Pengertian Kebutuhan Individu/Perorangan dan Kebutuhan Kelompok serta Contohnya

Posted by Ensikloblogia on Senin, 03 April 2017

Loading...

Kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok adalah penggolongan kebutuhan manusia berdasarkan subjeknya atau konsumennya. Antara kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Jika kebutuhan individu tidak terpenuhi, maka yang akan mengalami masalah hanyalah individu yang bersangkutan. Sedangkan jika kebutuhan kelompok tidak terpenuhi, maka banyak masalah yang bisa terjadi.


Pengertian  dan contoh kebutuhan individu atau perorangan


Pengertian kebutuhan individu secara umum adalah kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi oleh seorang individu untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda, bahkan jika individu tersebut memiliki kembaran, maka dapat kita pastikan keduanya memiliki kebutuhan yang berbeda.

Anak sekolah memiliki kebutuhan individu yang berbeda dengan seorang mahasiswa. Begitu pula dengan seorang tentara yang kebutuhan individunya berbeda dengan seorang broker saham atau pengacara.

Contoh kebutuhan individu yang umum adalah makanan, minuman, pekerjaan, dan pendidikan. Sedangkan secara khusus, kebutuhan individu manusia sangat berbeda. Contoh kebutuhan individu untuk pelajar antara lain adalah buku, tas, sepatu, seragam, dan lain-lain. Sedangkan contoh kebutuhan individu untuk mahasiswa antara lain adalah laptop, smarthone canggih agar dianggap keren, kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Pengertian Kebutuhan Individu dan Kebutuhan Kelompok serta Contohnya

Pengertian dan contoh kebutuhan kelompok


Kebutuhan kelompok atau kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh banyak orang secara bersama-sama. Kebutuhan ini sangat penting untuk menunjang kelangsungan hidup suatu kelompok masyarakat.

Kebutuhan kelompok yang aka n terpenuhi akan meningkatkan kesejahteraan, keharmonisan, kebersamaan, kenyamanan dan keselarasan dalam kehidupan masyarakat. Jika kebutuhan kelompok tidak terpenuhi, maka yang akan menjadi korban bukan hanya satu orang, tetapi sebuah kelompok masyarakat yang sangat banyak.

Contoh kebutuhan kelompok atau kebutuhan kolektif adalah jalan raya, sarana dan prasarana pendidikan, pasar, bandara, pelabuhan, sarana dan prasarana kesehatan, pasar, dan lain-lain.

Pemerintah sebagai pelaksana kekuasaan eksekutif memiliki peran yang paling vital untuk menyediakan sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan kolektif manusia. Oleh karena itu, tidak heran jika kebutuhan kelompok tidak terpenuhi, maka biasanya masyarakat akan menuntut pada pemerintah.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 21.29

0 komentar:

Posting Komentar