Pengertian dan Contoh Barang Substitusi dan Barang Komplementer

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 04 April 2017

loading...

Barang substitusi dan barang komplementer adalah pembagian benda berdasarkan fungsinya atau cara penggunaannya atau hubungannya dengan barang lain. Barang substitusi dikenal sebagai barang pengganti sedangkan barang komplementer dikenal sebagai barang pelengkap. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan contoh barang substitusi dan barang komplementer.


Pengertian dan contoh barang substitusi


Barang substitusi adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang masih dapat digantikan fungsinya dengan barang lain. Dengan kata lain, jika barang yang kita inginkan tidak ditemukan, maka kita bisa mendapatkan penggantinya yang fungsinya juga sama.

Dengan adanya barang substitusi, maka manusia bisa memenuhi kebutuhannya yang sebelumnya tidak bisa dipenuhi karena ketidaktersediaan benda utama yang diinginkannya.

Contoh barang subtitusi antara lain adalah pensil dan pulpen, Sandal dan sepatu, premium dan pertamax, nasi dan jagung, dan lain-lain sebagainya.

Pensil dan pulpen memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menulis. Sehingga apabila kita tidak memiliki pulpe kita bisa menggantikan fungsinya dengan pensil. Begitu pula sebaliknya. Jika kita ingin membeli premium di tempat pengisian bahan bakar, akan tetapi ternyata premium telah habis, maka kita bisa menggantinya dengan pertamax. Karena keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai bahan bakar.

Jadi bisa kita tarik kesimpulan bahwa barang substitusi adalah barang yang fungsinya sama dan bisa saling menggantikan satu sama lain.


Pengertian dan contoh barang komplementer


Pengertian barang komplementer secara umum adalah barang yang fungsinya tidak akan maksimal jika tidak digunakan bersama-sama dengan barang lain. Barang komplementer adalah barang yang saling melengkapi satu sama lain sehingga bisa lebih bermanfaat digunakan oleh konsumen. Barang komplementer disebut juga barang pelengkap

Jika salah satu dari pasangan barang komplementer tidak ada, maka barang tersebut tidak bisa melaksanakan fungsnya secara maksimal atau bahkan tidak berguna.

Contoh barang komplementer antara lain adalah monitor, CPU Keyboard dan Mouse. Jika salah satu dari barang tersebut tidak ada, maka computer akan memiliki fungsi yang terganggu, bahka tidak akan bisa digunakan.

Contoh lain barang komplementer adalah baju dan celana atau rok, gula dan kopi, dispenser dan gallon, kompor dan minyak atau gas, kendaraan bermotor dengan bensin, dan lain-lain.

Pengertian dan Contoh Barang Substitusi dan Barang Komplementer



baca juga :

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh barang substitusi atau barang pengganti serta pengertian dan contoh barang komplementer atau barang pelengkap. Semoga bermanfaat. 

loading...
Blog, Updated at: 23.21

0 komentar:

Posting Komentar