Macam-Macam Sumber Daya Ekonomi

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 09 April 2017

loading...

Macam-macam sumber daya ekonomi memiliki peran yang sangat penting untuk memenuhi segala macam kebutuhan manusia yang semakin meningkat pada saat ini. Sumber daya ekonomi adalah segala alat yang digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Ada 3 jenis sumber daya ekonomi yang kita kenal yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya modal. Ketiganya memiliki sifat yang langka yang pada suatu saat nanti akan habis. Selain itu, dikenal juga istilah sumber daya kewirausahaan.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai macam-macam sumber daya ekonomi tersebut.


Sumber daya alam


Sumber daya alam adalah segala yang ada di alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Alam adalah karunia yang diberikan oleh Tuhan yang akan membawa manfaat besar jika dikelola secara bijaksana. Namun, jika sumber daya ini dieksploitasi secara tidak bertanggung jawab, dapat mendatangkan bencana yang besar pula.

Segala hal yang ada dalam kehidupan manusia bersumber dari alam. Pakaian, makanan, aksesoris, dan segala sesuatu yang kita kenakan pada saat ini berawal dari alam untuk kemudian diproduksi menjadi barang dan jasa.

Secara umum, sumber daya alam dibagi menjadi 2, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jumlahnya masih dapat bertambah secara cepat entah dengan campur tangan manusia maupun tidak. Akan tetapi, jika manusia terlampau serakah, maka sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini bisa saja habis. 

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah pohon, tanaman, hewan, dan lain-lain. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui berupa makhluk hidup.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yaitu sumber daya alam yang jumlahnya sangat terbatas dan butuh waktu dan proses yang sangat lama hingga ribuan tahun untuk bisa ada kembali. 

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah barang tambang seperti emas, nikel, tembaga, aluminium, dan minyak bumi. Bahkan dengan campur tangan manusia pun, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini tidak akan bertambah.

Banyak negara yang kecil, tetapi kaya raya karena memiliki sumber daya alam yang melimpah dan dikelola dengan baik. Misalnya, Brunei Darussalam memiliki sumber daya alam minyak bumi. Negara-negara penghasil minyak bumi atau negara petro dolar umumnya memiliki penghasilan yang sangat banyak dari pengelolaan minyak bumi ini. Antara lain adalah negara timur tengah seperti Arab Saudi, Kuwait, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Macam-Macam Sumber Daya Ekonomi


Sumber daya manusia


Maju mundurnya suatu bangsa bergantung pada bagus tidaknya sumber daya manusia yang ada di dalam negara tersebut. Sumber daya manusia yang berkualitas akan membawa suatu negara menjadi lebih makmur dibandingkan negara lainnya. 

Negara-negara yang memiliki sumber daya alam yang kurang, tetapi memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dapat menjadi negara yang menguasai perekonomian dunia. Misalnya, Jepang dan Singapura.

Manusia selain sebagai konsumen bagi barang dan jasa juga merupakan sumber daya ekonomi yang membawa manfaat besar bagi masyarakat apabila kemampuannya dimanfaatkan secara maksimal sebab manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan diberikan kelebihan berupa kecerdasan dan hati nurani.

Negara yang memiliki sumber daya manusia yang baik biasanya menjadi negara yang terdepan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita tidak perlu heran, mengapa negara seperti Amerika, Jepang, Inggris, Korea dan Jerman sangat terdepan dalam pengembangan teknologi. Hal ini didukung dengan pengembangan sumber daya manusia di negara tersebut yang sangat berkualitas.

Sumber daya manusia akan menjadi sumber daya ekonomi yang berkualitas jika memenuhi unsur- unsur seperti berikut. 

Akhlak yang baik

Akhlak yang baik dapat mendasari segala tingkah laku manusia untuk senantiasa melakukan yang terbaik, jujur, adil, serta berusaha untuk tidak merugikan orang lain dan dirinya sendiri. Sehingga keberadaannya akan selalu berguna dan tidak sia-sia. Dengan akhlak yang baik, maka sumber daya manusia akan terhindar dari kejahatan seperti korupsi dan perbuatan curang lainnya yang menghancurkan generasi bangsa. Dengan akhlak yang baik, maka manusia tidak akan menghancurkan sumber daya alam hanya karena keserakahan.


Keahlian

Keahlian sangat penting untuk menunjang perkembangan dunia. negara dengan sumber daya manusia yang memiliki keahlian mumpuni umumnya sangat maju dalam perkembangan teknologinya. Manusia yang memiliki keahlian akan dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan target yang telah ditentukan baik dalam segi waktu maupun kualitas. Jadi, manusia yang mem- punyai keahlian akan sangat berguna untuk dapat menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas. Contoh sederhana dari keahlian sumber daya manusia bisa kita bandingkan antara Indonesia dengan Jepang. Keahlian sumber daya manusia Indonesia masih sangat rendah, sehingga rencana pembangunan KRL diserahkan kepada pihak asing yang memiliki keahlian lebih.


Kekuatan fisik

Kekuatan fisik manusia akan sangat berguna jika diarahkan pada hal-hal yang positif. Dalam sumber daya ekonomi, kekuatan fisik berperan dalam proses produksi, distribusi hingga konsumsi. Tanpa kekuatan fisik yang baik, sumber daya manusia akan malas dan mudah lelah sehingga target pekerjaan akan telat dan tidak produktif.


Sumber daya modal


Modal adalah segala yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Sumber daya modal tidak hanya berupa uang. Modal dapat meliputi uang, teknologi, peralatan, mesin-mesin, tanah, informasi, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya perhatikan macam-macam modal berikut ini. 

Modal menurut pemiliknya

  • Modal perseorangan, artinya modal tersebut dimiliki oleh perseorangan. Misalnya rumah dan kendaraan. 
  • Modal masyarakat, artinya modal tersebut dimiliki oleh banyak orang dan untuk kepentingan orang banyak. Misalnya, gedung, pelabuhan, bandara, dan jembatan. 


Modal menurut wujudnya

  • Modal konkret, artinya modal yang berwujud benda yang nayta. Contoh modal konkret antara lain adalah mesin, gedung perusahaan, alat-alat berat, dan lain-lain.
  • Modal abstrak, artinya modal yang tidak berwujud tetapi memiliki nilai guna yang sangat tinggi. Misalnya, skill dan keahlian karyawan, brand atau nama baik yang telah dibangun, hak cipta dan hak merek serta hak paten. 


Modal menurut bentuknya

  • Uang, artinya modal berupa dana untuk usaha. 
  • Barang, artinya modal berupa alat yang digunakan dalam proses produksi. Misalnya, mesin, gedung, dan alat berat. 


Modal menurut sifatnya

  • Modal tetap, artinya modal yang bisa digunakan lebih dari satu kali masa produksi. Misalnya, mesin, kendaraan, dan gedung. 
  • Modal lancar, artinya modal yang habis dalam satu kali proses produksi. Misalnya, bahan baku, kertas, dan bahan bakar mesin. 


Modal menurut sumbernya

  • Modal sendiri, artinya modal yang berasal dari pemilik perusahaan. Misalnya, saham dan tabungan.
  • Modal pinjaman, artinya modal pinjaman dari pihak lain.


Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam sumber daya ekonomi, dalam hal ini adalah sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya modal. Tanpa adanya sumber daya ekonomi, maka tidak akan terjadi perputaran dalam kegiatan ekonomi. Manusia akan hidup stagnan tanpa adanya apa-apa. 

loading...
Blog, Updated at: 21.27

0 komentar:

Posting Komentar