11 Ciri-Ciri Wirausaha yang Baik dan Akan Sukses di Masa Depan

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 09 Juli 2017

loading...

Menjadi seorang wirausaha atau entrepreneur bukanlah hal yang mudah. Tidak semua orang tertarik dengan bisnis dan menjadi bos. Sebagian lainnya lebih nyaman hidup sebagai karyawan dan bekerja pada perusahaan atau pemerintah. Oleh karena itu, seorang entrepreneur atau wirausaha sangat jarang dalam suatu negara. Biasanya seseorang telah memiliki ciri-ciri wirausaha sejak sebelum memulai usaha. Seseorang bisa disebut sebagai wirausaha apabila memiliki ciri-ciri, sebagai berikut: 

1. Mampu melihat, mencari, dan menangkap peluang 

Seorang wirausaha mampu melihat dan menangkap peluang dengan baik. Misalnya saja, ketika musim liburan, seorang pria berlibur ke Bali. Karena kamera yang ia gunakan tidak cukup handal ketika berselancar, maka ia meneciptakan kamera baru yang saat ini dikenal dengan nama kamera GoPro. Pria itu adalah Nicholas Woodman. 

2. Suka bekerja keras

Seorang wirausaha pantang untuk berpangku tangan. Kerja keras adalah bagian dari hidupnya dan ia akan menikmatinya seperti layaknya menikmati makanan dan minuman serta liburan. Wirausahawan sejati tidak akan duduk berleha-leha dan bermimpi untuk mendapatkan penghasilan banyak dalam waktu singkat. Karena ia sadar, hanya kerja keras yang akan membawanya ke dalam kesuksesan.

ciri ciri wirausaha yang baik


3. Mempunyai jiwa kepemimpinan (leadership)

 Membangun bisnis besar tidak bisa hanya dengan mengikuti dan menjiplak. Oleh karena itu, seorang wirausahawan harus memiliki ciri kepemimpinan. Lihat saja Nadiem Makarim, founder Gojek. Aplikasi yang diciptakannya sangat membantu masyarakat dan itu merupakan pertama kalinya ada. Setelah itu, lahir bisnis lain yang mulai mengikuti model bisnis Gojek.

4. Mampu mengorganisasi faktor-faktor produksi. 

Ciri wirausaha yang mutlak ada lainnya adalah kemampuan untuk mengorganisasi faktor-faktor produksi. Seorang wirausaha harus mampu melakukan manajemen terhadap waktu, uang, tenaga kerja, dan sumber daya alam yang ada dengan baik.

5. Mempunyai rasa percaya diri tinggi dan selalu bersikap positif.

Wirausahawan yang sukses wajib memiliki percaya diri yang tinggi. Bagaimana mungkin seorang bisa memimpin suatu proyek jika ia sendiri tidak yakin dan berpikir negatif. Oleh karena itu, tidak heran jika wirausahawan akan memiliki pergaulan yang positif pula. 

6. Kreatif, inisiatif, dan inovatif

Tanpa adanya kreativitas, inisiatif dan inovasi, maka sebuah bisnis hanyalah menjadi bisnis kelan rendahan. Tanpa inovasi dari seorang wirausahawan, maka cepat atau lambat bisnis akan kalah bersaing dengan bisnis lainnya. Kita bisa melihat Nokia yang kalah persaingan dengan Apple dan Samsung.

7. Berorientasi pada tugas dan hasil untuk meraih keuntungan

Seorang wirausaha sejati akan memfokuskan dirinya pada hasil dan sebanyak-banyaknya meraih keuntungan. Oleh karena itu, ia akan memprioritaskan waktunya untuk hal yang paling penting sebelum beranjak ke hal lain yang kurang penting. Bagi seorang wirausaha, meraih keuntungan yang sebanyak-banyaknya  dan memberikan manfaat kepada banyak orang adalah tujuan utama. 

8. Berani mengambil risiko yang telah diperhitungkan sebelumnya

Menjadi wirausaha butuh keberanian. Mengapa ? kita tahu bahwa dunia wirausaha adalah dunia yang penuh risiko. Calon wirausaha harus memiliki keberanian untuk menanggung semua risiko yang ada dan siap bertanggung jawab apapun yang terjadi.

9. Memiliki cita-cita, tujuan, dan visi ke depan

Wirausahawan harus memiliki cita-cita, tujuan dan visi ke depan. Facebook tidak akan mungkin sebesar saat ini jika Mark Zukerberg hanya menjadikan Facebook sebagai penghubung mahasiswa di kampus Harvard.

10. Mampu berkomunikasi dengan semua kalangan

Salah satu hal yang dibutuhkan untuk membangun usaha adalah jaringan yang baik. Oleh karena itu, maka seorang wirausaha dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan semua kalangan, baik itu pejabat maupun rakyat kecil.

11. Terbuka terhadap pendapat, kritik, dan saran orang lain.

Ciri-ciri wirausaha yang tak kalah penting lainnya adalah keterbukaannya terhadap pendapat, kritik dan saran orang lain. Meskipun memiliki prinsip yang kuat, seorang berjiwa pengusaha perlu mendengar kritik dan saran orang lain agar jalan mencapai kesuksesan terbuka lebar. 

Semakin lengkap ciri-ciri wirausaha pada diri seseorang maka akan semakin sukses orang tersebut dalam berusaha. Sebaliknya, semakin sedikit ciri-ciri wirausaha yang ada pada seseorang semakin kurang berhasil usaha yang dijalankannya. Oleh karena itu, agar semakin berhasil dalam menjalankan usaha, seorang wirausaha harus terus-menerus menempa dirinya agar sungguh-sungguh berjati diri seorang wirausaha yang mampu memiliki semua ciri-ciri sebagai seorang wirausaha.

loading...
Blog, Updated at: 08.25

0 komentar:

Posting Komentar