Macam-Macam Barang Menurut Sifatnya, Fungsinya, Wujudnya, Cara Penggunannya dan Cara Pengerjaannya

Posted by Ensikloblogia on Senin, 10 April 2017

loading...

Ada 2 macam alat pemuas kebutuhan manusia, yaitu barang dan jasa. Dalam pelajaran ekonomi sekolah, barang dan jasa diklasifikasikan berdasarkan sifatnya, fungsinya, wujudnya, cara penggunannya atau hubungannya dengan barang lain, dan juga cara pengerjaannya.

Alat pemuas kebutuhan manusia berupa barang adalah segala sesuatu yang berwujud, bisa dirasakan, dilihat, dan memiliki nilai guna bagi konsumennya. Sedangkan jasa merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak bisa dirasakan oleh indera manusia, tetapi memberikan banyak manfaat dan nilai guna untuk membantu kehidupan manusia sehari-hari.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai penggolongan barang  menurut sifatnya, fungsinya, wujudnya, cara penggunannya, dan cara pengerjaannya beserta dengan contohnya.


macam-macam barang dan jasa


Macam-macam barang menurut sifatnya


Menurut sifatnya, barang dibedakan menjadi barang bebas, barang ekonomi dan barang illith.
  • Barang ekonomi adalah barang pemuas kebutuhan mannusia yang memiliki nilai dan harga sehingga untuk memperolehnya dibutuhkan pengorbanan berupa waktu, tenaga, uang, pikiran, dan lain-lain. Barang ekonomi sifatnya tidak gratis. Contoh barang ekonomi adalah minyak di dalam bumi, sepeda motor di dealer, sayur di pasar, tas Louis Vuitton asli, dan lain-lain. Semua orang butuh pengorbanan untuk mendapatkan barang-barang itu.
  • Barang bebas adalah barang yang jumlahnya tidak terbatas dan bisa diperoleh dengan mudah tanpa perlu melakukan pengorbanan yang berarti. Umumnya barang bebas adalah barang yang disediakan oleh alam. Ccontoh barang bebas antara lain adalah pasir di gurun, air laut, udara yang kita hirup sehari-hari, dan lain-lain. Status barang bebas bisa meningkat jika dikemas. Contohnya adalah air kemasan yang berasal dari pegunungan, gas yang ada di dalam tabung oksigen penyelam, dan lain-lain.
  • Barang illith adalah barang yang dalam keadaan normal akan memberikan manfaat bagi manusia, sedangkan dalam kondisi berlebihan akan mengakibatkan bencana. Contoh barang illith adalah air laut, angin dan air hujan. Dalam kondisi normal air laut bisa menjadi teman peselancar, menjadi berkah bagi nelayan yang melaut, dan lain-lain. Dalam kondisi berlebihan, air laut menjadi gelombang tsunami yang mematikan. Angin dan hujan juga memiliki sifat yang sama.


Macam-macam barang menurut fungsinya


Menurut fungsinya atau tujuan penggunaannya, barang dibedakan menjadi barang konsumsi dan barang produksi.
  • Barang konsumsi adalah segala jenis barang yang siap pakai dan bisa langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi langsung bermanfaat ketika dipakai. Contoh barang konsumsi adalah makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain.
  • Barang poduksi adalah barang yang berguna untuk menghasilkan barang lain. Barang produksi tidak bisa langsung digunakan untuk memuaskan kebutuhan manusia. Akan tetapi barang produksi membantu untuk menghasilkan barang produksi. Istilah lain dari barang produksi adalah barang modal. Contoh barang produksi antara lain adalah mesin jahit, mesin pengalengan ikan, dan lain-lain.


Macam-macam barang menurut wujudnya


Menurut wujudnya, barang dapat dibedakan menjadi barang konkret dan barang abstrak.
  • Barang konkret adalah barang yang nyata yang berwujud. Barang konkrit bisa dilihat, dirasakan, dikecap, dan disentuh oleh indera manusia. Contoh barang konkret sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain helm, motor, meja, kursi, lampu, pisang, alpukat, mobil Ferrari, dan lain-lain.
  • Barang abstrak adalah barang yang tidak nyata tetapi memiliki nilai yang sangat berharga bagi kehidupan manusia. Contoh barang abstrak antara lain adalah hak cipta, hak merek, hak mendapatkan royalty, dan lain-lain. Istilah lain untuk barang abstrak adalah jasa.


Macam-macam barang menurut cara penggunannya


Pembagian barang menurut cara penggunannya dikenla juga dengan sebutan pembagian barang menurut hubungannya dengan barang lain. Menurut cara penggunannya, barang dibedakan menjadi barang substitusi dan barang komplementer.
  • Barang substitusi atau barang pengganti adalah barang yang fungsinya bisa digantikan oleh barang lain karena memiliki fungsi yang sama. Contoh barang substitusi adalah mobil dan motor, nasi dan sagu, ikan dan ayam, kaos dengan kameja, dan lain-lain. Jadi, jika kita belum memiliki mobil, nasi, ayam, dan kameja, kita bisa menggantikannya dengan motor, sagu, ikan dan kameja.
  • Barang komplementer atau barang pelengkap adalah barang yang memiliki fungsi jika digunakan secara bersama-sama. Jika salah satu dari barang ini tidak ada, maka kebutuhan manusia tidak akan terpenuhi. Contoh barang komplementer adalah motor dan bensin. Tanpa bensin motor tidak akan berjalan dan tanpa motor bensin hanya bisa untuk pembakaran. Contoh barang komplemeter lainnya adalah CPU, Monitor, Keyboard dan Mouse. 


Macam-macam barang menurut cara pengerjaannya


Menurut cara pengerjaannya, barang dibedakan menjadi barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.
  • Barang mentah adalah barang yang baru dihasilkan oleh alam dan belum bisa digunakan untuk memberi kemanfaatan maksimal. Barang mentah belum mengalami proses pengolahan apapun. Contoh barang mentah adalah bijih besi, pohon kayu, kapas, gabah, dan lain-lain.
  • Barang setengah jadi ada barang yang telah mengalami proses pengolahan atau proses produksi, tetapi belum dapat langsung diolah untuk memperoleh manfaat yang besar. Contoh barang setengah jadi adalah pohon yang diproses menjadi kayu, benang yang dihasilkan dari mengolah kapas, gabah yang digiling menjadi padi, dan mesin yang diolah dari besi.
  • Barang jadi adalah barang yang sudah siap untuk dipakai dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh barang jadi adalah meja yang dibuat dari kayu, nasi yang telah matang, kain yang telah dipintal dari benang, dan kendaraan bermotor yang telah dirancang menggunakan mesin-mesin.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam barang menurut sifatnya, fungsinya, wujudnya, cara pengerjaannya dan cara penggunannya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.



loading...
Blog, Updated at: 21.31

0 komentar:

Posting Komentar