Pengertian dan Contoh Barang Mentah, Barang Setengah Jadi dan Barang Jadi

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 05 April 2017

loading...

Barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi merupakan pembagian barang berdasakan proses pembuatanya. Tidak semua barang yang dihasilkan oleh alam bisa langsung digunakan. Ada barang yang masih membutuhkan proses untuk menjadi barang lainnya, sehingga bisa lebih bermanfaat bagi manusia. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian dan contoh barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.


Pengertian dan contoh barang mentah


Barang mentah atau bahan mentah biasanya disebut juga bahan baku. Barang mentah adalah bahan yang dihasilkan langsung oleh alam yang belum mengalami proses apapun. Ada barang mentah yang bisa langsung dikonsumsi dan ada pula yang masih membutuhkan proses untuk menjadi barang lainnya.

Contoh barang mentah antara lain adalah hasil pertambangan, seperti bijih besi, timah, emas, aluminium, tembaga, dan lain-lain. Hasil hutan, seperti rotan, kayu jati, dan lai-lain. Hasil pertanian seperti padi, tembakau dan kapas,  serta hasil perkebunan seperti pisang, apel, kopi, the, dan lain-lain.

Umumnya hasil pertambangan membutuhkan proses agar memiliki nilai ekonomi yag lebih dan agar bisa dikonsumsi. Sedangkan hasil pertanian dan perkebunan bisa langsung dikonsumsi seperti pisang atau apel, yang bisa dimakan langsung dari  pohonnya.


Pengertian dan contoh barang setengah jadi


Barang setengah jadi adalah bahan baku yang telah diolah melalui beberapa kali tahap produksi, tetapi belum bisa langsung digunakan untuk mendapatkan kemanfaatan yang maksimal. Barang setengah jadi memiliki nilai yang masih rendah dan jika diolah lebih jauh akan menjadi barang berkualitas dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Contoh barang setengah jadi antara lain adalah benang. Pada awalnya benang berasal dari bahan baku kapas. Setelah kapas diolah menjadi benang, harganya sedikit melambung. Kapas yang diolah lebih lanjut akan menjadi kain dan jika kain itu diolah lebih lanjut lagi, bisa menjadi produk fashion berkualitas mahal, seperti pakaian-pakaian bermerek.

Jadi, kapas maupun kain bisa dikategorikan sebagai barang setengah jadi karena mebutuhkan proses lebih lanjut agar bisa lebih berguna dan bermanfaat.

Pengertian dan Contoh Barang Mentah, Barang Setengah Jadi dan Barang Jadi


Pengertian dan contoh barang jadi


Barang jadi adalah bahan siap pakai yang bisa langsung dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang jadi adalah hasil produski yang panjang dari barang mentah menjadi barang setengah jadi hingga menjadi barang yang siap pakai.

Contoh barang jadi antara lain adalah kendaraan bermotor, pakaian, mobil, sepatu, tas, perhiasan, kabel listrik, bola lampu dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 
  

loading...
Blog, Updated at: 23.20

0 komentar:

Posting Komentar