Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 01 April 2017

loading...

Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani adalah kebutuhan pokok manusia yang didasarkan pada sifat kebutuhan tersebut. Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani sangat penting untuk dipenuhi oleh setiap individu. Jika kebutuhan terhadap kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka dapat menyebabkan masalah dalam kelangsungan hidup manusia. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kebutuhan jasmani dan rohani, serta contoh dan dampak yang terjadi jika kebutuhan tersebut tidak dipenuhi.

Pengertian dan contoh kebutuhan jasmani


Pengertian kebutuhan jasmani secara umum adalah kebutuhan yang dirasakan oleh fisik manusia. Kebutuhan jasmani berkaitan langsung dengan tubuh manusia. Jika kebutuhan jasmani tidak dipenuhi, maka manusia akan mengalami masalah.

Contoh kebutuhan jasmani antara lain adalah makanan, minuman, pakaian, dan olah raga. Jika kebutuhan jasmani manusia berupa makanan dan minuman tidak terpenuhi, maka manusia akan mengalami gizi buruk, dan paling parah menyebabkan kematian. Jika kebutuhan manusia terhadap pakaian tidak terpenuhi, maka manusia seperti kehilangan jati diri sebagai manusia. Jika kebutuhan manusia terhadap olah raga tidak terpenuhi, maka manusia akan mudah mendapatkan penyakit.


Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Pengertian dan contoh kebutuhan rohani


Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berkaitan dengan psikologis manusia. Yang merasakan kebutuhan rohani bukanlah fisik manusia, melainkan jiwa manusia yang paling dalam. Kebutuhan rohani tidak berkaitan langsung dengan fisik manusia sehingga tidak bisa kita lihat secara langsung. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan batin yang hanya dirasakan oleh individu yang bersangkutan.

Contoh kebutuhan rohani antara lain adalah ibadah, rekreasi, ilmu pengetahuan, melakukan hobi, dan lain-lain. Orang yang kebutuhan rohaninya tidak terpenuhi biasanya rentan terhadap stress. Jika manusia kurang beribadah, maka umumnya akan mengalami pemikiran yang suram dan pesimis yang berujung pada kurangnya produktivitas.

Kegiatan rekreasi, terutama bersama keluarga dan orang-orag tercinta akan memberikan kepuasan batin khusus bagi individu. Dengan terpenuhinya kebutuhan rohani, maka manusia akan merasakan perasaan bahagia, gembira, kasih saying, sehingga ia akan memiliki semangat untuk menjalani hidupnya dengan baik.

Begitu pentingnya kebutuhan jasmani dan rohani bagi kehidupan manusia, sehingga kita tidak boleh mengabaikan kebutuhan ini sedikutpun. Mulai sekarang, kita perlu membiasakan diri untuk makan makanan sehat, berolah raga, berpakaian terbaik, sehingga kebutuhan jasmani kita terpenuhi.

Kita juga perlu untuk beribadah sesuai dengan keyakinan kita, mencari ilmu pengetahuan jika itu membuat kita puas, menjalani hobi yang membuat kita bahagia, dan melakukan kegiatan rekreasi bersama keluarga dan orang-orang terdekat agar kehidupan kita jauh dari kata stress.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Ada begitu banyak contoh kebutuhan jasmani dan rohani yang sudah disebutkan secara umum di atas. Semoga bermanfaat. 

loading...
Blog, Updated at: 21.22

0 komentar:

Posting Komentar