Membuat Skala Prioritas Kebutuhan

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 07 Mei 2017

Loading...

Membuat skala prioritas kebutuhan adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam hal manajemen ekonomi dan keuangan. Saat ini begitu banyak godaan manusia untuk memiliki sesuatu yang tidak mereka butuhkan untuk membeli barang dengan meminjam uang dari orang lain agar orang yang mereka tidak sukai merasa iri.

Skala prioritas kebutuhan bermanfaat agar seseorang bisa membedakan antara kebutuhan yang sifatnya penting, belum penting atau tidak penting sama sekali. Misalnya saja, ketika masuk dalam sebuah mall dan melihat barang diskonan. Jika seseorang tidak memiliki priorotas kebutuhan, maka ia akan membeli apapun yang didiskon meskipun tidak dibutuhkan.

Membuat skala prioritas kebutuhan berarti membuat urutan kebutuhan dari yang terpenting sampai dengan yang kurang penting. Bagaimana cara membuat skala priorotas kebutuhan ? Berikut  ini tiga pedoman dalam membuat skala prioritas kebutuhan.

skala prioritas kebutuhan

Dalam membuat skala prioritas kebutuhan jangan berpedoman pada dorongan nafsu sesaat, melainkan  berpedoman pada kepentingan jangka panjang. 


Misalnya, Ibu Santi dengan penghasilan terbatas memiliki empat macam kebutuhan:

1. Membayar SPP 3 anak 
2. Membeli baju untuk menghadiri pernikahan 
3. Membayar tunggakan listrik 2 bulan 
4. Membeli gelang emas 

Jangan karena ingin mendapat pujian saat menghadiri pernikahan, maka Ibu Santi menyusun skala prioritas kebutuhan sebagai berikut. 

1. Membeli baju untuk menghadiri pernikahan 
2. Membeli gelang emas 
3. Membayar tunggakan listrik 2 bulan 
4. Membayar SPP 3 anak 

Jika skala prioritas ini benar-benar dipergunakan Ibu Santi maka ada kemungkinan listrik akan dicabut dan SPP anak bisa tidak terbayar. Ingat, dalam membuat skala prioiotas kebutuhan, jangan pernah mengikuti hawa nafsu. Jangan pernah berniat membeli barang hanya untuk membuat orang lain iri. Jangan pernah membeli barang hanya karena diskon besar-besaran.  


Jangan mengikuti skala prioritas kebutuhan orang lain


Skala prioritas kebutuhan anda dengan teman anda tentu saja berbeda. Begitu pula antara keluarga yang satu dengan keluarga yag lain. Setiap keluarga umumnya berbeda, karena masing-masing memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda. Oleh karena itu, buatlah skala prioritas berdasarkan kebutuhan dan kepentingan sendiri, jangan menyontek skala prioritas orang lain. Jika kebutuhan anda adalah mobil sederhana, tidak perlu memaksakan diri untuk membeli mobil sport karena mengikuti gaya pengacara kondang Hotman Paris Hutapea. Jika kebutuhan anda sebagai penulis adalah laptop biasa, tidak perlu berhutang untuk membeli laptop khusus game. 


Selalu berkomitmen dan berpegang teguh pada skala priorotas kebutuhan yang telah dibuat

Bila skala prioritas kebutuhan telah dibuat, mulailah menggunakan pendapatan atau sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan mulai dari yang terpenting menuju ke yang kurang penting. Agar lebih mudah, skala prioritas kebutuhan tersebut bisa sekaligus disusun dalam bentuk anggaran rumah tangga. Skala prioritas kebutuhan anda mungkin saja berubah sewaktu-waktu, seiring dengan meningkatnya penghasilan anda. jika anda tidak berkomitmen dengan skala prioritas yang telah anda buat, maka semuanya akan percuma.

Demikianlah penjelasan mengenai skala prioritas kebutuhan dan cara membuat skala prioritas kebutuhan. Semoga keadaan ekonomi dan keadaan keuangan anda semakin baik dengan membuat skala prioritas kebutuhan yang sesuai dan menjalankannya dengan komitmen yang sepenuh hati.

Loading...
Blog, Updated at: 11.17

0 komentar:

Posting Komentar