang dihasilkan produsen. Adanya diferensiasi produk berarti terdapat kemampuan produsen untuk mempengaruhi harga jual produknya meskipun pengaruh tersebut sangat kecil.


ciri pasar persaingan monopolistik

Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik


Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik antara lain sebagai berikut :


Terdapat banyak penjual

Jumlah penjual dalam pasar persaingan monopolistik banyak, tetapi tidak sebanyak dalam pasar persaingan sempurna. Selain itu, jumlah produksi dari tiap-tiap perusahaan relative kecil dibandingkan dengan jumlah keseluruhan barang di pasar.


Barangnya bersifat berbeda corak

Barang dalam pasar persaingan monopolistik berbeda corak dan dapat dibedakan antara hasil produk perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Perbedaan corak dapat berupa fisik, pembungkusan atau kemasan, jasa purna jual, dan cara pembayaran.


Perusahaan mempunyai sedikit pengaruh dalam mempengaruhi harga

Perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik mempunyai pengaruh untuk mempengaruhi harga pasar, tetapi pengaruhnya relative kecil. Kekuasaan ini bersumber dari sifat barang yang berbeda corak yang membuat konsumen bebas memilih.


Adanya kemudahan untuk masuk ke dalam industri atau pasar

Perusahaan dapat dengan mudah untuk masuk ke pasar persaingan monopolistik. Oleh karena itu, perusahaan harus memproduksi barang yang berbeda corak dengan barang yang sudah ada di pasar serta melakukan promosi untuk menarik konsumen.


Adanya efektivitas dalam promosi penjualan

Degan barang yang berbeda corak, perusahaan harus mampu mempengaruhi selera pembeli. Cara yang dapat ditempuh antara lain mengiklankan produknya secara terus menerus, memperbaiki kualitas  maupun desain barang, dan memberikan pelayanan yang baik.


Kelebihan dan kelemahan pasar persaingan monopolistik


Kelebihan pasar persaingan monopolistik


Dengan adanya persaingan pasar ini, konsumen bebas memilih berbagai macam barang  baik dari jenis, mutu, model, dan tingkat harganya. Hal ini akan menyebabkan konsumen akan memperoleh kepuasan yang optimum.

Kelemahan pasar persaingan monopolitsik


  1. Masih banyak perusahaan yang bekerja kurang efisien dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi karena sebagian besar merupakan perusahaan kecil.
  2. Biaya yang dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan barang lebih tinggi dibandingkan biaya marginal untuk menghasilkan barang. Sebaliknya, biaya yang dikeluarkan untuk membayar tenaga kerja hanya sebesar MC, artinya lebih rendah dari nilai barang yang diproduksi.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-ciri pasar persaingan monopolistik, serta kelebihan dan kekurangan pasar persaingan monopolistik.

loading...
Blog, Updated at: 19.01

0 komentar:

Posting Komentar