Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 07 Mei 2017

Loading...

Setiap tahun, jumlah manusia semakin bertambah. Akibatnya, maka kebutuhan manusiapun bertambah. Sementara itu di sisi lain, sumber daya alam semakin bekurang. Alam merupakan sumber daya ekonomi utama yang sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia hingga saat ini. Dengan semakin bertambahnya kebutuhan manusia, maka suatu saat sumber daya ekonomi akan mengalami kelangkaan. Apakah pengertian kelangkaan itu ? apa dampak kelangkaan sumber daya ekonomi bagi manusia ? berikut ini adalah penjelasannya.

 

Pengertian kelangkaan


Menurut  Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan Prof. Dr. J. S. Badudu dan Prof. Sutan M. Zain, “langka” berarti: jarang, sukar didapat, jarang ditemukan karena sangat sedikit. Jadi, dalam hal ini kelangkaan bisa diartikan sebagai keadaan yang menunjukkan sukar didapatnya sesuatu hal karena jumlahnya yang terbatas. “langka” merupakan kata dasar dari kelangkaan.

Dalam dunia ekonomi, kelangkaan pasti akan terjadi. Kelangkaan sumber daya ekonomi mengakibatkan barang dan jasa yang dihasilkan dari pengolahan sumber daya tersebut juga bersifat langka atau terbatas. Kelangkaan inilah yang mengharuskan manusia mengeluarkan pengorbanan untuk mendapatkan barang dan jasa.

Saat ini, manusia berjuang untuk menghadapi kelangkaan barang dan jasa di masa depan. Banyak ilmuwan yang melakukan penelitian untuk menghasilkan bibit unggul yang bisa menghasilkan banyak produk pangan dalam waktu singkat dan dalam jumlah banyak. Selain itu, ilmuwan lain berpikir untuk menambang mineral di asteroid.

Sumber daya dikenal juga dengan istilah faktor produksi. Artinya, jika sumber daya tidak tersedia atau faktor produksi tidak tersedia, maka kegiatan produksi tidak akan terjadi. Jika kegiatan produksi tidak terjadi maka tidak akan ada kegiatan ekonomi.

Secara umum, kita mengenal empat jenis sumber daya ekonomi yang berperan penting dalam kelangsungan hidup masyarakat. Keempat sumber daya ekonomi itu adalah sumber daya alam, sumber daya tenaga kerja, sumber daya penggusaha dan sumber daya modal. Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam kelangkaan sumber daya ekonomi itu.


kelangkaan sumber daya ekonomi

Kelangkaan sumber daya alam


Alam adalah sumber daya ekonomi utama. Sumber daya alam terdiri atas tanah, air, tumbuhan, kekayaan alam (minyak bumi, batubara, emas, panas bumi, dan lain-lain), serta iklim. Tanah, air, tumbuhan,  dan kekayaan alam bersifat langka. Kian hari tanah terasa kian sempit karena luas tanah tidak bertambah, sedangkan jumlah manusia terus bertambah. Air, terutama air bersih, saat ini secara umum sulit didapatkan dan pengadaannya memerlukan biaya. Maraknya penjualan air kemasan atau air isi ulang menunjukkan bahwa air adalah barang langka dan harus dibeli.

Iklim atau musim juga bersifat langka. Mengapa? Karena manusia tidak bisa mengatur datang dan perginya iklim. Di Indonesia, umumnya musim hujan datang pada bulan November dan berakhir pada bulan April. Bila manusia menginginkan curah hujan yang lebih lama di seluruh wilayah In- donesia maka manusia tidak bisa memperpanjang musim hujan. Manusia hanya mampu membuat hujan buatan yang sifatnya lokal dan memerlukan biaya besar. Sumber daya alam sesungguhnya dapat digolongkan menjadi dua. Pertama, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, seperti minyak bumi dan batubara. Kedua, sumber daya alam yang dapat diperbarui, seperti tumbuhan dan hutan. Kedua sumber daya alam tersebut bersifat langka. Minyak bumi dan batu bara bisa habis, sedangkan tumbuhan dan hutan untuk memperbaruinya diperlukan waktu yang lama dan biaya yang banyak. Kelangkaan sumber daya ekonomi yang berasal dari alam akan menjadi awal mula kelangkaan barang dan jasa.


