Bidang-Bidang Produksi

Posted by Ensikloblogia on Senin, 03 Juli 2017

Loading...

Kegiatan produksi merupakan hal yang sangat vital dalam kelangsungan hidup masyarakat dan peradaban manusia. Produksi tidak sekedar menghasilkan barang dan jasa. Dalam praktekya, produksi dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang.  Bidang-bidang produksi antara lain adalah bidang ekstraktif, bidang agraris, industri, perdagangan dan jasa. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa bidang-bidang produksi :

Bidang ekstraktif

Bidang ekstraktif yaitu produksi yang memungut langsung hasil yang disediakan alam tanpa melakukan pengolahan lebih lanjut. Seperti: pertambangan, penangkapan ikan, dan lain-lain. Bidang produksi ektraktif bisa dilakukan secara langsung, bahkan oleh masyarakat local karena cara melakukan proses produksi ektraktif sangat sederhana.

Bidang agraris

Bidang agraris, yaitu produksi yang mengolah alam untuk memelihara tanaman dan hewan. Seperti: pertanian, perkebunan, peternakan, dan lain-lain. Sama halnya dengan bidang ekstraktif, kegiatanproduksi di bidang agraris juga dapat dilakukan dengan cara yang sederhana sehingga bisa mendapatkan hasil barang dan jasa yang cepat dan dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Bidang industri

Kegiatan produksi di bidang industri mengandalakan hasil produksi agraris dan ektraktif.  Bidang industri, yaitu produksi yang mengolah;
1) bahan mentah menjadi barang jadi contoh: kedelai diolah menjadi tempe
2) bahan mentah menjadi barang setengah jadi, contoh: kapas diolah menjadi benang pintalan
3) bahan setengah  jadi menjadi barang setengah jadi, contoh: pintalan benang diolah menjadi kain
4) bahan setengah  jadi menjadi barang jadi, contoh: kain diolah menjadi pakaian
Pariwisata termasuk bidang produksi industri, karena mengolah objek wisata alam untuk mendatangkan wisatawan sehingga diperoleh pendapatan.

Bidang perdagangan

Bidang perdagangan, yaitu produksi yang mengumpulkan dan menjual kembali hasil produksi kepada yang memerlukan untuk memperoleh keuntungan. Seperti: toko, supermarket, kios, dan lain-lain.


Bidang jasa

Bidang jasa, yaitu produksi yang membantu dan memperlancar proses produksi tanpa ikut membuat barang itu sendiri. Jadi, bidang produksi jasa tidak menghasilkan barang  melainkan hanya menghasilkan jasa. Contoh: perbankan, angkutan, asuransi, dan lain-lain.

bidang produksi


Demikianlah penjelasan mengenai bidang-bidang produksi, yang di dalamnya meliputi bidang ekstraktif, industri, jasa, agraris, dan perdagangan. Semoga bermanfaat.


Loading...
Blog, Updated at: 02.12

0 komentar:

Posting Komentar