Peran Perusahaan Dalam Kegiatan Ekonomi

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 21 Juni 2017

loading...

Perusahaan atau rumah tangga produksi adalah pelaku ekonomi awal sebelum terjadinya globalisasi. Sejak zaman dahulu, perusahaan telah menghasilkan barang dan jasa hanya dengan mengandalkan bantuan rumah tangga sebagai penyedia faktor produksi tenaga kerja.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengetahui ada berbagai macam perusahaan (rumah tangga produksi). Ada perusahaan yang dimiliki swasta, ada pula perusahaan yang dimiliki negara. Selain itu, kita mengenal adanya koperasi sebagai salah satu bentuk usaha yang memiliki peran dalam kegiatan ekonomi. 

Peran Perusahaan Dalam Kegiatan Ekonomi


Jika ditinjau dari bentuk hukum, perusahaan dapat dikelompokkan menjadi perusahaan perorangan, firma, CV, dan PT. Perusahaan-perusahaan itu sebagai salah satu pelaku ekonomi memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi. Secara umum, peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi meliputi hal-hal berikut:
  1. Membeli faktor-faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, modal, dan pengusaha (kewirausahaan). 
  2. Mengelola atau mengombinasikan faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang dan jasa. Di sini perusahaan berperan sebagai produsen. 
  3. Menjual barang dan jasa yang sudah dihasilkan kepada rumah tangga, pemerintah, masyarakat luar negeri atau kepada ketiga-tiganya. 
  4. Bertanggung jawab terhadap kesejahteraan karyawan dan masyarakat sekitar. 

Kesejahteraan dapat ditingkatkan dengan memberikan upah di atas UMR (upah minimum regional), menjamin keselamatan tenaga kerja, dan menjamin hari tua karyawan. Kesejahteraan masyarakat sekitar dapat ditingkatkan dengan cara aktif menyumbang pembangunan sarana-sarana umum, mengurangi atau menghilangkan dampak negatif limbah, membina perusahaan-perusahaan kecil sebagai bapak angkat, memberikan bea siswa, dan lain-lain.

Ada 3 peran penting perusahaan dalam kegiatan ekonomi, yaitu sebagai produsen, sebagai pengguna faktor produksi dan sebagai agen pembangunan.

Semua perusahaan berperan sebagai produsen, tergantung bidangnya. Perusahaan tekstil akan menghasilkan barang dan jasa berupa pakaian, perusahaan makanan akan menghasilkan makanan yang siap dihidangkan secara instan, perusahaan otomotif, perusahaan asuransi dan perusahaan-perusahaan bidang apapun akan menghasilkan produk.

Sebagai produsen, perusahaan tentu hanya menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Pada saat ini, jasa-jasa yang dibutuhkan masyarakat antara lain adalah jasa keuangan seperti asuransi dan dana pensiun.

Perusahaan juga berperan sebagai pengguna faktor produksi. Tanpa adanya faktor produksi, tentu saja perusahaan tidak bisa menjalankan fungsinya untuk menghasilkan produk. Perusahaan mengandalkan faktor produksi alam dan faktor produksi tenaga kerja yang berasal dari rumah tangga. Ada hubungan timbal balik dan saling menguntungkan antara rumah tangga dan perusahaan dalam kegiatan ekonomi. Perusahaan bisa mengahsilkan barang dan jasa untuk mencari keuntungan, sedangkan rumah tangga akan memperoleh upah dari pekerjaannya di perusahaan.

Perusahaan berperan sebagai agen pembangunan. Apa artinya ? peran perusahaan sebagai agen pembangunan atau perantara pembangunan dilakukan dengan cara memlakukan perekrutan pegawai dari rumah tangga. Perusahaan memberikan dampak besar dengan melakukan perekrutan terhadap anggota rumah tangga menjadi karyawan karena perusahaan memberikan upah yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perusahaan secara tidak langsung telah membantu tugas negara untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Demikianlah penjelasan mengenai peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi. Peran perusahaan dalam kegiatan perekonomian itu antara lain adala sebagai penghasil barang dan jasa (produsen), sebagai pengguna faktor produksi, dan sebagai agen pembangunan. Semoga bermanfaat.  

loading...
Blog, Updated at: 05.20

0 komentar:

Posting Komentar