Pengertian Hak Cipta, Hak Paten dan Hak Merek

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 30 Juli 2017

Loading...

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu sering mendengar istilah hak cipta, hak paten dan hak merek. Ketiga jenis hak tersebut berkaitan dengan penemuan atau kepemilikian sesuatu yang tidak boleh diganggu gugat dan diklaim oleh pihak lain. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian hak cipta, hak paten dan hak merek.

Hak cipta (copy right)


Hak cipta adalah hak khusus yang diberikan kepada pencipta atau pihak lain sebagai penerima hak cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptanya. Hak cipta diberikan dalam bidang ilmu pengetahuan, kesusastraan, dan kesenian. Hak cipta memiliki masa pemberlakuan, misal untuk buku berlaku sampai 50 tahun sesudah penciptanya meninggal, dan untuk program komputer berlaku 25 tahun sejak diumumkan. Hak cipta melindungi penciptanya dari pihak lain yang ingin menjiplak atau memperbanyak hasil ciptaannya tanpa izin khusus dari penciptanya.

Hak Paten


Hak paten adalah hak khusus yang diberikan kepada penemu atas hasil penemuannya di bidang teknologi yang berbentuk proses produksi dan hasil produksi atau penyempurnaan dari keduanya. Hak paten melindungi penemunya dari pihak lain yang ingin menjiplak hasil temuannya, kecuali pihak lain tersebut memiliki izin (lisensi) dari penemunya. Contoh: hak paten yang dipegang oleh perusahaan Microsoft atas teknologi software komputer.

Hak Merek


Hak merek adalah hak atas tanda atau nama yang diberikan pada barang dan jasa untuk membedakannya dengan produk lain. Merek yang dimiliki suatu perusahaan dan sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Paten, Merek, dan Hak Cipta Departemen Kehakiman tidak boleh ditiru oleh orang lain. Dengan demikian selain hak merek, hak cipta dan hak paten juga harus terdaftar di Direktorat Jenderal Paten, Merek, dan Hak Cipta Departemen Kehakiman.

Adanya hak cipta, hak paten dan hak merek ditujukan agar negara melindungi pihak-pihak yang berhasil membuat terobosan dalam berbagai bidang. Di era moderen, banyak orang yang berusaha mengambil alih hak milik orang lain atas property intelektual yang telah dikerjakan denga susah payah.


hak cipta paten dan merek


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian hak cipta, hak merek dan hak paten. Semoga bermanfaat.

Loading...
Blog, Updated at: 23.26

0 komentar:

Posting Komentar