Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 23 Juli 2017

loading...

Pada dasarnya siapapun orangnya akan selalu menghindari predikat menganggur, namun pada kenyataannya di negara berkembang khususnya negara Indonesia pengangguran selalu ada dan jumlahnya cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Ada banyak sekali faktor penyebab terjadinya pengangguran. Berikut ini adalah penjelasan mengenai penyebab terjadinya pengangguran tersebut :

Adanya ketidakseimbangan antara lapangan kerja dengan jumlah tenaga kerja


Semakin lama jumlah tenaga kerja semakin meningkat. Jumlah lulusan sarjana hingga master bahkan sulit memiliki pekerjaan karena sedikitnya jumlah lapangan kerja yang tersedia. Salah satu contoh jurusan yang lulusan sarjananya banyak menganggur adalah sarjana hukum.  

Kurangnya pendidikan dan keterampilan

Kurangnya pendidikan menyebabkan seseorang sangat sulit untuk diserap sebagai tenaga kerja. Orang yang tidak memiliki pendidikan yang tinggi biasanya hanya akan berakhir sebagai pekerja kasar. Jika pekerjaan kasar tidak ada dan tidak memiliki jiwa pengusaha, maka seseorang bisa menjadi pengangguran abadi.

Kemiskinan

Istilah yang kaya tambah kaya dan yang miskin semakin miskin bukanlah isapan jempol belaka. Orang-orang yang berlatar belakang dari keluarga yang miskin umumnya juga akan miskin karena tidak memiliki kesempatan memperoleh pendidikan, atau tidak memiliki cukup bekal untuk merantau. Akhirnya, hal yang akan mereka lakukan hanyalah menganggur. Kemiskinan menjadi salah satu biang kerok penyebab terjadinya pengangguran di Indonesia.

Domisili yang jauh dari tempat yang banyak membuka lapangan kerja

Daerah yang kurang berkembang biasanya akan menjadi sarang bagi banyak pengangguran. Orang-orang yang ada di daerah terpencil biasanya memiliki keinginan untuk sukses yang besar. Namun, apa daya jika domisili mereka jauh dari kampong halaman dan tidak memperoleh restu untuk mengadu nasib di tanah rantau. Akhirnya, orang seperti ini akan berakhir menjadi pengangguran.

Terjadinya PHK

Salah satu momok paling ditakuti oleh karyawan swasta adalah PHK atau pemutusan hubungan kerja. PHK menjadi salah satu penyebab terjadinya pengangguran karena biasanya orang yang telah di PHK akan kehilangan lapangan kerja dan sulit menemukan tempat kerja yang baru.

Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran


Keberadaan pasar global yang lebih bebas

Di era pasar global dan perdagangan global yang begitu bebas, maka pengangguran akan menjadi salah satu masalah besar. Perusahaan asing cenderung memasukkan pekerja dari negara mereka dari pada menggunaka tenaga kerja asli. Akhirnya, masyarakat asli hanya menjadi pengangguran.  

Tingginya Tingkat Kemajuan Teknologi dan Informasi 

Adanya kemajuan teknologi di satu sisi memang kerja semakin efisien tetapi di sisi lain tenaga kerja akan banyak kehilangan pekerjaannya. Sebagai contoh untuk mengetik sebuah majalah dengan adanya pembatasan waktu dibutuhkan banyak orang, tetapi dengan munculnya komputer, maka pengetikan tersebut cukup dengan satu orang, yang berarti sebagian tenaga kerja tersebut terpaksa tidak bisa melanjutkan pekerjaannya karena sudah digantikan mesin.

Menurunnya permintaan tenaga kerja 

Semenjak krisis moneter yang terjadi akhir tahun 1997 yang lalu, tingkat pengangguran di Indonesia semakin tinggi, salah satu penyebabnya adalah banyaknya perusahaan/pabrik tutup. Tutupnya perusahaan ini memang karena situasi dan kondisi terutama bagi perusahaan yang bahan bakunya mengimpor dari luar. Pengangguran besar- besaran dapat terjadi jika tingkat pembelanjaan dalam suatu perekonomian turun drastis. Oleh sebab itu salah satu cara untuk mengatasinya agar jumlah pengangguran ini terkendali adalah membeli barang-barang buatan sendiri.

Adanya kelemahan dalam pasar tenaga kerja 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa motif tenaga kerja di dalam bekerja adalah untuk mendapatkan upah atau gaji. Sampai sejauh mana pekerjaan itu dilakukan tergantung pada sampai seberapa besar tingkat upah yang diterima. Hal ini berarti harus ada kesepakatan antara pihak perusahaan dengan pihak pekerja dalam menjalankan pekerjaannya. Namun pada kenyataannya posisi tawar pekerja sangat lemah sehingga muncul apa yang dinamakan ketidakadilan. Untuk mengantisipasi ketidakadilan tersebut dibentuklah serikat pekerja yang tujuannya melindungi hak-hak para pekerja. Di pihak lain pemerintah sebagai penentu kebijakan seringkali dianggap terlalu ikut campur tangan dalam pasar tenaga kerja. Dengan demikian serikat pekerja dan pemerintah karena perannya tersebut secara tidak langsung menimbulkan munculnya pengangguran.

Kurangnya informasi tentang lowongan pekerjaan 

Pemerintah beserta pihak swasta sepakat untuk membuka luas informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia. Jika kita pergi ke kantor-kantor atau ke tempat-tempat umum yang strategis, di sana terdapat papan pengumuman yang berisi di antaranya adalah informasi mengenai lowongan pekerjaan. Begitu juga media-media baik itu media cetak maupun media radio dan televisi ataupun media yang lainnya, di sana juga seringkali memampangkan informasi lowongan pekerjaan.

Ketidakmampuan pekerja untuk mencari pekerjaan 

Sebab-sebab ketidakmampuan pekerja dalam mencari pekerjaan antara lain : 
  1. Pekerja sibuk dengan kegiatannya sehingga untuk mencari pekerjaan di tempat yang baru merasa kesulitan. Karena di tempat kerja lama merasa tidak layak karena imbalan yang diterima, sedang di tempat yang baru belum didapat, maka mereka memutuskan untuk menganggur sementara. 
  2. Keterampilan yang dimiliki pekerja sangat rendah sedang tempat pekerjaannya membutuhkan keahlian tingkat tinggi. Sehingga mereka merasa tidak sanggup untuk menjalankan pekerjaaannya. 
  3. Persaingan dalam dunia kerja begitu kompetitif sementara itu mereka tidak mempunyai bekal baik keahlian maupun pendidikan sehingga kalah bersaing.


Demikianlah penjelasan mengenai faktor-faktor penyebab terjadinya pengangguran. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan semoga yang masih menganggur bisa segera mendapatkan pekerjaan yang layak.

loading...
Blog, Updated at: 22.20

0 komentar:

Posting Komentar