Pengertian dan Contoh Barang Inferior, Superior dan Pertengahan

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 07 Mei 2017

loading...

Macam-macam  barang menurut kualitasnya terdiri atas barang superior,  barang inferior, dan barang pertengahan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian dan contoh barang inferior, superior dan barang pertengahan.


Pengertian dan contoh barang superior


Pengertian barang superior secara umu madalah barang yang memiliki kualitas tinggi sehingga mampu memberikan prestise (martabat) tersendiri bagi pemakainya. Barang superior menjadi acuan bagi status sosial seseorang. Orang yang menggunakan barang superior akan memperoleh kepuasan batin dengan adanya pujian dari orang lain. Umumnya barang superior dikonsumsi oleh orang berpenghasilan tinggi. 

Contoh barang superior antara lain adalah  mobil mewah dan pakaian mewah. Pemilik mobil Ferrari atau Lamborghini hanyalah kalangan terbatas yang memiliki penghasilan di atas rata-rata. Dengan adanya barang superior berupa mobil mewah ditambah lagi dengan pakaian bermerek mahal, maka ia akan memperoleh pengakuan dari masyarakat sebagai orang berada. Selain itu, smartphone juga merupakan contoh barang superior, sehingga orang yang menggunakan Iphone merk Apple merasa memiliki status ekonomi lebih baik dari pada orang yang menggunakan smartphone China seperti Vivo. 

Pengertian dan Contoh Barang Inferior, Superior dan Pertengahan

Pengertian dan contoh barang inferior


Pengertian barang inferior secara umum adalah barang yang memiliki kualitas rendah. Dengan demikian, maka barang inferior tentu saja memmiliki harga yang rendah. Umumnya barang inferior dikonsumsi oleh orang berpenghasilan rendah. Bagi masyarakat dengan penghasilan pas-pasan, barang inferior adalah barang terbaik untuk memenuhi segala kebutuhan mereka.

Contoh barang inferior adalah  barang-barang bekas, barang-barang seperti sepatu, tas dan baju yang berkualitas rendah yang dijual dengan harga murah. Beras raskin yang dikonsumsi masyarakat miskin juga termasuk barang inferior. Barang bekas yang diimpor dari luar negeri termasuk sebagai barang inferior. Barang bekas dari luar negeri bersifat illegal.   Penggunaan barang-barang bekas dari luar negeri seperti sepatu, pakaian, baju, celana hingga pakaian dalam dianggap merendahkan derajat dan martabat bangsa, sehingga tidak heran jika penyelundupan barang bekas ini mendapat perhatian penting pemerintah.


Pengertian dan contoh barang pertengahan


Pengertian barang pertengahan adalah barang yang memiliki kualitas sedang, tidak murah, dan tidak tergolong mahal. Umumnya barang pertengahan dikonsumsi oleh orang berpenghasilan menengah. Barang jenis ini tidak terlalu membedakan status manusia antara si kaya dengan si miskin.

Contoh barang pertengahan antara lain adalah beras, sepatu, tas dan baju yang berkualitas menengah yang dijual dengan harga sedang (tidak murah, tidak mahal).

Demikianlah penjelasan dan contoh barang superior, barang inferior dan barang pertengahan. Semoga bermanfaat. Kita perlu tahu bahwa terkadang dunia itu sangat penuh dengan tipuan. Banyak orang menggunakan mobil Lamborghini hanya terlihat keren, padahal kantongnya kosong dan tidak berduit. Jadi, jangan pernah minder jika hari ini anda hanya menggunakan mobil Kijang ataupun hanya bersepeda motor.

loading...
Blog, Updated at: 11.04

0 komentar:

Posting Komentar