Cara-Cara Perluasan Produksi

Posted by Ensikloblogia on Senin, 03 Juli 2017

Loading...

Dalam persaingan bisnis di era moderen, sebuah perusahaan tentu saja tidak akan memonopoli sutau pasar dengan mudah. Perusahaan akan menghadapi persaingan sengit yang mendorong terjadinya perluasan produksi. Perluasan produksi adalah usaha untuk meningkatkan atau menambah kuantitas (jumlah) dan kualitas (mutu) barang dan jasa yang dihasilkan melalui beberapa cara. Dengan melakukan perluasan produksi, sebuah perusahaan tentu saja berharap agar bisa memenangkan persaingan dengan perusahaan lainnya. Cara-cara perluasan produksi meliputi ekstensifikasi, intensifikasi, otomatisasi, diversifikasi, normalisasi, spesialisasi, mekanisasi, dan memberikan pelayanan dan kemudahan.
  1. Ekstensifikasi, yaitu perluasan produksi dengan cara menambah faktor produksi.contoh ekstensifikasi antara lain adalah menambah modal, memperluas lahan, dan meningkatkan jumlah tenaga kerja.
  2. Intensifikasi, yaitu perluasan produksi yang dengan cara memperbesar kemampuan berproduksi dari faktor produksi yang sudah ada, tanpa menambah jumlah faktor produksi. Contoh: untuk meningkatkan hasil pertanian dilakukan dengan cara memilih bibit yang unggul, memperbaiki pengairan, memberi pupuk dengan teratur, dan lain-lain.
  3. Otomatisasi, yaitu cara perluasan produksi dengan penggunaan alat canggih dan moderen sehingga memperoleh jumlah kuantitas hasil produksi yang lebih banyak. Kebanyakan industri moderen telah menggunakan cara ini. Barang yang dihasilkan banyak dalam waktu singkat dan tetap berkualitas.
  4. Diversifikasi, yaitu perluasan produksi dengan cara menambah jenis produksi. Contoh: awalnya satu pabrik hanya memproduksi pensil, kemudian pabrik tersebut memproduksi buku gambar, mistar atau penggaris, penghapus, dan lain-lain. Contohnya adalah FaBer Castel dan Steadler.
  5. Normalisasi, yaitu perluasan produksi dengan cara menambah keragaman dari satu jenis produksi. Contoh: ada pabrik yang pada awalnya hanya menjual teh dalam bentuk gelas. Lambat laun perusahaan itu membuat teh dalam bentuk botol, atau kaleng bahkan mungkin saja dalam bentuk galon.
  6. Spesialisasi, yaitu perluasan produksi dengan cara mengadakan pembagian kerja. Dengan pembagian kerja, kualitas barang yang dihasilkan bisa meningkat dan umumnya kuantitas (jumlah) barang juga ikut meningkat, ini disebabkan karena setiap pekerjaan dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan di bidangnya. 
  7. Mekanisasi, yaitu perluasan produksi dengan cara menggunakan mesin- mesin yang bisa menghemat waktu dan tenaga, sehingga hasil produksi lebih meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. 
  8. Memberikan fasilitas dan kemudahan, yaitu perluasan produksi yang dilakukan pemerintah sebagai suatu kebijakan umum, di antaranya dengan cara pemberian kredit bagi usaha kecil dan menengah, deregulasi (penyederhanaan peraturan), debirokratisasi (penyederhanaan mekanisme perizinan), mengadakan kursus-kursus peningkatan keterampilan kerja, dan lain-lain.

cara perluasan produksi


Demikianlah penjelasan mengenai cara-cara perluasan produksi. Semoga bermanfaat untuk semua.

Loading...
Blog, Updated at: 02.17

0 komentar:

Posting Komentar