Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Ciri-Ciri serta Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 20 Juni 2017

Loading...

Salah satu sistem ekonomi yang paling banyak dianut oleh negara-negara di dunia pada saat ini adalah sistem ekonomi campuran. Sistem ekonomi campuran ini dalam pelaksanaannya disetiap negara pasti berbeda-beda. Sistem ekonomi campuran menggabungkan kelebihan-kelebihan yang ada pada sistem ekonomi kapitalis dan sosialis. Meskipun demikian, sistem ekonomi campuran tetap saja memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian sistem ekonomi campuran, ciri-ciri serta kelebihan dan kekurangannya.


Pengertian Sistem Ekonomi Campuran


Sistem ekonomi campuran merupakan perpaduan antara sistem liberal dan sistem sosialis, yang mengambil garis tengah antara kebebasan dan pengendalian, yang juga berarti garis antara peran mutlak negara/kolektif dan peran menonjol individu. Pada sistem ekonomi campuran, antara pemerintah dengan masyarakat atau swasta bersama-sama untuk ikut meningkatkan kegiatan perekonomian. Pemerintah sebagai pengendali dan stabilisator kegiatan ekonomi, sedangkan masyarakat diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Campur tangan pemerintah dalam kegiatan perekonomian pada sistem ekonomi campuran antara lain adalah membuat peraturan-peraturan untuk mengendalikan ekonomi masyarakat, melakukan kebijakan fiskal dan moneter serta turun langsung dalam kegiatan perekonomian dengan mendirikan badan-badan usaha milik negara yang berperan dalam meningkatkan anggaran pendapatan dan belanja negara.


sistem ekonomi campuran

Ciri-ciri sistem ekonomi campuran


Karena merupakan hasil peleburan antara sistem ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi  sosialis, maka sistem ekonomi campuran memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan kedua sistem ekonomi tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri sistem ekonomi campuran :
  1. Adanya campur tangan pemerintah dalam perekonomian. 
  2. Pihak swasta ikut berperan dalam kegiatan perekonomian.
  3. Gabungan dan sistem ekonomi komando dan sistem ekonomi liberal.
  4. Barang modal dan sumber daya vital dikuasai langsung oleh pemerintah.
  5. Peran pemerintah dan swasta berimbang.
  6. Pemerintah melakukan intervensi dalam perekonomian dengan cara membuat peraturan-peraturan, menetpakan kebijakan fiskal dan moneter serta mengawasi kegiatan pada sektor swasta.


Kelebihan sistem ekonomi campuran


Beberapa kelebihan sistem ekonomi campuran antara lain adalah :
  1. Sektor ekonomi pemerintah dan swasta terpisah secara jelas. 
  2. Fluktuasi harag dapat lebih terkendali. 
  3. Hak milik perorangan diakui dan pemerintah mendorongnya.


Sistem ekonomi campuran memberikan kesempatan kepada pihak swasta untuk berusaha dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh keuntungan. Pada sistem ekonomi sosialis, tentu saja hal ini tidak berlaku. 


Keburukan sistem ekonomi campuran


Kekurangan sistem ekonomi campuran adalah sebagai berikut :
  1. Jika peran pemerintah mendominasi akan timbul etatisme. 
  2. Jika peran swasta mendominasi, akan timbul monopoli yang merugikan masyarakat.


Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah dapat mengatur, mengawasi, menstabilkan, dan memajukan ekonomi nasional secara keseluruhan dengan cara mendorong dan membimbing inisiatif swasta dan prakarsa rakyat. Pada umumnya campur tangan pemerintah dalam perekonomian melalui kebijakan fiskal dan moneter. Peran pemerintah dalam sistem ekonomi campuran lebih berat jika dibandingkan dengan peran pihak swasta.

Pada saat ini dapat dipastikan tidak ada satu negara pun yang menganut sistem ekonomi komando ataupun sistem ekonomi pasar secara murni. Amerika Serikat yang mengikrarkan diri sebagai negara paling kapitalis tetap saja pemerintahnya ikut mengatur sektor swasta, seperti Lembaga Federal mengatur keselamatan kerja, kualitas lingkungan, persaingan, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Negara RRC, yang semula menerapkan sistem komando, sekarang menggunakan pendekatan pasar bebas yang semakin meningkat setiap saat. Maka tidak heran kita akan sangat mudah menemukan produk- produk Cina di negara kita.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sistem ekonomi campuran, ciri-ciri sistem ekonomi campuran, serta kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi campuran.

Loading...
Blog, Updated at: 21.01

0 komentar:

Posting Komentar