Macam-Macam Proses Produksi

Posted by Ensikloblogia on Senin, 03 Juli 2017

Loading...

Proses produksi adalah tahap-tahap yang harus dilalui dalam memproduksi barang atau jasa. Ada proses produksi yang memerlukan waktu lama, seperti pembuatan gedung pencakar langit, pembuatan pesawat terbang, dan lain-lain. Ada proses produksi yang memerlukan waktu sebentar, seperti pembuatan kain, pembuatan televisi, dan lain-lain. Ada juga proses produksi yang hasilnya dapat langsung dinikmati konsumen, seperti pijat, pentas hiburan, dan produksi jasa lain. 

Dilihat dari caranya, proses produksi dapat digolongkan menjadi tiga macam. 
  • Proses produksi pendek, yaitu proses produksi yang pendek/cepat dan langsung menghasilkan barang atau jasa yang bisa dinikmati konsumen. Contoh: proses produksi makanan, seperti singkong goreng, pisang goreng, dan lain-lain. 
  • Proses produksi panjang, yaitu proses produksi yang memakan waktu lama. Contoh: proses produksi menanam padi dan membuat rumah. 
  • Proses terus-menerus/kontinu, yaitu proses produksi yang mengolah bahan-bahan secara berurutan melalui beberapa tahap pengerjaan sampai menjadi barang jadi. Ini berarti bahan-bahan tersebut harus melewati beberapa mesin secara terus-menerus hingga menjadi barang jadi. Contoh: proses produksi gula, kertas, dan lain-lain. 
  • Proses produksi berselingan/intermitten, yaitu proses produksi yang mengolah bahan-bahan dengan cara menggabungkannya menjadi barang jadi. Misalnya, pada proses produksi mobil. Ada bagian yang membuat kerangka, ada bagian yang membuat setir, ada bagian yang membuat ban, kaca, dan lain-lain. Setelah setiap bagian selesai dengan kerjanya, hasilnya digabungkan menjadi mobil.

Kegiatan produksi pada dasarnya adalah usaha untuk menambah guna bentuk, tempat dan waktu sehingga menghasilkan barang yang  bermanfaat untuk kehipan manusia. Banyaknya jenis barang yang dihasilkan tentu saja menyebabkan banyak perbedaan proses produksi

Proses produksi pendek dapat dilakukan oleh semua orang tanpa perlu mengeluarkan banyak waktu dan modal. Proses produksi jangka panjang membutuhkan kesabarang dan memakan waktu yang tidak sedikit. Butuh  pengorbanan.

Proses produksi terus menerus membutuhkan konsistensi dan kemampuan untuk tidak mudah bosan. Sementara itu proses produksi berselingan membutuhkan perencanaan yang matang agar bisa berhasil dengan baik.

Macam-Macam Proses Produksi


Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam proses produksi. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Loading...
Blog, Updated at: 02.30

0 komentar:

Posting Komentar