Pengertian Barang Ekonomi, Barang Illith dan Barang Bebas serta Contohnya

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 08 April 2017

Loading...

Barang ekonomi, barang bebas dan barang illith adalah pembagian benda berdasakan kelangkaannya atau mudah tidaknya ditemukan. Pembagian benda berdasarkan cara memperolehnya menjadi benda ekonomi, bebas dan illith ini ditujukan agar kita bisa membedakan mana barang yang memiliki jumlah terbatas dan mana yang jumlahnya melimpah serta mana benda yang bisa membahayakan. Berikut ini penjelasan pengertian dan contoh barang bebas, ekonomi dan illith.


Pengertian dan contoh barang ekonomi 


Pengertian barang ekonomi secara umum adalah benda pemuas kebutuhan manusia yang memiliki jumlah terbatas yang disediakan oleh alam ataupun yang telah dikelola sehingga untuk mendapatkannya, maka manusia perlu melakukan pengorbanan. Biasanya pengorbanan itu berupa uang, tenaga, waktu, maupun pikiran. Secara sederhana, barang ekonomi dapat kita katakana sebagai barang yang bisa diperjualbelikan dan memiliki nilai ekonomi.

Barang ekonomi jumlahnya terbatas dibandingkan dengan jumlah manusia yang membutuhkannya. Contoh barang ekonomi adalah sayur-sayuran segar. Untuk mendapatkan sayuran segar, maka petani perlu mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya untuk bertani. Sedangkan konsumen perlu mengorbankan uang untuk membeli sayuran dari petani.

Contoh benda ekonomi lainnya adalah emas, di mana untuk mendapatkannya maka orang harus melakukan pengorbanan, menggali tanah, hingga mendirikan perusahaan besar.

Pengertian Barang Ekonomi, Barang Illith dan Barang Bebas serta Contohnya


Pengertian dan  contoh barang bebas


Pengertian barang bebas secara umum adalah barang yang telah disediakan oleh alam dan jumlahnya sangat tidak terbatas sehingga untuk memperolehnya manusia tidak perlu melakukan pengorbanan besar.

Contoh barang bebas adalah udara, pasir di gurun, air laut, es di daerah kutub, dan lain-lain. Meskipun bisa diperoleh dengan mudah, bukan berarti bahwa barang bebas tidak memiliki manfaat sama sekali.

Barang bebas bisa saja menjadi barang ekonomi jika dikemas dan diperjualbelikan. Contohnya adalah air di pegunungan yang dikemas menjadi air botol dalam kemasan.

baca juga :


Pengertian dan contoh barang illith


Pengertian barang illith secara umum adalah barang yang dalam jumlah terbatas bisa memenuhi kebutuhan manusia, sedangkan ketika dalam jumlah melimpah akan menjadi bencana bagi manusia.

Contoh barang illith adalah air dan api. Dalam keadaan normal atau terbatas, air dan api memberikan manfaat bagi manusia untuk menum, memasak, membakar, dan lain-lain. Dalam keadaan berlebihan, air bisa menyebabkan banjir sedangkan api menjadi penyebab kebakaran. Pada saat itulah, air dan api disebut sebagai barang illith.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh barang bebas, barang ekonomi dan barang illith. Semoga bermanfaat untuk kita semua  

Loading...
Blog, Updated at: 23.19

0 komentar:

Posting Komentar