Pengertian dan Contoh Barang Konkret dan Barang Abstrak dalam Ekonomi

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 07 April 2017

loading...

Menurut wujudnya, barang dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu barang konkret dan barang abstrak. Istilah lain untuk alat pemuas kebutuhan manusia ini adalah benda konkret dan benda abstrak. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan contoh barang konkret dan barang abstrak.


Pengertian dan contoh barang konkret


Barang konkret adalah barang yang sifatnya nyata, bisa dirasakan dengan panca indera manusia, bisa diraba, disentuh, dicium, dilihat, dan lain sebagainya. Secara umum, kita menyatakan bahwa barang konkret adalah segala jenis barang yang memiliki wujud.

Contoh barang konkret antara lain adalah mobil, makanan, kapal, rumah, helm, dan lain-lain sebagainya. Barang konkret bisa memiliki nilai jual maupun tidak. Contoh barang konkret yang tidak memiliki nilai jual antara lain adalah pasir di gurun, air laut, udara dan lain-lain.

Umumnya barang konkret memiliki nilai jual dan bisa menjadi barang ekonomi.


baca juga :

Pengertian dan contoh barang abstrak 


Barang abstrak atau benda abstrak adalah segala benda yang tidak memiliki wujud. Namun demikian, benda abstrak ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Istilah lain untuk barang abstrak adalah jasa. Barang abstrak tidak bisa dirasakan dengan panca indera manusia.

Contoh barang abstrak antara lain adalah jasa guru, jasa pengantar barang, jasa ojek online, jasa asuransi, dan lain-lain.

Pengertian dan Contoh Barang Konkret dan Barang Abstrak dalam Ekonomi


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh barang konkret dan barang abstrak dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermafaat.

loading...
Blog, Updated at: 23.19

0 komentar:

Posting Komentar