Penyebab Kelangkaan Barang dan Jasa

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 07 Mei 2017

loading...

Kelangkaan barang dan jasa adalah suatu hal yang mutlak dan akan terjadi di masa depan. Kita telah mengetahui bahwa sumber daya alam yang ada tidak akan mampu untuk memenuhi kebutuhan manusia di masa depan. Akibatnya, akan terjadi kelangkaan barang dan jasa.

Kelangkaan Barang dan Jasa adalah salah satu masalah yang harus dihadapi manusia di masa depan. Sumber daya berguna untuk menghasilkan barang dan jasa. Akan tetapi, jika terjadi kelangkaan sumber daya ekonomi, maka akan mengakibatkan barang dan jasa yang dihasilkan juga bersifat langka atau terbatas.

Apa yang menyebabkan terjadinya kelangkaan barang dan jasa ? berikut ini adalah penjelasan mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan barang dan jasa.


Penyebab Kelangkaan Barang dan Jasa

Kelangkaan sumber daya alam


Faktor utama penyebab terjadinya kelangkaan barang dan jasa di masa depan adalah kelangkaan sumber daya alam. Jika alam tidak menghasilkan sesuatu lagi, maka manusia tidak bisa berbuat apa-apa. Minyak, emas, tembaga, mineral, dan lain sebagainya suatu saat akan habis jika digunakan terus menerus. Kayu dan hasil hutan lainnya juga akan habis jika tidak diperbaharui oleh manusia.


Kelangkaan sumber daya tenaga kerja


Kelangkaan sumber daya tenaga kerja bisa menyebabkan terjadinya kelangkaan barang dan jasa. Di Indonesia kita bisa melihat hal ini pada kondisi pertanian. Pada era orde baru, Indonesia bisa memenuhi kebutuhan pangan dengan baik karena masyarakat Indonesia pada saat itu adalah masyarakat agraris yang hidup dari bertani. Saat ini, anak muda sudah tidak berminat menjadi petani. Kelangkaan sumber daya tenaga kerja petani menyebabkan negara Indonesia harus mengimpor beras dari Thailand dan Myanmar.


Kelangkaan sumber daya pengusaha


Kelangkaan barang dan jasa juga bisa terjadi jika kita kekurangan sumber daya pengusaha. Jika tidak ada pengusaha, maka sebanyak apapun sumber daya ekonomi dan sumber daya tenaga kerja, maka tetap tidak akan bisa menghasilkan barang dan jasa. Misalnya saja, suatu negara yang memiliki sumber daya kapas yang melimpah dan sumber daya tenaga kerja yang siap. Tanpa adanya pengusaha di industri tekstil, maka kapas dan manusia itu tidak ada gunanya.


Kelangkaan sumber daya modal


Pengusaha tanpa sumber daya modal juga menyebabkan kelangkaan barang dan jasa. Hanya ada ide, tidak bisa dieksekusi untuk menjadi barang. Modal sangat penting dan memiliki peran vital untuk menghasilkan barang dan jasa.


Keserakahan Manusia


Sifat manusia yang serakah bisa mengakibatkan kelangkaan barang dan jasa. Contoh: Penebangan hutan secara liar dan tidak terkontrol pada akhirnya dapat memusnahkan hutan itu sendiri. Padahal hutan berfungsi sebagai faktor produksi alam yang bisa menghasilkan barang, seperti kertas, kayu lapis, mebel, pensil, dan lain-lain. Keserakahan manusia bisa terjadi di mana saja. Bahkan sumber daya laut yang sangat luas bisa habis jika manusia serakah. Dalam salah satu acara televisi di Discovery Channel, ada pengakuan dari nelayan Portugal yang merasa telah kehabisan ikan di laut.


Pertumbuhan Penduduk yang Cepat


Pertumbuhan penduduk mengakibatkan pertambahan kebutuhan manusia akan barang dan jasa. Ujung-ujungya adalah terjadi kelangkaan barang dan jasa. Menurut Thomas Robert Malthus, penduduk bertambah menurut deret ukur (2, 4, 8, 16, 32, dan seterusnya), sedangkan makanan bertambah menurut deret hitung (1, 2, 3, 4, 5, 6, dan seterusnya). Akibatnya jumlah  barang dan jasa, termasuk makanan, tidak seimbang dengan jumlah penduduk.


Bencana Alam


Alam menjadi berkah pada keadaan yang tidak berlebihan. Namun, jika terjadi bencana alam, alam bisa menjadi penyebab kelangkaan barang dan jasa. Berhektar-hektar padi bisa puso atau rusak terkena bencana banjir. Puluhan ribu rumah, gedung, kantor, sekolah yang menyediakan barang dan jasa bisa hancur seketika terkena gempa bumi. Kebakaran pasar bisa menyebabkan kerugian besar dan ketersediaan barang dan jasa bisa ludes seketika.


Lambatnya Perkembangan Teknologi Tertentu


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kelangkaan barang dan jasa. Seandainya ada alat atau teknologi yang bisa membuat panen padi setiap satu bulan sekali maka bahaya kekurangan beras bisa dihindarkan. Ini adalah contoh bahwa lambatnya perkembangan teknologi, khususnya pertanian bisa menyebabkan kelangkaan barang dan jasa. Di bidang pertambangan, sudah saatnya manusia mengembangkan teknologi untuk melakukan kegiatan pertambangan di luar angkasa.


Demikianlah penjelasan mengenai faktor-faktor penyebab kelangkaan barang dan jasa. Ada begitu banyak hal yang bisa menyebakan terjadinya kelangkaan barang dan jasa ini. Salah satu yang paling berbahaya adalah habisnya sumber daya alam karena keserakahan manusia. Oleh karena itu, kita harus bijak mengolah alam karena alam merupakan pinjaman dari anak dan cucu kita. Semoga bermanfaat

loading...
Blog, Updated at: 10.53

0 komentar:

Posting Komentar