Kelangkaan Sumber Daya Tenaga Kerja


Sumber daya tenaga kerja terdiri atas dua macam. Tenaga kerja jasmani dan tenaga kerja rohani. Tenaga kerja bersifat langka karena pengadaannya memerlukan biaya. Tenaga kerja jasmani baru ada bila manusia sudah melakukan makan dan minum, sedangkan makanan dan minuman harus dibeli.

Tenaga kerja jasmani dilakukan oleh tukang becak, tukang angkat barang, tukang batu, dan sejenisnya. Tenaga kerja rohani seperti yang dilakukan dokter, akuntan, dan wartawan baru ada bila sudah mengikuti pendidikan khusus.  Sedangkan mengikuti pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena langka itulah maka jasa tukang becak, tukang angkat, dokter, pengarang, dan lain-lain harus dibayar.

Pada keadaan tertentu, sumber daya ekonomi tenaga kerja bisa mengalami kelangkaan. Misalnya saja, nelayan di pesisir pantai. Pada saat pendidikan belum penting, masyarakat suatu desa memiliki banyak nelayan yang bisa menagkap banyak ikan setiap hari untuk diperjualbelikan di desa. Akan tetapi, ketika jumlah nelayan berkurang, maka tidak ada ikan yang bisa diperjualbelikan lagi sehingga masyarakat akan kekurangan pangan berupa ikan.

Di desa pertanian pun demikian. Saat ini banyak anak mudah memilih kuliah dan bekerja di kantor dari pada bertani. Akibatnya, negara Indonesia selalu mengimpor beras dari negara lain karena kelangkaan sumber daya tenaga kerja yang bertani.


Kelangkaan  Sumber Daya Pengusaha


Sumber daya pengusaha bersifat langka karena tidak semua orang mampu menjadi pengusaha. Untuk menjadi pengusaha orang harus mempunyai modal dan beberapa keahlian, di antaranya keahlian mengelola faktor-faktor produksi (manajerial skill), keahlian teknologi (technological skill), dan keahlian mengorganisasi berbagai usaha, kepentingan di dalam dan di luar perusahaan (organizational skill).

Apa yang terjadi jika kelangkaan sumber daya ekonomi pengusaha terjadi ? sebuah negara yang tidak memiliki pengusaha dipatikan akan menjadi negara miskin dan tertinggal. Pengusaha merupakan sumber daya ekonomi penting yang harus terus ditingkatkan jumlahnya. Oleh karena itu, maka sebaiknya pemerintah memberikan pelayanan pendidikan lebih agar jumlah pengusaha Indonesia semakin bertambah.


Kelangkaan Sumber Daya Modal


Mental pengusaha tanpa adanya modal adalah sia-sia. Modal merupakan sumber daya ekonomi yang harus dimiliki pengusaha untuk menjalankan ide bisnisnya. Modal adalah semua barang hasil produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Sumber daya modal bersifat langka karena kemampuan manusia untuk menghasilkan modal juga terbatas. Contoh modal adalah mesin, gedung, peralatan perlengkapan, dan lain-lain.

Tanpa adanya sumber daya ekonomi modal, maka usaha hanya akan menjadi sebuah ide yang tidak akan pernah dieksekusi dan memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat.


Demikianlah penjelasan mengenai kelangkaan sumber daya ekonomi, dalam hal ini yaitu sumber daya alam, sumber daya tenaga kerja, sumber daya pengusaha dan sumber daya modal. Semoga bermanfaat.

Loading...
Blog, Updated at: 10.47

0 komentar:

Posting Komentar