MACAM-MACAM KEGUNAAN BARANG ATAU BENDA

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 21 Juni 2017

Loading...

Manusia mengonsumsi banyak barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Setiap barang dan jasa yang dikonsumsi manusia tentu memiliki kegunaan. Dalam pelajaran ekonomi di sekolah, kita mengenal istilah kegunaan barang. Yang dimaksud dengan kegunaan adalah kemampuan suatu benda untuk memenuhi kebutuhan manusia. Jadi, benda yang tidak mampu memenuhi kebutuhan manusia dianggap tidak memiliki kegunaan.

Beberapa contoh barang dan jasa yang memiliki kegunaan dan dikonsumsi manusia antara lain adalah meja, mobil, computer/laptop, jagung, smarthone, dan lain-lain. Meja memiliki kegunaan untuk meletakkan  barang, mobil memiliki kegunaan sebagai alat transportasi, jagung memiliki kegunaan sebagai makanan pokok pengganti nasi, smarthone memiliki kegunaan sebagai alat komunikasi dan juga alat untuk meningkatkan status sosial. Benda-benda tersebut disebut memiliki kegunaan karena mampu memenuhi kebutuhan manusia.

macam-macam kegunaan barang


Menurut Al Meyers, macam-macam kegunaan barang atau benda dapat diuraikan sebagai berikut. 
  1. Element utility (faedah elemen), artinya benda berguna karena mempunyai zat asli yang dibutuhkan. Misalnya umbi-umbian, buah-buahan, dan sayur-sayuran. 
  2. Time utility (faedah waktu), artinya benda akan lebih berfaedah bila digunakan pada waktu yang tepat. Sebagai contoh menimbun gabah untuk persiapan pada masa paceklik dan payung pada saat musim hujan.
  3. Place utility (faedah tempat), artinya benda yang setelah dipindahkan tempatnya akan lebih berfaedah bagi manusia. Misalnya pasir di sungai dipindahkan ke kota dan kayu di hutan dipindahkan ke kota dipakai sebagai bahan bangunan. 
  4. Form utility (faedah bentuk), artinya benda setelah diubah bentuknya dapat lebih berfaedah bagi manusia. Misalnya kayu diubah mejadi mebel, kain diubah menjadi baju/celana, gandum diubah menjadi roti, dan sebagainya. 
  5. Ownership utility (faedah hak milik), artinya benda yang dapat berfaedah setelah dimiliki. Misalnya mobil yang masih di toko setelah dibeli oleh konsumen akan menjadi lebih berguna


Selain itu, ada juga anggapan yang menyatakan 6 macam kegunaan barang, yaitu :
  1. Kegunaan dasar (element utility), yaitu benda memiliki kegunaan karena dapat dipakai untuk membuat barang lain. Tebu sebagai bahan pembuat gula. Kapas sebagai bahan pembuat benang.  Kedelai sebagai bahan pembuat tahu dan tempe. 
  2. Kegunaan bentuk (form utility), yaitu benda memiliki kegunaan bila diubah menjadi bentuk lain. Contoh: Kayu diubah menjadi kursi. Kain diubah menjadi baju. Kulit sapi diubah menjadi sepatu.
  3. Kegunaan tempat (place utility), yaitu benda memiliki kegunaan bila dipindah ke tempat lain. Contoh: Batu di gunung diangkut ke kota sebagai bahan bangunan. Pasir di desa diangkut ke kota sebagai bahan bangunan. Sayur di kebun diangkut ke pasar untuk dijual. 
  4. Kegunaan waktu (time utility), yaitu kegunaan barang bila terjadi perubahan waktu. Contoh: Payung dan jas hujan menjadi berguna pada saat turun hujan. Obat menjadi berguna pada saat jatuh sakit. Baju hangat menjadi berguna pada saat musim dingin.
  5. Kegunaan milik (ownership utility), yaitu benda memiliki kegunaan bila terjadi perubahan hak milik. Contoh: Ikan di laut menjadi berguna setelah ditangkap (dimiliki). Buku di toko menjadi berguna setelah dibeli (dimiliki).
  6. Kegunaan pelayanan (service utility), yaitu barang memiliki kegunaan barang bila ada pelayanan yang diberikan. Contoh: Televisi menjadi berguna bila ada siaran. Angkutan umum menjadi berguna bila dijalankan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kegunaan barang / benda dan macam-macam kegunaan barang/ benda. Semoga bermanfaat.

Loading...
Blog, Updated at: 19.12

0 komentar:

Posting Komentar